Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Liburan Anti Mainstream ala Tanjung Puting



Hallo travellers, kali ini saya mau bahas soal jalan-jalan yang unik, beda, blusukan ke dalam hutan, live on board, tanpa sinyal HP dan banyak hewan liarnya. Apa sih kok lengkap banget ya konten liburannya? Nggak salah lagi, liburan ala Indiana Jones ini hanya ada di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Sebuah taman nasional yang luasnya nyaris separuh Pulau Bali, luas sekali ya guys!! Yuk kita bahas tur Tanjung Puting nya. 

Menyusuri Sungai Sekonyer dengan kapal klotok ala Tanjung Puting

Ngapain aja sih di Tanjung Puting?
Pertanyaan ini sering saya dengar dari temen-temen yang belum pernah kesini. Ya wajar sih, kita kalau mau jalan-jalan pasti yang ditanya adalah ada apa ya disana? Apa yang bisa saya kita nikmatin? Sepadan nggak pemandangannya dengan jerih payah menuju kesana? Oke-oke mari kita bahas ya. Tanjung Puting adalah pusat penyelamatan orangutan Borneo terbesar didunia. Di taman nasional yang pernah dikunjung aktris Julia Robert ini hidup kurang lebih 6000 ekor orangutan. Banyak ya banget ya? Nah, highlight utama ke Tanjung Puting ya bertemu orangutan liar itu. Selain orangutan, ada juga hewan lain yang juga endemik Kalimantan yakni bekantan. Monyet berhidung mancung yang populasinya jauh lebih banyak dari orangutan. Cuma dua hewan? Tenang guys, kita juga bisa bertemu hewan liar lain seperti burung enggang, burung jalak udang (kingfisher), lutung, babi hutan, tarsius dan lain-lain. Tapi ingat ya, hewan disini semuanya liar, tak ada garansi kita bakal ketemu hewan apa aja. Tapi dari pengalaman saya yang bolak-balik ke Tanjung Puting (ciyeeeee) jaminan ketemu orangutan dan bekantan (dua ikon utama Borneo) sekitar 98% peluangnya. Besar kan peluangnya?

Koloni orangutan di taman nasional

Terus ngapain lagi selain ketemu hewan liar?
Tenang aja, banyak kok hal yang bisa kita lakuin kalau trip ke Tanjung Puting. Salah satunya adalah live on board dikapal (klotok bahasa lokalnya) selama berhari-hari. Semua pengunjung taman nasional mau tidak mau harus menginap diatas kapal. Mulai dari makan, tidur, mandi, rebahan, baca buku, ngobrol dan lain sebagainya kita lakuin diatas kapal. Pihak kapal menyediakan kelambu nyamuk, kasur, bantal, meja makan, kamar mandi, toilet duduk, kursi malas hingga ada yang menyediakan hammock juga. Dari atas kapal, kita bisa menyaksikan pemandangan hutan tropis ala Borneo yang kita lalui selama menyusuri Sungai Sekonyer. Ini merupakan sungai alami yang merupakan jalur utama Tanjung Puting. Sungai yang masuh banyak buayanya. Serius? Yup, Sungai Sekonyer memang masih menjadi rumahnya buaya sumpit dan buaya muara. Dua jenis buaya yang banyak hidup di Kalimantan. Selama disini, kita dilarang berenang di sungai, ya karena masih ada buayanya. Makanya setiap kapal di Tanjung Puting wajib punya kamar mandi. Jika beruntung, kita bisa menyaksikan buaya itu dari atas kapal.

Selain liburan live on board ala-ala suku pedalaman ini, sebagai wisatawan kita juga bisa menjajal kegiatan lainnya. Apalagi kalau bukan trekking di hutan. Meski jalur trekking nya tidak terlalu sangar, paling nggak ya kita bisa menjamah hutan Kalimantan saat menuju lokasi habitan orangutan. Banyak tanaman khas Kalimantan yang bakal kita lewati, seperti pohon ulin, meranti, ramin, bangkirai dan lain sebagainya. Pemandu alias guide biasanya akan memberitahukan tamunya jika bertemu pohon-pohon tersebut saat trekking. Sehingga kita akan upgrade sedikit wawasan tentang flora nya. Hehehe..!

Bermalam di pedalaman nan sunyi
Sub judul diatas kesannya agak puitis dan lebay ya, tapi benar guys. Kita bisa bermalam diatas kapal yang disekitarnya hanya hutan rimba nan sunyi dan gelap pula. Pihak kru kapal akan menyulap kabin kapal menjadi tempat tidur yang agak romantis. Lengkap dengan kelambu dan kasur empuk. Pasti udah nyaris nggak pernah tidur pakai kelambu kan? Khususnya bagi kita yang tinggal di kota besar, budaya tidur pakai kelambu sudah lama sekali ditinggalkan. Namun bagi warga Kalimantan terutama dipedesaan, masih banyak yang menggunakan kelambu untuk tidur. Kelambu yang dipasang dikapal Tanjung Puting tujuannya adalah untuk menangkal nyamuk nakal yang banyak ditemui jika malam hari. Nah selama tidur, kita bakal dininabobokan oleh suara-suara serangga dan binatang malam lainnya. Kru kapal dan pemandu tidur di kabin bawah, sedangkan tamu dibagian atas. Sehingga masih ada privasi antara tamu dan kru kapal. Gimana bagi pasangan bulan madu? Tenang saja, apapun bisa dilakukan didalam kelambu...!!

Pepohonan liar di jalur trekking

Cara menuju Tanjung Puting gimana?
Hal penting lainnya yang sering ditanyakan adalah akses kesananya. Tanjung Puting berada di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Nah cara paling mudah diakses adalah via Bandara Iskandar, Pangkalan Bun, ibukota kabupaten Kotawaringin Barat. Dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta kita bisa menumpang maskapai NAM Air dan Trigana Air setiap harinya. Dari Semarang, Surabaya, Solo dan Banjarmasin juga ada penerbangan ke Pangkalan Bun. Sehingga bagi kita yang berasal dari Jawa atau bagi turis asing yang transit via Jakarta atau Surabaya, bisa langsung mengakses Pangkalan Bun dengan penerbangan langsung tersebut. Itinerari tur ke Tanjung Puting biasanya langsung dimulai sejak kita tiba di bandara Pangkalan Bun. Dan tur akan berakhir pada hari ketiga, dengan penerbangan balik ke Jakarta pada sore hari. So, kita bisa tur tiga hari saja, misal Jumat, Sabtu dan Minggu.

Ada tur rekomendasi nggak ya?
Nah ini salah satu hal penting saat kita mau pergi tur. Dijaman milenials gini, semakin banyak travelers yang ogah jalan sendiri yang susah payah nyari hotel, rental mobil, pemandu wisata dan lain sebagainya. Apalagi bagi kita yang sibuk dengan kerja kantoran dan usaha bisnis pribadi, rasanya malas banget ya tur ala backpacker yang apa-apa mengurus sendiri itu. Apalagi tur ke pedalaman Kalimantan, nggak kebayang repotnya kalau harus mengurusnya sendiri. Mending ikut tur tinggal bayar dan dilayani mulai dari bandara hingga balik lagi ke bandara dihari terakhir.

Nah, saya rekomendasikan tur Tanjung Puting dengan jasa Jelajah Kalimantan. Ini adalah tur lokal yang sudah pengalaman sejak 6 tahun lalu. Kita bisa request tur yang sesuai selera kita, misal durasi hari, jenis kapal, bahkan pesan makanan khusus. Bahkan Jelajah Kalimantan juga bisa melayani tur fotograpi, dimana layanan tur nya agak sedikit beda dari tur biasa. Harga gimana? Soal harga, kamu bisa tanyakan langsung ya ke pihak Jelajah Kalimantan. Ini nih kontaknya : ourborneo@gmail.com atau cek akun Instagram nya di jelajah_kalimantan. Kamu bisa tanya-tanya soal harga, sesuai jumlah peserta dan durasi harinya. Yang ideal sih minimal 3 orang dan 3 hari 2 malam, kamu bakal bisa dapatin harga paket tur yang murah meriah (dibawah 2 juta perorang all included kecuali flight).

So, jangan ragu lagi deh untuk jalan-jalan ke pedalaman Borneo ini. Rencanakan liburan mu ke taman nasional yang sangat populer di Eropa ini. Selamat menjelajah dan mencicipi tur Tanjung Puting nya ya.


1 komentar:

Uang Gaib 999 mengatakan...

Saya Ibu:Lilis Pengunjung Baru Di Blog Ini Ingin Mengucapkan Terima Kasih Banyak Kepada Aki Wali Sentono Karna Berkat Bantuan Pesugihan Putih Sebesar 1 Miliar Yang Aki Berikan Saya Tidak Tau Harus Berbuat Apa Untuk Membalas Kebaikan Aki Wali Sentono Awalnya Saya Kurang Yakin Dengan Adanya Pesugihan Tapi Dengan Ekonomi Tidak Perna Bercukupan Di Tambah Hutang Lagi Menumpuk Sudah Berapa Banyak Paranormal Yang Saya Hubungi Tidak Ada Satupun Yang Berhasil Malahan Hutang-Hutang Saya Bertambah Banyak Cuma Aki Wali Sentono Yang Memberikan Hasil Melalui Bantuan Pesugihan Putihnya Akhirnya Saya Bisa Sukses Kini Kehidupan Saya Sudah Jauh Lebih Baik Dari Sebelumnya Ini Semua Berkat Bantuan Aki Wali Sentono Bagi Teman-Teman Semua Punya Masalah Ekonomi / Terlilit Hutang Mau Sukses Seperti Saya Silahkan Hubungi Atau Sms Di No. 0823-9369-4699 Aki Wali Sentono Atau Kunjungi Website Untuk Info Lebi Jelas >>==>[KLIK DISINI PESUGIHAN UANG GAIB] Saya Akui Beliau Paranormal Yang Bisa Di Percaya Karna Betul-Betul Memberikan Hasil Inilah Kisa Nyata Dari Saya Ibu:Lilis Tidak Ada Unsur Kebohongan Dalam Hal Ini Terima Kasih..