Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Ngapain Aja di Maratua Selain Berkunjung ke Maratua Paradise nya?


Apa sih yang kita bayangkan jika mendengar nama Maratua disebutkan? Tentu saja sebagian besar dari kita akan teringat Maratua Paradise Resort nya. Sebuah akomodasi mengapung yang dibangun diatas laut bening kristal, yang menawarkan pemandangan matahari senja langsung dari kamarnya. Namun jangan salah, Pulau Maratua sebenarnya tak hanya soal Maratua Paradise Resort saja. Ada banyak titik menarik yang sayang jika dilewatkan begitu saja. 

Maratua Paradise Resort yang bergaya properti ala Maldives
Tapi fakta dilapangan, banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Maratua hanya fokus pada resor bergaya Maladewa ini saja. Nah, apa aja sih destinasi yang  bisa kita gali selama berada di salah satu pulau terluar Indonesia ini?
 
Mari kita bahas satu persatu ya..!

Berenang di Goa Haji Mangku
 
Air bening kristal di Goa Haji Mangku
Namanya mungkin masih terdengar asing ya? Ini adalah sebuah goa alami yang terletak di sisi selatan Pulau Maratua. Lokasinya menyempil disela-sela batu karang di sekitaran tepian pulau berbatu karang. Goa Haji Mangku punya air bening kristal yang mengendap permanen di dalamnya. Warnanya hijau toska agak kebiruan, dengan rasa air yang tawar. Di dalam goa kita bisa berenang sepuasnya, asal tak takut dengan kolam yang sekilas nampak horor itu. Mulut goa ada di dua sisi, yakni bagian atas serta di sisi samping. Nah bagi yang bernyali kuat, kita bisa melompat dari ketinggian ke arah dalam kolam goa tersebut. Tenang saja, lompatan tersebut tidak akan membahayakan kok. Asal lokasi jatuhnya badan kita tepat sasaran yakni ditengah-tengah kolam goa. Nah bagi yang tidak punya nyali melompat, bisa memasuki kolam goa dari sisi satunya. Kita hanya butuh berjalan menurun ke sisi goa bagian bawah lalu kemudian menceburkan badan ke kolamnya. Usahakan rileks dan nikmati ademnya air di dalam goa, meski kadang ada perasaan takut ketika menyaksikan dinding goa yang gelap di beberapa titik. Saran saya, berkunjunglah ke Goa Haji Mangku pada siang hari. Ketika asupan sinar matahari sangat banyak, karena air kolam goa akan nampak berkilauan terkena pantulan sinar matahari. Efek warna airnya pun sangat dramatis sekali, rasanya kolam renang hotel bintang lima sekalipun tak bisa menandingi sensasi berenang di Goa Haji Mangku ini.


Bertemu Penyu di Turtle Point

Penyu Hijau di Turtle Point, Maratua
Bagi yang doyan dengan kehidupan bawah laut, lokasi ini sangatlah direkomendasikan bagi yang berkunjung ke Pulau Maratua. Lokasinya tak begitu jauh dari Maratua Paradise Resort. Turtle Point atau yang juga dikenal sebagai Turtle Traffic ini menyimpan puluhan penyu hijau yang biasa berenang di sekitar dasar lautnya. Tak hanya penyu hijau saja, hutan rimba berupa terumbu karang pun bersemayam dibawahnya. Siap memanjakan mata Anda ketika snorkeling diatasnya. Gunakanlah pelampung dan alat snorkel ketika berenang di Turtle Point ini. Agar lebih aman terutama bagi yang tak terbiasa berenang di laut lepas. Yang lebih penting lagi adalah selalu ditemani oleh pemandu berpengalaman, karena arus di sekitar Turtle Point cukup kencang. Saat saya berenang disini, ada sekitar 20 ekor penyu hijau berenang disekitar dasar lautnya. Ini merupakan pengalaman snorkeling yang paling banyak penyu hijaunya yang pernah saya saksikan. Oh iya, jangan sekali-kali memegang badan penyu ya, cukup dilihat saja. 

Berenang Bareng Ubur-Ubur di Danau Haji Buang

Danau Haji Buang yang nampak sunyi
Selama ini Kepulauan Derawan hanya dikenal dengan danau ubur-ubur di Pulau Kakaban nya saja. Ternyata di Pulau Maratua juga terdapat danau yang berisi jutaan ubur-ubur tak menyengat seperti di Kakaban tersebut. Danau Haji Buang namanya, berlokasi di sisi timur pulau yang cukup mudah dijangkau dengan speedboat dan bahkan sepeda motor. Suasananya sunyi dan teduh dengan pepohonan di seluruh tepian danau. Jadi jika Anda sedang berada di Pulau Maratua, cukup cari jasa ojek sepeda motor untuk mengantarkan ke danau alami tersebut. Danau Haji Buang selama ini lebih sering dikunjungi oleh penyelam asing yang tinggal di Nabucco Island Resort di Pulau Nabucco, pulau kecil tetangganya Maratua. Sedangkan wisatawan nasional dan asing pada umumnya lebih memilih Danau Kakaban di Pulau Kakaban di sisi barat Pulau Maratua. Danau Haji Buang memang tak seluas Danau Kakaban. Namun bisa menjadi alternatif destinasi wisata bila berada di Pulau Maratua. Selamat mencoba dan tetap jangan tinggalkan sampah ya!

Leyeh-Leyeh di Green Nirvana Resort

Sunset dari teras Green Nirvana Resort, Maratua
Yang suka liburan malas-malasan di hotel atau istilah kerennya staycation, rekomendasi saya adalah Green Nirvana Resort. Lokasinya berada di sisi selatan Pulau Maratua, tak  begitu jauh dari bandaranya Maratua. Penginapan bergaya rumah pantai ini berlokasi tepat menghadap lautan biru dan jika sore pemandangannya langsung ke arah matahari terbenam. Meja bar diletakan tepat menghadap barat, sehingga Anda akan disuguhi momen sunset yang sempurna. Beberapa kamarnya juga menghadap barat, meski Anda harus menambah ekstra biaya inap namun tak ada salahnya untuk mendapatkan pengalaman staycation yang lebih memorable bukan?

Bangunan hotel diletakan diatas batu karang yang cukup tinggi dari pantainya. Sehingga pihak hotel menyediakan tangga bagi tamu yang ingin menikmati bentangan pasir putih dan laut birunya. Di seberang hotel, terdapat Pulau Kakaban yang terkenal dengan ubur-uburnya itu. Anda bisa menyewa speedboat lokal untuk mengantarkan ke danau tersebut. Tak hanya itu, Green Nirvana juga berada di sekitar Danau Haji Buang, Turtle Point dan kampung nelayan suku Bajau. Atau mintalah petugas hotel untuk menyiapkan ikan segar lengkap dengan alat pemanggangnya. Buat acara BBQ kecil-kecilan di halaman hotel sambil menikmati matahari terbenam. Niscaya, liburan Anda akan lebih berkesan dan dijamin enggan pulang ke kota.

Berburu Sunrise di Teluk Maratua

Sunrise menggeliat di sisi timur Maratua
Dari tadi saya hanya membahas sunset saja ya? Oke kali ini saya akan cerita tentang lokasi yang pas untuk mencari matahari pagi. Ada sebuah teluk kecil di sisi timur Pulau Maratua yang bisa dijajal untuk menyaksikan momen sunrise. Minta antarlah dengan pemandu atau warga lokal untuk menuju lokasi teluk tersebut, karena letaknya cukup membingungkan. Jika Anda menginap di Maratua Paradise Resort, maka butuh sekitar 30 menit jalan kaki. Mulailah berjalan kaki pada pukul 5 pagi, karena saat Anda tiba pada 30 menit kemudian akan terhampar matahari pagi yang kuning merona. Jika cerah, Pulau Nabucco akan terlihat dari Teluk Maratua tersebut. Pada perjalanan balik ke hotel, mampirlah ke rumah penduduk untuk membeli ikan asin atau sekedar mengobrol dengan mereka. Bukankah traveling itu sebagai ajang untuk lebih banyak mendapat pengalaman hidup?

Berburu Seafood di Desa Bohe Silian

Ikan asin hasil olahan nelayan di Maratua
Ini merupakan nama kampung kecil di sisi lain Maratua, berjarak sekitar 30 menit berkendara dari Maratua Paradise Resort dan 15 menit dari Green Nirvana Resort. Di kampung kecil ini kita bisa menyaksikan kehidupan suku Bajau yang tinggal di rumah-rumah sederhana mereka. Saat saya berkunjung ke Bohe Silian pada tahun 2016 lalu, saya melihat ada lahan kosong yang sedang dibangun hotel bergaya private villa di sekitar desa. Ini menunjukan bahwa Maratua nantinya akan menjelma sebagai destinasi liburan yang cukup lengkap akomodasinya. Di desa Bohe Silian ini, kita bisa membeli ikan segar dan meminta salah satu warganya untuk memasaknya. Tak mematok harga, berilah uang secucukpnya atas jasa memasak ikan laut tersebut. Mereka menyediakan aneka ikan laut seperti ikan baronang, ikan kerapu, ikan putih dan lain sebagainya. Mintalah sambal dabu-dabu atau sambal mentah sebagai pelengkapnya. Niscaya, restoran seafood diperkotaan menjadi agak kurang bermakna.

Snorkeling Sepuasnya

Siput lautan di bawah laut Maratua
Maratua itu bentuknya mirip kail pancing, nah disekitarnya terhampar terumbu karang dan pantai dengan air yang super bening. Kita bisa memanfaatkannya untuk bersnorkeling ria untuk menyaksikan biota lautnya. Jika beruntung, kita bisa menyaksikan ikan nemo dan lion fish. Eitss, jangan pernah mencoba untuk memegang lion fish dan ikan liar lainnya. Cukup memandangnya saja ya. Jika tak doyan snorkeling yang ribet dengan alat google dan maskernya, Anda bisa berenang saja di laut dangkal di sekitar Maratua. Spot renang yang paling ideal adalah pantai pasir putih di sekitar Maratua Paradise Resort. Disini terhampar air laut bening yang cocok sekali untuk berenang. Carilah waktu yang pas untuk berenang, yakni disaat air sedang pasang dan tak berarus. Karena dalam sehari, air laut di sekitar Maratua ada saatnya surut dan ada saatnya pasang. Selamat mencoba!

Live In Bareng Suku Bajau

Perahu nelayan suku Bajau di Kep. Derawan
Bagi yang suka berpetualang dan mencari hal-hal yang baru, mungkin hidup bersama suku Bajau layak dicoba. Karena di Pulau Maratua banyak terdapat kampung nelayan suku Bajau yang tinggal didalamnya. Kita bisa menginap di rumah mereka selama beberapa hari. Makan dan minum juga bersama-sama dengan pemilik rumah. Jika Anda punya banyak waktu, ikutlah memancing dengan nelayan setempat. Atau yang pandai free dive, bisa ajak warga suku Bajau untuk menemani berenang ke laut dalam sambil mencari ikan dengan cara menembak. Suku Bajau sangat dikenal sebagai warga yang mahir berenang di kedalaman laut tanpa alat selam. Mereka hanya menggunakan google untuk membantu penglihatan selama di dalam air. Bakarlah ikan tersebut di tepi pantai sambil bercengkerama dengan warga suku Bajau. Bertanyalah tentang adat dan budaya mereka, untuk menambah wawasan selama traveling. Asyik bukan?

Masih banyak destinasi lain di sekitar Maratua yang bisa Anda jelajahi. So, Pulau Maratua tak melulu soal Maratua Paradise Resort nya kan? Atur cuti dan belilah tiket penerbanganmu, kunjungi Maratua sesegera mungkin. Sesapi surga tropis Kalimantan ini dengan cara yang berbeda. Jangan hanya berkutat pada kunjungan singkat di Maratua Paradise nya saja ya.






15 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah makin mupeng pengen ke Derawan dan Maratua euy. brp an ya bujet ksana bang?

Eny - Surabaya

Sandi mengatakan...

Informatif sekali mas. Tulisannya simpel dan to the point,, mudahan bisa ke Maratua suatu saat nanti. amin

Asid mengatakan...

Dulu pernah ke Maratua, cuman sempat ke Maratua Paradise nya ama pantai dkt situ. Yang Green Nirvana ama Danau Haji Buang nya belum sempat..hikss..mudahan bisa kesana lagi deh.

keep writing mas.

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Ayo segera kesana, dijamin bagus. Kalo soal budget sih tergantung ya. Bs ikut open trip, private trip atau sendirian. Dsana ada kok hostel yg 300 rb an permalam. Kl boat minimal 2 juta biaya nya pp.

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Amin aku doakan mas.. Iya tulisannya dibuat semudah mungkin utk dibaca. Thanks sdh berkunjung mas.

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Wah sdh sampe Green Nirvana ya..bagus kan ya view nya. Sayang mas gak ke danau haji buang nya pdhl dkt bgt loh mas bro :)) hrs balik ksana lg tuh.

Karini mengatakan...

Huaaa jadi merindu Maratua nih jadinya bang bro. Tulisannya lengkap sekali ya membahas sudut-sudut lain Maratua, bener bgt orang selama ini cuma main ke Paradise nya aja, pdhl msh banyak spot bagus lain disana.

Swastika mengatakan...

Berapaan mas Nasrudin, harga tarif kamar di Green Nirvana itu? saya googling tadi lumayan bagus ya kamar2 nya. dan langsung ngadep sunset kalo sore. bikin mupeng :(

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Karini :

Iyaa byk yg hanya mampir bentar di Paradise nya. Pdhl naik ojek ke spot lain bs tuh kyk danau Haji Buang dll. Mungkin karena ikutan tur makanya gak bs kemana mana kali ya. :))

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Mba swastika :

Sekitar 800 rb per orang. Udh tmasuk makan 3 kali sehari. Ada jg yg 500 rb per kamar tp lokasinya didaratan. Yg bagus ya yg view lautan. Yuk ahh ksana lg cussss...

Obi mengatakan...

Dr dl blm kesampean bang ke Derawan ini. Cuma sampe Balikpapan nya itu pun dinas kerja wkwkk. Tp dr tulisan2 nya bang Nasrudin, bs ngobatin dikit lah ya. Fakir jalan2. :((

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Bro Obi :

Dr Balikpapan musti naik pesawat lg tuh ke Berau nya. Iya Alhamdulillah tulisan ini dpt ngasih pencerahan dikit soal Derawan dan Maratua ya. Ku doakan mudahan bs ksana jg. Amin :)

Rental Mobil Banjarmasin mengatakan...

luar biasa kalimantanku.. sukses anas

IBU SALMAH mengatakan...

kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas bangtuan nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka ((( 1 3 0 6 ))) alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,DI NO Cll (((082-313-336-747)))
insya allah anda bisa seperti Saya menang togel 179
juta, wassalam.
dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....
Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

1"Dikejar-kejar hutang
2"Selaluh kalah dalam bermain togel
3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel
4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat
5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..

Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: Cll (((082-313-336-747)))
KLIK DISINI ((((( RAMALAN*ANGKA*TOGEL*HARI*INI )))))
angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
angka GHOIB; malaysia
angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
angka GHOIB; laos

arief shop mengatakan...


Testo Ultra Bandung
Testo Ultra Asli Bandung
Obat Testo Ultra Bandung
Jual Testo Ultra Bandung