Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Go Digital, Sebuah Harapan untuk Indonesia



Kita hidup dijaman dimana orang melek teknologi informasi. Apapun yang kita butuhkan saat ini, rasanya selalu bisa kita temukan di sistem digital khususnya dunia internet. Sekarang saking digitalnya kehidupan, beli deterjen dan odol pun melalui online shop. Yang dulu tak pernah saya pikir ada jual beli odol di layar ponsel, sekarang sudah terjadi. Dan ajaibnya, jualannya laku. Padahal disebelah rumah ada kios yang jualan odol, entah kenapa sebagian warga mulai beralih ke digital. Entah ini sebuah momok ataukah sebuah harapan agar Indonesia bisa lebih kompetitif?

Lomba Blog Go Digital Untuk Indonesia 
Source : IDCloudHost
Saya minggu lalu baru saja berkunjung ke desa pengrajin anyaman rotan khas Kalimantan. Desa Pulau Telo, di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, sebuah desa kecil ditepian Sungai Kapuas Murung. Didesa ini saya bertemu dengan para pengrajin rotan. Rupanya mereka semuanya wanita dewasa, yang setiap hari menganyam mengambil upah. Nah setiap kelompok penganyam, ada satu orang bos yang membawahinya. Dialah yang punya usaha anyaman sekaligus mengelola, memasarkan dan menjualnya ke pembeli. Salah satunya adalah Pak Slamet. Selama sekitar 5 tahun dia dan istrinya mengelola usaha anyaman rotan di Kapuas. Dia memperkerjakan sekitar 10 wanita dewasa yang merupakan penduduk asli desa. Bayangkan ada berapa puluh wanita desa yang punya kerjaan tambahan, karena didesa ini tak hanya dimiliki oleh Pak Slamet usaha anyaman rotan ini. Artinya ada banyak efek sosial dan ekonomi yang dihasilkan oleh kerajinan rotan ini.



Tas rotan hasil kerajinan penduduk Kapuas
Dokumentasi Pribadi
Saya tergelitik bertanya, bagaimana caranya Pak Slamet dan bos lainnya dalam memasarkan produk yang mereka olah? Karena setahu saya, produk kerajinan tangan begitu biasanya dibeli oleh orang yang hobi saja. Penduduk Kapuas saya rasa agak jarang menggunakan tas anyaman rotan. Biasanya justru warga kota besar dan wisatawan asing yang suka dengan tas model begitu. Pak Slamet lalu memulai cerita tentang cara dia mengenalkan dan memasarkan produknya secara nasional hingga mancanegara. Mendengar nama mancanegara, saya jadi kagum kok bisa sih pengusaha UKM dari desa kecil gini jualannya hingga menembus pembeli asing?

“Mas Anas nggak tau yang namanya internet apa ya?” jawab Pak Slamet kepada saya secara mendadak. Saya yang mengaku dari kota besar ini merasa malu seketika, bahwa ternyata manfaat internet juga sudah merambah ke pedesaan sini. Pak Slamet memasarkan produk kerajinannya dengan cara online marketing. Baik melalui jejaring sosial, broadcast messenger hingga blog. Semua produk digital beliau coba, alasannya adalah agar tahu produk digital mana yang paling efektif.

Pengrajin anyaman rotan binaan Pak Slamet di Kapuas
Dokumentasi Pribadi

“Ada dua yang paling tinggi traffic pembeli dan visitor nya, yakni Facebook dan blog. Saya menggunakan hosting dan domain tertentu yang sudah saya pakai selama lima tahun terakhir”, ungkap Pak Slamet menjelaskan sambil menyusun beberapa buah tas rotan ke rak kayunya.

Saya pun kembali ke Banjarmasin. Selama ini saya juga menggarap bisnis tur wisata Kalimantan dengan cara online marketing. Blog yang saya kelola cukup efektif dalam mengenalkan produk tur yang saya jalani. Dari blog itu juga saya bercerita tentang keindahan Kalimantan dan Indonesia kepada siapa saja yang membacanya. Sejak beberapa tahun ini saya berlangganan dengan IDCloudHost Web Hosting Indonesia karena harganya bersahabat dengan pelayanan dan spek yang bagus. Saya membeli domain disini dan berencana mau beli paket hosting nya juga.

Sebagian besar tamu tur yang saya layani selama ini karena nyasar ke blog wisata yang saya kelola sejak 2008 silam. Meski blog saya terlihat sederhana dan tidak berkesan canggih, tapi alhamdulillah traffic nya lumayan tinggi. Selama ini saya sangat terbantu dengan adanya era digital ini. Dunia rasanya seperti tanpa sekat. Saya bisa berhubungan dengan calon wisatawan dari Eropa yang jauh disana hanya karena keajaiban digital.

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan begitu banyaknya potensi alam, budaya, wisata dan penduduk yang besar, harusnya bisa memanfaatkan era digital sebagai cara untuk memajukan negeri. Contohnya saja Pak Slamet di pedalaman Kalimantan sudah merasakan manfaat internet dalam bisnis anyaman rotan yang dia kelola selama ini. Bayangkan saja jika orang seperti Pak Slamet ada lebih banyak lagi di Indonesia, saya yakin warganya akan lebih sejahtera. Produk UKM di Indonesia sangat banyak jenis dan jumlah produksinya, namun kendala utamanya adalah pemasaran. Para pelaku UKM di wilayah pesisir dan pedalaman banyak yang tidak tahu cara mempromosikan dan menjualnya. Harusnya pemerintah kita lebih gencar dalam mengenalkan layanan digital ke seluruh pelosok negeri. Dan tentu saja meningkatkan jangkauan layanan sambungan internet hingga ke desa-desa ya minimal ibukota kecamatannya.

Salah satu online shop di Indonesia
Source : Odie Store Cloth
Saat ini di Indonesia sudah banyak portal jual beli yang melayani jual beli secara online. Seperti penjual odol dan deterjen yang saya tulis diawal cerita diatas, para UKM pun bisa menjualnya hanya dengan ketukan tangan dilayar ponsel. Era digital sekarang ini seakan-akan membawa kita pada dunia yang mudah, tanpa batasan, dinamis dan canggih. Banyak hal yang dulu dilakukan secara manual, kini bisa dilakukan melalui produk-produk digital. Salah satu efek Go Digital untuk Indonesia adalah layanan ojek motor dan mobil yang dilayani oleh salah satu start up asli Indonesia. Berkat jasa ojek online ini, warga Indonesia merasa dipermudah dalam mencari alat transportasi yang ringkas dan cepat. Khususnya bagi warga di kota besar yang sangat memerlukan jenis moda transportasi yang kekinian tanpa ribet. Efek domino dari adanya era digital ojek ini juga berdampak pada pelaku usaha makanan. Gimana nggak, sekarang banyak warga pengguna aplikasi tersebut yang kalau lapar tinggal membuka ponsel lalu pesan makanan yang disuka. Beberapa menit kemudian makanan tiba di rumah atau di kantor, sesuai menu yang dipilih dari layar ponsel. Hal-hal yang tidak pernah terpikir oleh kita di tahun 2000 an awal dulu, kini sudah terjadi.

Industri kreatif di Indonesia juga terbantu di era digital ini, seperti travel blogger, content maker, vlogger, fotograper, seniman, penyanyi dan lain sebagainya. Produk yang mereka hasilkan dipastikan akan berlabuh di layar internet dalam pemasarannya. Rasanya sudah makin langka pemasarannya melalui media cetak. Kini bisa dilakukan hanya dengan modal sambungan internet dan perangkat seperti ponsel dan laptop. Go Digital Untuk Indonesia harus terus digalakkan dan didukung penuh oleh pemerintah. Karena jika digunakan secara benar, peluang Indonesia untuk menjadi negara maju dan mapan makin terbuka lebar. Khususnya peningkatan disisi UKM dan ekonomi berbasis digital. Contoh saja, ojek online ada puluhan ribu driver se Indonesia yang berpenghasilan dari bisnis digital tersebut. Ini baru satu jenis produk digital saja, belum termasuk portal jual beli, portal berita online dan lain sebagainya. Sebagai gambaran saja, pengguna Facebook di Indonesia hingga tahun 2017 lalu sebesar 117 juta orang, sementara itu Instagram sudah mencapai 45 juta orang dan ada sekitar 3 juta orang blogger se Indonesia. Meski angkanya kecil, namun keberadaan pengguna blog ini cukup andil dalam perjalanan Go Digital untuk Indonesia. Dari pengguna blog tersebut, sebagian besar sudah melek dengan yang namanya hosting berbayar dan domain. Khususnya bagi travel blogger dan online marketer, dapat dipastikan sudah membeli hosting atau seenggak-nggaknya beli domain. Cerug pasar digital di Indonesia cukup menjanjikan, termasuk penyediaan Hosting Murah Indonesia yang diberikan oleh IDCloudHost.

Grafik pengguna social media
Source : Tekno Kompas

Selain peningkatan sektor UKM dan ekonomi kreatif, go digital juga membawa dampak signifikan bagi pertumbuhan pariwisata di Indonesia. Akhir-akhir ini bermunculan influencer berlatar traveler yang aktif mempromosikan potensi keindahan alam dan budaya Indonesia. Sebut saja Amrazing, Trinity, Barry Kusuma, Kadek Arini dan lain sebagainya. Nggak hanya mereka, kementrian pariwisata pun gencar menggunakan produk digital untuk mempromosikan Indonesia. Pada akhirnya, tingkat kunjungan wisatawan asing dan domestik tumbuh pesat. Tahun lalu saja ada sekitar 14 juta turis asing yang liburan ke Indonesia. Ini menjadi efek digital yang sangat membuka peluang Indonesia semakin mapan dalam banyak hal, salah duanya adalah UKM dan pariwisata. 

Kadek Arini (Influencer & traveler Indonesia)
source : IG Kadekarini
Dua bidang ini dikenal bisa berkelanjutan secara terus menerus, ketimbang sektor tambang yang bisa saja hanya temporari. Beberapa tahun lagi Indonesia dikabarkan akan semakin mengukuhkan sebagai negara dengan kekuatan ekonomi paling disegani di dunia, indikasinya adalah semakin meningkatnya perekonomian Indonesia. Hal yang ikut andil dalam pergerakan ekonomi Indonesia adalah sektor teknologi informasi/era digital. Ada banyak portal jual beli asli Indonesia yang sudah bernilai puluhan hingga ratusan milyar rupiah, seperti Bukalapak, Tokopedia dll. Pasar digital di Indonesia akan semakin meningkat seiring dengan semakin baiknya kualitas jaringan internet, meluasnya menara operator seluler serta semakin murahnya harga ponsel berbasis Android dan iOS. Sehingga semakin besar pula jumlah pengguna internet di Indonesia.

Akhir kata, saya berharap dengan Go Digital untuk Indonesia ini membawa kita semakin mapan, sejahtera, berwawasan global tanpa kehilangan akar budaya Nusantara. Go Digital untuk Indonesia, mari majukan negeri dengan semangat global, berjiwa NKRI.

Ditulis oleh Nasrudin Ansori






18 komentar:

priaberbajuhitam mengatakan...

#tetapsemangatz bang anas!

riyan rismayadi mengatakan...

Semoga dengan era digital spt sekarang bs meningkatkan pula promosi-promosi kearifan lokal bangsa Indonesia khusus nya kalimantan beserta ragam budaya nya ke mancanegara. Sukses terus bang Anas :)

Moh. Habibi mengatakan...

Go Digital, Go Indonesia.
Tulisan yang bagus, semoga semakin banyak karya anak bangsa untuk kesejahteraan Indonesia

tommy bali mengatakan...

Go digital membuat produsen lokal bisa memotong jalur distribusi dan go international....Tulisan menarik...

Unknown mengatakan...

Jadi pengen ngblog juga bang

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Thanks dukungannya bang Abe

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Iya setuju mari bawa Kalimantan ke kancah global melalui go digital.

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Makasih kunjungan nya bro. Maju terus go Digital Untuk Indonesia

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Nah itu dia memotong jalur distribusi, amtara buyer ke seller langsung terhubung. Thanks Tom

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Bikin, beli domain nya di IDcloudhost ya broo.

R.A Bimatama mengatakan...

Ini kah yg pian ke tanah kelahiran ulun bang? Terus ekspos tanah kelahiran ulun bang lah.. Spy terkenal

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Iya bim ini di Kapuas. Ayokk sama sama perkenalkan Kapuas melalui digital.

Azhar Naser mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Azhar Naser mengatakan...

Good article Bang.. Era Digital memang sangat berperan penting bagi masyarat dalam memenuhi kebutuhan hidup yg yg semakin bervariasi seiring perkembangan jaman.

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Iya thanks bro. Iya harus menyesuaikan perkembangan jaman kalau mau maju.

Uang Gaib 999 mengatakan...

Saya Ibu:Lilis Pengunjung Baru Di Blog Ini Ingin Mengucapkan Terima Kasih Banyak Kepada Aki Wali Sentono Karna Berkat Bantuan Pesugihan Putih Sebesar 1 Miliar Yang Aki Berikan Saya Tidak Tau Harus Berbuat Apa Untuk Membalas Kebaikan Aki Wali Sentono Awalnya Saya Kurang Yakin Dengan Adanya Pesugihan Tapi Dengan Ekonomi Tidak Perna Bercukupan Di Tambah Hutang Lagi Menumpuk Sudah Berapa Banyak Paranormal Yang Saya Hubungi Tidak Ada Satupun Yang Berhasil Malahan Hutang-Hutang Saya Bertambah Banyak Cuma Aki Wali Sentono Yang Memberikan Hasil Melalui Bantuan Pesugihan Putihnya Akhirnya Saya Bisa Sukses Kini Kehidupan Saya Sudah Jauh Lebih Baik Dari Sebelumnya Ini Semua Berkat Bantuan Aki Wali Sentono Bagi Teman-Teman Semua Punya Masalah Ekonomi / Terlilit Hutang Mau Sukses Seperti Saya Silahkan Hubungi Atau Sms Di No. 0823-9369-4699 Aki Wali Sentono Atau Kunjungi Website Untuk Info Lebi Jelas >>==>[KLIK DISINI PESUGIHAN UANG GAIB] Saya Akui Beliau Paranormal Yang Bisa Di Percaya Karna Betul-Betul Memberikan Hasil Inilah Kisa Nyata Dari Saya Ibu:Lilis Tidak Ada Unsur Kebohongan Dalam Hal Ini Terima Kasih..

obat kuat cialis 100mg mengatakan...

obat kuat obat kuat black ant africa
alat bantu sex pria vagina senter
boneka sex full body
alat bantu sex pria vagina pinggul
alat bantu sex pria vagina getar
celana hernia
alat bantu sex pria vagina manual
alat bantu sex wanita penis pretty love
viberator lidah
alat bantu sex wanita penis mutiara

IBU NUR INTAN mengatakan...

Ass.wr.wt.saya Ibu Nur Intan  tki singapore sangat berterima kasih kepada Aki Soleh, berkat bantuan angka jitu yang di berikan Aki Soleh, saya bisah menang togel 4D yaitu (9129) dan alhamdulillah saya menang (359,juta)sekarang saya sudah bisah melunasi hutang-hutang saya dan menyekolahkan anak-anak saya. sekarang saya sudah bisah hidup tenang berkat bantuan Aki Soleh. bagi anda yang termasuk dalam kategori di bawah ini:
1.di lilit hutang
2.selalu kalah dalam bermain togel
3.barang-barang berharga sudah habis buat judi togel
4.hidup sehari-hari anda serba kekurangan
5.anda sudah kemana-mana tapi belum dapat solusi yang tepat
6.pesugihan tuyul
7.pesugihan bank gaib
8.pesugihan uang balik
9.pesugihan dana gaib, dan dll
dan anda ingin mengubah nasib melalui jalan togel seperti saya hub Aki Soleh di no; 082-313-336-747.
atau anda bisah kunjungi blog AKI "http://angkaramalantogel.blogspot.co.id/"

Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA) 
No WA Aki : 082313336747

"ATAU  BUKA    AJA  SITUS  KAMI  BIAR  LEBIH  JELAS"

UNTUK JENIS PUTARAN; SINGAPURA, HONGKONG, MACAU, MALAYSIA, SYDNEY, TOTO MAGNUM, TAIPE, THAILAND, LAOS, CHINA, KOREA, KAMBODIA, TOTO KUDA, ARAB SAUDI,

AKI SOLEH dengan senang hati membantu anda memperbaiki nasib anda melalui jalan togel karna angka gaib/jitu yang di berikan AKI SOLEH tidak perlu di ragukan lagi.sudah terbukti 100% akan tembus. karna saya sudah membuktikan sendiri.buat anda yang masih ragu, silahkan anda membuktikan nya sendiri.
SALAM KOMPAK SELALU.DAN SELAMAT BUAT YANG JUPE HARI INI

..( `’•.¸( `‘•. ¸* ¸.•’´ )¸.•’´ ).. 
«082-313-336-747»  
..( ¸. •’´( ¸.•’´ * `’•.¸ )`’•.¸ )..