Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Halalin Tur Liburanmu Bersama Cheria Halal Wisata


Bismillah...

Dear para pejalan, akhirnya kita berjumpa lagi di artikel terbaru saya di blog ini ya. Kali ini saya akan bahas panjang lebar tentang wisata halal, Aceh dan operator wisata berpengalaman spesialis tur halal. Mari kita ulas satu persatu.  

Mendengar nama Aceh, saya langsung ingat tentang hal-hal yang berbau Aceh. Sebut saja kopi, ayam tangkap, Masjid Raya Baiturahman, penyebaran agama Islam, perjuangan pahlawan, tapal batas Indonesia diujung barat hingga tentu saja lanskap cantik di Pulau Weh nya. Dan Cheria Halal akan membawa kita ke Pulau Weh, jika kita beruntung..!

Masjid Raya Baiturahman, Banda Aceh. Foto : ulinulin.com

Mari kita bahas apa saja yang menarik di Pulau Weh, serta kenapa kita harus berwisata secara halal. Baik berwisata di dalam negeri maupun mancanegara. Wisata halal yang sejak beberapa tahun terakhir ini digaungkan oleh pemerintah dan pelaku pariwisatanya itu sendiri. By the way, bicara soal liburan alias jalan-jalan, tentu saja tak terlepas kapan waktunya kita berlibur dan dengan siapa kesananya.

Jalan-jalan di Indonesia, khususnya bagi karyawan kantoran yang memiliki waktu libur yang terbatas, tentu saja sangat memperhatikan soal jatah cuti, libur long weekend, liburan tahun baru hingga cuti bersama seperti liburan Lebaran. Penting sekali untuk memanfaatkan jatah cuti hingga liburan Lebaran, karena itulah waktu yang pas untuk jalan-jalan tanpa harus takut bolos dari kerjaan.

Sumber : Cheria Halal Wisata. Klik disini

Dengan siapa kita liburannya, juga menjadi faktor yang sangat menjadi pertimbangan. Jalan-jalan tak selamanya dilakukan secara independen sendirian atau bareng travel mate yang terbatas. Kita bisa saja melakukannya ramai-ramai bareng keluarga, baik orangtua, saudara kandung, suami/istri, anak hingga keluarga terjauh. Momen kebersamaan liburan bareng keluarga tentu akan menawarkan hal-hal menarik yang tak bisa didapat dari rumah. Bayangkan saja, Anda dan keluarga sedang makan seafood enak di Bali, belanja batik di Jogja, melihat keunikan pasar terapung di Banjarmasin, menyaksikan bunga sakura di Jepang, menyaksikan pesta kembang api tahun baruan di Dubai, umroh bersama di Mekkah dan masih banyak tempat menarik lain yang bisa dikunjungi barengan keluarga.

Momen liburan bareng keluarga yang pasti bakalan seru adalah ketika menghabiskan bersama pada liburan Lebaran dan liburan akhir tahun/tahun baru. Disaat libur Lebaran, kita bisa ramai-ramai berkunjung ke destinasi yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Misal kepulauan, kota wisata, resor atau wisata ibadah seperti umroh dan ziarah ke berbagai tempat suci. Sedangkan momen liburan tahun baru, bisa berkunjung ke kota-kota yang menyediakan acara pesta kembang api atau bisa juga dengan sekedar menyewa private villa di sebuah pegunungan yang mudah diakses. Bila tak mau direpotkan oleh pemesanan hotel, tiket pesawat, transportasi selama di lokasi tujuan dan tentu saja makanan, alangkah baiknya serahkan saja kepada agen wisata berpengalaman. 

Serunya liburan bersama keluarga. Source : Info Dunia Hiburan

Tips liburan barengan keluarga besar yang harus diperhatikan adalah :

1.  Pilih lokasi tujuan wisata yang cocok dan bisa menghibur bagi seluruh anggota keluarga, meski beda tingkatan usia nya.

2. Cari akomodasi hotel yang mampu menampung banyak anggota keluarga sekaligus, misal vila dan family room di resor/hotel. Dengan demikian, Anda makin berpeluang menghabiskan masa liburan dengan penuh kebersamaan.

3. Jangan terlalu banyak ambil destinasi tujuan yang terlalu banyak, mending fokuskan pada beberapa destinasi saja namun berkualitas dan memorable.

4. Beli tiket/karcis wahana rekreasi secara online, untuk menghindari antrian panjang ketika berada di lokasi terutama saat musim libur Lebaran dan liburan akhir tahun. Karcis objek wisata saat ini banyak dijual secara online dengan harga yang sama atau bahkan lebih murah.

5. Hindari objek wisata yang ekstrim dan terlalu bersifat adventure misal pendakian gunung dan jungle trekking ke air terjun. Karena tidak semua anggota keluarga Anda cocok dengan objek tersebut, terutama orangtua yang sudah tidak kuat untuk melakukan hal-hal seperti diatas.

6. Pastikan tiket pesawat sudah dibeli jauh-jauh hari untuk menghindari harga yang terlampau mahal jika membelinya last minute. Atau jika naik mobil, pastikan kondisi mobil Anda dalam kondisi yang prima.

7. Dari semua kasus diatas, jika Anda sekeluarga tidak mau direpotkan oleh perintilan-perintilan perjalanan yang ribet untuk dilakukan sendiri, maka solusinya adalah ikut paket tur wisata. Anda sekeluarga akan dilayani dengan paket tur yang sesuai kebutuhan, lebih custom sesuai kemauan. Carilah tur wisata yang terjamin dan terpercaya, misalnya saja Cheria Halal Wisata. Mau liburan ke luar negeri maupun domestik, Cheria Wisata akan mewujudkan impian liburan keluarga Anda. Tanpa ribet, dijamin halal, harga bersaing, pelayanan profesional dan tentu saja berijin dari pemerintah.. Segera intip situs resmi Cheria disini http://www.cheria-travel.com, dijamin bikin kepengen segera liburan bareng keluarga terdekat ke salah satu destinasi andalan Cheria Halal Holiday.

Berikut adalah contoh paket wisata halal yang disediakan oleh Cheria Halal Wisata :

- Wisata Halal ke Turki 



Foto oleh Travel Weekly

Paket wisata yang akan mengajak Anda dan keluarga ke berbagai destinasi unggulan di Turki. Seperti ISTANBUL - BURSA - TROY - KUSADASI - PAMUKKALE - KONYA - CAPPADOCIA - ANKARA selama 10 hari. Start dari Soekarno Hatta, Jakarta. Anda sekeluarga akan diajak berkunjung ke berbagai tempat bersejarah dan pemandangan alam yang indah selama di Turki, sebut saja Hagia Sophia di Istambul, naik balon udara di Cappadocia, menyaksikan keindahan kota di Selat Bosporus dan masih banyak objek lainnya yang akan didapat jika ikut wisata halal bersama Cheria Halal Wisata.

- Wisata Halal Korea Selatan 


Foto oleh Tribun Travel

Di negeri ginseng ini, Anda dan keluarga akan diajak berkunjung ke banyak destinasi unggulan di Korea Selatan seperti Seoul, Nami Island, Mount Sorak, icip-icip kuliner khas Korea hingga berkunjung ke jejak Islam disana. Ada paket tur 6 hari berkeliling Korea Selatan dengan harga yang kompetitif dengan jaminan wisata yang halal ala Cheria Wisata.

Dua negara ini adalah contoh destinasi wisata halal yang bisa Anda pilih bersama Cheria Wisata. Liburan lebaran atau pun liburan akhir tahun/tahun baru bisa menjadi opsi utama untuk memulai perjalanan keluar negeri bersama keluarga. Bukan itu saja, Anda pun bisa mengambil paket tur domestik untuk menghabiskan momen liburan bersama keluarga atau pun teman terdekat.

Kenapa harus berwisata halal?

Berwisata sendirian maupun barengan keluarga, tentu saja harus memperhatikan akomodasi dan makanan selama berlibur. Terutama bagi keluarga Muslim di Indonesia, persoalan makanan selama tur sangat menjadi kendala khususnya di luar negeri. Tak heran, banyak wisatawan Indonesia yang terpaksa membawa mie instan, ikan sardin kalengan, sambal terasi, abon ikan dan makanan pengawet lainnya yang mudah dibawa keluar negeri. Alhasil, kita pun jadi kerepotan membawanya dari Indonesia. Kerepotan itu akan berlanjut dengan kegiatan mengolah mie instan, ikan sardin dan lain-lainnya ketika sudah berada di negara yang bersangkutan. Yang harusnya kita bisa menikmati liburan dengan santai dan penuh momen langka, harus dibagi dengan jatah mengolah makanan instan tersebut. Repot banget kan ya??

Peserta wisata halal ke Turki bersama Cheria Wisata. Foto oleh Cheria Wisata

Wisata halal adalah solusi tepat, bagi warga Indonesia yang ingin liburan santai tanpa harus khawatir soal akomodasi dan makanan selama tur. Cheria Wisata adalah jawabannya..! Apapun yang menjadi sumber kegalauan kita, akan hilang seketika jika kita liburan dengan Cheria Halal Wisata. Terutama soal makanan, mau tur nya di Jepang, China, Australia, Ubud, Manado dan apapun itu, Cheria Halal Wisata akan memberikan makanan yang terjamin kehalalan dan kesehatannya. Kita hanya fokus pada atraksi wisata, belanja oleh-oleh, itinerari harian dan foto-foto saja tanpa khawatir soal makanan non halal lagi.



Kenapa sih kita harus banget berwisata halal? Ya, kembali ke prinsip halal yang diatur oleh Fatwa MUI bernomor 108/DSN-MUI tentang pariwisata syariah, yakni berwisata pun ternyata harus dijalankan atas halal nggaknya sebuah perjalanan tur wisata. Terutama sekali soal makanan dan lokasi yang dituju. Kita tentu harus tahu apakah makanan dan minuman yang kita konsumsi selama berwisata itu terjamin bahan dan cara memasaknya. Tak hanya itu saja, pihak peserta tur juga berhak untuk menjalankan ibadahnya seperti sholat dan mengambil air wudhu. Ini sangat penting, karena meskipun sedang berlibur, peserta tur Muslim juga tetap bisa menjalankan keyakinannya dimana saja dan kapan saja. Wisatawan maupun pihak tur nya itu sendiri harus menjamin adanya tempat ibadah dan air wudhu. Tak hanya itu, wisata halal juga menuntut adanya jaminan keamanan destinasi bagi pesertanya.


Indonesia adalah pangsa wisata halal yang menjanjikan. Foto oleh Muslim Travel Girl

Indonesia adalah negara dengan umat Muslim terbesar di dunia. Tentu saja wisata halal adalah pangsa pasar yang sangat potensial untuk digarap. Pemerintah dan stake holder kepariwisataan mulai serius menggarap wisata halal, mulai dari agent travel, pemandu wisata, hotel, restoran hingga pengelola rest area. Thailand, Singapura dan Malaysia adalah negara Asia Tenggara lainnya yang sudah lama menjalankan konsep wisata halal ini. Jutaan wisatawan dari segmen wisata halal ini mampu mereka raih setiap tahunnya. Tak heran jika Indonesia juga harus serius menangkap peluang ini.

Lombok sbg Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia versi World Halal Summit Travel 2015 Dubai. Foto Surabaya Pagi

Diantara sedikit travel agent yang menjamin kehalalan paket wisatanya itu, ada Cheria Halal Wisata yang maju sebagai penyedia wisata halal. Sebuah pengelola tur berpengalaman yang memposisikan dirinya sebagai penyelanggara wisata halal. Tak hanya menggarap paket tur ke negara-negara Islam seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab saja, Cheria Halal Wisata juga menggarap wisata ini ke banyak destinasi populer lain seperti wisata halal ke Jepang, China, Hongkong, Spanyol, Australia dan beberapa negara Eropa lainnya. Cheria Halal Wisata akan menjamin perjalanan tur Anda dengan konsep yang halal sesuai fatwa MUI dan himbauan pemerintah dalam hal ini kementrian pariwisata.

Kantor Cheria Halal Wisata di Mampang, Jakarta

Cheria Halal Wisata menawarkan paket liburan wisata halal yang menyesuaikan dengan libur bersama seperti liburan Lebaran, liburan akhir tahun/tahun baru dan beberapa long weekend lain di sepanjang tahunnya. Tak hanya itu, Anda bersama keluarga bisa request paket wisata kapan saja dan kemana saja sesuai kebutuhan. Beberapa alasan yang menjadi patokan untuk memilih Cheria Halal Wisata adalah :

  • Akomodasi dan makan terjamin kehalalan dan kebersihannya
  • Travel agent yang berbadan hukum resmi yang sudah berpengalaman  
  • Sudah ada ribuan peserta Cheria Halal Wisata yang tersebar di seluruh negeri
  • Harga bersaing, dengan jaminan itienari tur yang lengkap dan menarik
  • Pilihan negara yang bervariasi seperti Jepang, Dubai, China, Thailand dan lain sebagainya. Tentu saja, destinasi andalan dalam negeri juga dilayani


Galeri Foto Dokumentasi Cheria Halal Wisata
Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia. Nah, Pulau Weh di Aceh lah yang menjadi incaran saya untuk ikutan wisata halal bersama Cheria Halal Wisata. Saya ingin membuktikan secara langsung seindah apa sih Pulau Weh dan sehalal apa sih paket wisata halal ala Cheria. Saya sudah membayangkan bisa jalan-jalan ke Masjid Raya Baiturahman di Banda Aceh sambil beribadah, makan ayam tangkap, mie Aceh, minum kopi, bermain di Pantai Iboih Pulau Weh hingga mengintip ikan nemo di lautan Sabang. Saya membayangkan liburan Lebaran atau pun liburan akhir tahun/tahun baru bisa berkesempatan ke Pulau Weh, Sabang bersama Cheria. Saya kangen tanah Sumatra, keramahan warganya, kelezatan makanan lokalnya serta keindahan alamnya yang membuat saya ingin kesana lagi. Terlebih tanah Aceh yang belum pernah sama sekali saya kunjungi.
Pulau Weh adalah gugusan kepulauan yang berada di ujung barat negeri bernama Sabang. Pulau Weh itu sendiri punya beberapa objek menarik yang menanti untuk dikunjungi, misalnya saja Pulau Iboih, Pantai Sumur Tiga, Tugu Nol Kilometer Indonesia, Pantai Kasih, Pantai Tapak Gajah, Pantai Pasir Putih dan segudang tempar menarik lainnya. Kepulauan paling barat di Indonesia ini siap menyambut kita kapan saja dengan segala kecantikannya yang tersembunyi.

Pantai Iboih di Pulau Weh, Sabang. Foto oleh Rahmat Novianto
Sebagai daerah di Indonesia yang memproklamirkan dirinya sebagai destinasi wisata halal bersamaan dengan Lombok dan Sumatra Barat, saya makin penarasan dengan Aceh untuk bisa secara langsung mencicipi wisata halalnya. Semoga libur akhir tahun atau bahkan libur lebaran tahun ini bisa diajak oleh tim Cheria Halal Wisata jalan-jalan ke Pulau Weh. Impian saya banget sejak lama, bisa menjejakan kaki di kawasan nol kilometer Indonesia di ujung paling barat tersebut.


Fakta tentang Cheria Wisata yang harus Anda ketahui :

  • Cheria Halal Wisata berdiri sejak 2012, berkantor pusat di Gedung Twink Lt. 3 Jalan Kapten P. Tendean No. 82, Mampang, Jakarta Selatan. Telp. 021-7900201
  •  Menjamin terhadap menu makanan yang halal selama tur
  • Melayani perburuan tiket murah bagi konsumennya, dengan banyak jenis maskapai dan variasi harga
  • Membantu dalam pengurusan visa ke berbagai negara yang dikunjungi
  • Penyelenggara resmi paket umroh ( berkantong ijin Kemenag RI )
  • Melayani booking haji plus, hotel dan tur Islami lainnya


So, tunggu apalagi? Segera atur jatah cuti Anda, habiskan liburan Lebaran dan liburan akhir tahun/tahun baru bersama keluarga. Tak hanya itu, Anda juga bisa jalan-jalan bareng teman terdekat menghabiskan momen liburanmu bersama Cheria Halal Holiday. Saya sendiri, benar-benar pengen ikut liburan Lebaran dan libur akhir tahun bersama Cheria ke Pulau Weh. Mudahan saja terwujud ya, amin ya rabbal alamin.

11 April 2017

Nasrudin Ansori
travel blogger.


28 komentar:

Raditya mengatakan...

Wah mantab kak ulasan ttg Pulau Weh dan Cheria Wisata nya. Gue jadi kepoin situs nya, lihat2 paket tur halal nya. Jadi ngiler euy..��

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Iya nih bro bikin mupeng ya paketan tur halal nya. Terutama Turki ama Eropa nya. Destinasi domestik nya jg mantab tuh,, sdh ngebayangin pengen bgt main ke Pulau Weh euy...doakan ya ada rejeki nya.. Aminnnn..

Aringga mengatakan...

Waah, makasih banyak infonya. Baru tau nih kalau ada wisata halal.

Ngeliatin situs Cheria jadi pengen nabung biar bisa jalan-jalan halal. Hehehe

irwan prahmarika mengatakan...

Wah... Jadi pengen ke pulau weh juga nih habis baca blognya... heheheee....

Yahya CM mengatakan...

lama nggak main main ke blog bang Nasrudin, eh ternyata ada artikel ttg Wisata halal nya. thanks pencerahannya bang. baru tahu ada himbauan untuk berwisata halal euy.

mantab djiwa...!

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Iya bro kita hrs support wisata halal ini..biar aman dan tenang perjalanan wisatanya :)

Iya nih mantengin situs nya waduuhh bikin pengen keliling euy.. Terutama Turki ama Australia nya..joss bgt kan..

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Ayo bro wujudkan..ikutan lomba menulis nya siapa tahu rejeki kan ya. Jgn lupa intip intip ya website Cheria nya yaa...

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Iya bro Yahya.. Ternyata wisata halal malah sdh lama booming di luar negeri. Hrs nya kita negara dgn penduduk Muslim terbesar ini bs lebih booming lagi wisata halal nya. Dan mari kita dukung agar bs lbh maju lagi wisata halal nya. Amin YRA.

Ojat mengatakan...

wah nice info mas Anas.. bisa jadi referensi untuk berlibur dan gak khawatir cari makanan halal dsb...

Cheria Holiday mengatakan...

tulisan yg menarik, semoga juga jadi pemenang

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Wah makasih sdh mampir ka.. Iya bener mau ke Manado, Ubud, Turki dll gak khawatir lg soal makanan.

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Terima kasih kak sdh mampir ke blog saya.. Amin YRA mudahan terpilih deh ikutan ke Pulau Weh. Mupeng bgt soalnya. Keren lomba menulis nya, tersalurkan hobi menulis blogger.. :)

Blog Banua mengatakan...

Wah lanjutkan bro karya tulisannya..mantab. kita jadi tahu tentang wisata halal dan segala acuannya. kami doakan terpilih ke Pulau Weh nya. ayoo nabung buat jalan2 ke Dubai dll secara halal.

salam

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Wah makasih blog Banua sdh mampir. Iya mudahan ada rejeki nya gratis ke Pulau Weh hehe. Dubai oh dubai ayo nabung.. Amin YRA..

Septian Dwi mengatakan...

Jadi kepengen liburan yg segala sesuatu di sediakan,tentunya jadi tau kalo cheria ada Paket wisata halal..
kayaknya boleh di coba wisata halal Pulau weh, keren masbro

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Iya bro kalo ikut paket tur gini emg enak tinggal gerek koper aja. Cheria Wisata sdh menyediakan segala keperluannya. Thanks sdh mampir ke blog ini.

Wira mengatakan...

wah panjang dan rinci bgt euy penjelasannya mas. gak byk sih memang tur yang menyediakan paket halal begini. semoga menang mas ke Pulau Weh nya..!

Fitridani Muhri mengatakan...

secara pribadi sangat sedikit yg saya tau ttg travel agent yg berkonsep halal, nice info... sedikit membuka pengetahuan ttg berwisata, dan yg pasti kita tidak perlu was2 dalam hal makanan halal

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Wahahah iya mas lg semangat ikut lomba nulis nih, jd panjang panjang tulisan nya. Amin mas doakan ya menang ke Weh..hehe..

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Alhamdulillah bs ksh pencerahan ttg wisata halal di tulisan blog ini. Yg jelas sih keuntungannya bs terhindar dr makanan non halal. Cheria wisata nih mas Fitridani yg pengalaman soal ginian..cek aja website nya ya.

Tim Bavetline mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
sandi mengatakan...

Blog yang menarik ttg wisata halal. Maju terus wisata Indonesia ya..

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Terima kasih bro Sandi. Aminn maju terus wisata halal kita..

Deddy Huang mengatakan...

pulau weh aceh emang pesonanya juara... semoga ya bisa ke sana pas liburan lebaran nanti... aamiin.

evrinasp mengatakan...

Lengkap sekali, saya ke Korea kemarin pakai Cheria, alhamdulillah aman sih, gak khawatir makanan halal dan waktu shalat terjaga

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Eh ada koh Deddy.. Iya penasaran bgt nih ama Pulau Weh..doakan ya aminn..

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Wah Alhamdulillah tur Korea nya lancar ya berkat Cheria. Mudahan suatu saat bs jalan bareng Cheria juga. Aminn

IBU WINDA DI GARUT mengatakan...

Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH 100% tembus Sngapura (4D) <<< 1 0 4 0 >>> saya menang togel (155,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.


KLIK DISINI BOCORAN DUKUN TOGEL 2D 3D 4D 5D 6D HARI INI
























Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan AKI SOLEH 100% tembus Singapura (4D) <<< 1 0 4 0 >>> saya menang togel (155,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW
trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.


KLIK DISINI BOCORAN DUKUN TOGEL2D 3D 4D 5D 6D GAIB HARI INI