Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

11 Tempat Kulineran di Banjarmasin yang Paling Rekomendasi


Oke, semua orang sepertinya sangat setuju jika makan-makan alias kulineran adalah hal paling menyenangkan untuk dijalani. Baik makanan khas lokal maupun menu modern ala hotel atau restoran. Kota atau daerah favorit saya untuk kulineran ketika lagi traveling adalah Sumatra Barat, Makassar, Jogja, Jawa Timur dan tentu saja Banjarmasin. Parameter nya adalah keberagaman jenis kuliner lokal setempat yang memang bervarian dan tentu saja enak. Selama berkeliling Indonesia, saya lebih banyak menjelajah ke warung-warung makan khas lokal di tepi jalan alias street food. Tanpa harus ke restoran konsep fine dining atau apapun itu istilah nya. Baiklah, saya akan bahas menu lokal atau kuliner khas Banjarmasin yang layak dicoba baik bagi wisatawan maupun warga asli Banjar yang tinggal di Kota Sungai ini. Silakan simak ulasan tempat makan enak di Banjarmasin versi saya ya..!

1. Soto Banjar Novi

Diantara sekian banyak penjual soto Banjar, saya sangat merekomendasikan soto hasil olahan warung Soto Banjar Novi di Jalan Haryono MT dekat Simpang Telawang. Warung tenda yang hanya berjualan dari siang hingga jam 10 malam ini menjual soto Banjar yang otentik dan enak. Kekuatannya adalah ada di kuah nya yang pekat karena bumbunya. Pesanlah soto atau nasi sop nya, sama-sama nikmat. Karena antara soto dan nasi sop nya menggunakan kuah dan racikan yang sama. Bedanya hanya pada nasi dan ketupat nya saja. Tambahkan seporsi sate bumbu kacang, hmmm sensasinya makin sempurna!

Soto Banjar makin nikmat dengan sate ayam

2. Lontong Orari

Ini adalah cara orang Banjar menikmati lontong dengan kuah santan yang gurih ditambah lauk ikan haruan, ayam atau telor bebek yang dimasak dengan bumbu masak merah. Uniknya, lontong nya berbentuk segitiga panjang. Tekstur nya lembut sekali. Lontong Orari bukanlah nama makanan, melainkan nama rumah makan yang menjual lontong khas Banjar. Buka dari pagi hingga pagi lagi, menjadikan siapa saja leluasa untuk datang kapan saja ke Lontong Orari yang terletak di Kampung Melayu Darat, Banjarmasin ini. Saran saya pesanlah separo saja, karena biasanya lontong porsi full akan dikasih dengan dua buah lontong. Bagi saya, satu lontong saja sudah setara dengan satu porsi nasi.

Lontong Orari dengan lauk ikan haruan

3. Ketupat Kandangan di Warung Mama Dina

Warung nya kecil dan sederhana sekali, tapi menu Ketupat Kandangan yang mereka jual boleh ditanding dengan olahan serupa yang ada di kota asal nya di Kandangan sana. Ketupat Kandangan adalah masakan suku Banjar yang terdiri dari potongan ketupat, kuah santan berbumbu dan lauk ikan haruan atau bisa juga telur bebek asin. Uniknya, cara menyantap Ketupat Kandangan adalah dengan cara meremas-remas ketupat dengan tangan hingga hancur dan bercampur dengan kuah nya. Biasanya makan ketupat kan dengan menggunakan sendok makan, nah makan ketupat khas kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini beda sendiri. Bagi wisatawan dan warga lokal di Banjarmasin yang ingin mencicipi ketupat yang nikmat banget, coba saja bertandang ke ketupat Kandangan Warung Mama Dina di Jalan Pangeran Antasari tepat di seberang Hotel Blue Atlantic. Buka dari pagi hingga siang saja. Cocok untuk sarapan pagi. Warung Mama Dina adalah tempat kuliner Banjarmasin yang sangat saya rekomendasikan. Mereka buka dari jam 7 hingga 10 pagi saja, saran saya datanglah jam 8 atau 9 saja, karena stok ketupatnya dijamin masih ada. Silakan bandingkan dengan penjual ketupat yang lain, rasanya ini yang paling enak diantara yang enak.

Ketupat Kandangan di Warung Mama Dina


4. Itik Panggang Abadi

Bagi saya, menu ayam dan bebek/itik panggang di warung ini sangatlah rekomendasi. Saya malah selalu datang kesini jika lagi ingin makan siang bebek atau ayam bakar. Penyajian nya sangat khas, karena dibarengi dengan limpahan saos tomat dan kuah kecap manis yang sudah dicairkan dengan bumbu khas Banjar. Tak sekedar itu, kita juga akan disuguhi dengan semangkok kuah sop ayam yang segar dan enak. Ayam dan bebek itu dipanggang dengan bumbu khas Banjarmasin, lalu kemudian dicincang kasar sebelum akhirnya sampai ke meja kita. Perasan air jeruk nipis menambah nikmat menu yang disajikan RM. Itik Panggang Abadi yang beralamat di Jalan Soetoyo S persis disamping kampus LP3I ini. Mereka buka dari pagi hingga sore saja. Jangan lupa untuk beli kue bikang dan roti pisang yang biasa dijual di dekat pagar rumah makan. Dijamin kenyang dan puas..!

Porsi lengkap di RM. Itik Panggang Abadi


5. Soto Kuin Bundaran Bang Madi

Jika sebelumnya saya bahas soto Banjar olahan nya Soto Banjar Novi di Jalan Haryono MT, nah kali ini saya akan bahas soto yang ada di Kayutangi, Banjarmasin. Lokasinya berada persis di halaman kampus Politeknik Hasnur di Bundaran Kayutangi. Itu kenapa nama nya Soto Kuin Bundaran atau biasa disebut Soto Bundaran. Kuah nya dijamin enak dan gurih, karena kaya akan bumbu rempah khas Banjar. Cuma dilidah saya, kuah nya agak sedikit hambar. Tapi jangan khawatir, kita bisa minta garam tambahan. Disini porsi soto dan nasi sop nya sangat berlimpah. Bahkan suiran ayam nya juga banyak sekali. Jika belum puas, maka kita bisa memesan sayap atau paha ayam nya. Soto Banjar Bundaran hanya buka dari pagi hingga siang hari sekitar jam 2 saja. Harga nya bersahabat, sekitar Rp. 17 ribu saja sudah termasuk segelas teh. Dibanding soto terkenal di Banua Anyar itu, saya lebih menjagokan Soto Kuin Bundaran ini. Silakan saja Anda coba dan bandingkan mana yang lebih enak ( kembali ke lidah masing-masing ).

Nasi Sop di Soto Banjar Bundaran


6. Mie Bancir Agus Sasirangan

Mungkin bagi Anda, mie bancir masih agak aneh didengar. Tapi bagi orang Banjarmasin, mie ini sudah familiar bagi mereka. Bancir dalam bahasa Banjar adalah waria atau bencong. Nah, mie bancir maksudnya adalah mie tanggung yang bukan mie kuah dan bukan juga mie goreng. Karena penyajian nya, mie bancir agak berkuah namun agak kering juga. Kuah mie bancir biasanya dibuat dari air rebusan yang berasal dari kaldu ayam yang sudah dicampur dengan bumbu khas Banjar lain nya. Salah satu penyedia mie bancir adalah Mie Bancir Agus Sasirangan ( runner up Master Chef Indonesia ) di Jalan Brigjen Hasan Basri Kayutangi, Banjarmasin. Buka dari pagi hingga jam 11 malam. Mie bancir disini juga dilengkapi aneka topping, seperti ayam panggang, telur bebek, pangsit dan ceker ayam. Ada juga mie bancir original yang tanpa topping apa-apa. Ada penjual mie bancir lain di daerah Pekauman, nama nya Mie Bancir Merasa Maka Tahu. Disini mie bancir disajikan dengan campuran saos tomat, tak heran warna mie nya sangat merah. Jika ditanya mana yang lebih enak, saya mantab memilih olahannya Agus Sasirangan ( kembali ke selera masing-masing ). Selamat mencoba mie waria eh mie bancir...!

Mie Bancir di Mie Bancir Agus Sasirangan


7. Sari Patin

Patin adalah ikan tawar yang paling digemari di Kalimantan Selatan termasuk kota Banjarmasin. Siapa saja doyan menyantap ikan yang kaya akan protein ini, baik patin yang dimasak panggang, goreng, pepes maupun kuah. Nah, olahan patin bisa kita temui dibanyak rumah makan khas Banjar di seluruh pelosok Banjarmasin. Salah satunya adalah Sari Patin di Jalan Brigjen Hasan Basri, Kayutangi Banjarmasin. Di depot yang buka dari pagi hingga sore ini menjual olahan patin dari berbagai cara, panggang, goreng, pepes hingga kuah. Tak hanya patin saja, ada ikan lais, ikan baung, ikan haruan dan lain sebagainya. Semuanya enak. Saya kadang bingung mau makan patin yang mana jika ke depot yang selalu ramai pengunjung ini. Harga yang mereka patok memang agak lebih mahal dari yang lain, tapi apa salahnya kita membayar lebih untuk mendapatkan patin yang enak?

Panggangan ikan sungai di Sari Patin


8. Nasi Kuning Warung Pondok Bahari

Bagi lidah saya, nasi kuning yang dijual di Pondok Bahari adalah salah satu yang enak di Banjarmasin. Porsi nya banyak, bumbu nya enak dan ikan haruan nya juga besar. Nasi kuning adalah menu sarapan bagi warga Banjar, tapi saat ini nasi berwarna kuning ini juga disantap kapan saja, baik pagi, sore hingga malam hari. Penjual nasi kuning banyak tersebar di seluruh kota, terutama di pagi hari. Acil-acil Banjar ( wanita suku Banjar ) banyak menjual nasi kuning di tepi-tepi jalan. Nasi kuning biasanya disantap dengan ikan haruan, ayam dan telur yang sudah dimasak dengan bumbu masak habang khas Banjar. Nasi kuning ada yang disajikan dengan membungkusnya dengan daun pisang atau bisa juga langsung disajikan dengan piring. Saya lebih suka nasi kuning yang langsung disajikan dengan piring, karena bumbu masak habang nya lebih segar ketika ditumpahkan diatas nasi nya. Ada penjual nasi kuning lain yang terkenal seperti Nasi Kuning Rahmat di Pasar Lama dan Nasi Kuning Cempaka di Pasar Niaga.

Nasi kuning ikan haruan di Pondok Bahari


9. RM. Patin Hj. Husniah

Warung makan ini sangat sederhana dan terpojok di dalam pasar tradisional di tepian Sungai Martapura, Banjarmasin. Tapi soal cita rasa olahan patin, jangan pernah diragukan lagi. Ini adalah penjual patin paling enak di Banjarmasin. Banyak pejabat dan penikmat kuliner yang makan patin di RM. Patin Hj. Husniah yang berada di Pasar Lima atau tepat berada di seberang SwissbelHotel Banjarmasin itu. Mereka menjual patin sungai, bukan patin tambak. Sehingga dijamin enak karena tekstur dan rasa ikan patin sungai lebih enak ketimbang patin hasil budidaya. Tak heran, patin disini dipatok dengan harga yang sedikit lebih mahal. Pesanlah patin goreng dan gangan asam kepala patin atau sayur santan nya. Ini menu andalan mereka yang paling banyak diburu. Potongan-potongan daging ikan patin digoreng dengan bumbu kunyit yang nikmat. Lalu disajikan dengan kepala patin yang dimasak gangan asam atau sayur santan khas Banjar. Jangan lupa untuk mencocol patin tersebut pada sambal terasi/acan yang biasanya diperas dengan jeruk nipis atau potongan mangga muda. Saya jamin ini akan menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Ikan Patin goreng yang disajikan dengan sayur santan


10. Nasi Itik Gambut Tenda Biru

Warung penjual bebek/itik ini berada agak sedikit jauh dari kota Banjarmasin, yakni di Gambut, Kabupaten Banjar. Sekitar 20 menit berkendara dari Banjarmasin. Disini menyediakan olahan itik yang dimasak dengan bumbu khas Gambut. Nasi putih dan itik tersebut dibungkus ke dalam daun pisang. Warung yang berada disamping Pom Bensin Gambut ini selalu diramaikan oleh pengunjung, mulai dari pagi hingga malam hari. Pengunjung yang makan disini seakan-akan tak pernah putus. Menurut saya Nasi Itik Gambut Tenda Biru adalah salah satu penjual nasi itik khas Gambut yang sangat rekomendasi. Harga nya Rp. 20 ribu perporsi sudah termasuk minuman.

Nasi itik/bebek khas Gambut


11. Bubur Banjar di Depot Soraya

Saya bukanlah penggemar bubur. Tapi jika ditanya dimana penjual bubur yang enak dan cocok dilidah saya, maka mantab akan saya jawab bahwa bubur di Depot Soraya lah yang paling enak. Berlokasi di Simpang Telawang, dekat Bank UOB Buana, buka dari pagi hingga malam. Dibanding bubur khas Bandung, saya lebih suka bubur Banjar. Karena tekstur nya lebih padat, rasanya enak dan topping telur bebek rebus nya bikin ketagihan. Yang unik dari bubur di Banjarmasin adalah telur bebek tersebut direbus dengan campuran kecap, sehingga tak heran putih telur nya menjadi warna coklat gelap. Di Depot Soraya, bubur disajikan dengan aneka menu pelengkap seperti irisan hati ampela dan perasan jeruk nipis. Enak sekali...!

Bubur Banjar di Depot Soraya
Dari pengalaman saya berkeliling kota-kota di Kalimantan, sejauh ini Banjarmasin lah yang paling beragam kuliner lokal nya. Pontianak menduduki posisi kedua dalam hal kulineran. Warga Banjar di Banjarmasin sangat dikenal mahir mengolah masakan khas yang tak kalah enak dari daerah lain nya. Yuk ke Banjarmasin, mencicipi aneka kuliner Banjar sambil menyaksikan kehidupan sungai nya. Dijamin unik dan berkesan.

Oh iya, bahasan soal kuliner di seluruh Kalimantan terutama kuliner Banjar akan saya bahas di buku Jelajah Kalimantan yang terbit dalam beberapa bulan ke depan. Buku yang berisi lengkap tentang alam, budaya, kota dan kuliner khas di seluruh Kalimantan. Yang mau pre order buku nya, silakan SMS dan whatsapp ke 085252732601 ( tidak melayani telepon ) & email deborneo54@gmail.com .  Harga dan cara pembayaran akan  dijelaskan di chat SMS/whatsapp dan email.
 

Banjarmasin, Oktober 2016

Nasrudin Ansori
traveler. blogger

 instagram nasrudinansori, email baritobjm@gmail.com  


34 komentar:

muhammad akbar mengatakan...

Soto Banjar Novi dan Lontong kuah santan ikan haruan di lontong orari, 2 kuliner paling nikmat yang pernah saya cobain di Banjarmasin. Sungguh saya merindukankembali mencicipinya...

Tulisan mu bang Nas bikin saya nelan ludah sendiri..ngilerrr

Fradita Wanda Sari mengatakan...

Wah terimakasih rekomendasinya. Gak sabar ke Banjarmasin lagi mau nyicipin satu satu :D

nasrudin ansori mengatakan...

Iya bener sekali dua kuliner yg kamu sebutin itu emang menu wajib disini utk dicoba..soto Banjar Novi ama Lontong Orari emg jagoan bikin makanan khas.. Maaf ya bro tulisannya bikin ngiler hahaha... Ayo ke Banjar lagi, ntar kuajak muter2 lagi kyk dl.

nasrudin ansori mengatakan...

Sama sama.senang bs berbagi...:)) ayo ditunggu kedatangan nya lagi..

mieftah arifin mengatakan...

Masakan khas banjar tu amun menurut ulu n sama kaya masakan jogja, amun warungnya modern gairah menyantapnya hilang.hehe

mieftah arifin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nasrudin Ansori mengatakan...

Iya bener, rata2 rumah makan khas Banjar yg recomended itu tdk menjual tempat yg bagus. Semua dibangun sederhana. Lbh menonjolkan cita rasa. Sama kyk tempat2 makan enak di Jogja. Biasa aja t4 nya tp edaann enak nya.

Unknown mengatakan...

Namanya kocak-kocak ya kang apalagi itu tuh mie banjir :-D Tapi kalau di lihat dari foto-fotonya ini sungguh sangat lezat dan menggugah selera :-)

Unknown mengatakan...

Namanya kocak-kocak ya kang apalagi itu tuh mie banjir :-D Tapi kalau di lihat dari foto-fotonya ini sungguh sangat lezat dan menggugah selera :-)

Fitri Yunita mengatakan...

Soto banjar, sate, gado2 H. IYUS di dekat RS. Sari mulya juga enak. Kalau di tempat lain sudah ada soto & nasi sop, disini gado2nya

Nasrudin Ansori mengatakan...

Sori bro bukan banjir tp mie bancir.. Hehehe..iya enak enak semua itu.. Jd laper euy..ayo ke banjarmasin bro..

Nasrudin Ansori mengatakan...

Oh iya aku udah pernah coba gado2 yang disitu. Tp udh lama banget nggak kesitu lagi..thanks sdh diingatkan..

Jelajah Kalimantan Tour mengatakan...

Tulisan yang menginspirasi wisata kuliner di Banjarmasin. Maju terus Banjarmasin. Bagi yang minat private trip Derawan dan Tanjung Puting, silakan kontak kami ya

nasrudin ansori mengatakan...

terima kasih min Jelajah Kalimantan. aminnn....

Cumilebay MazToro mengatakan...

Aku blm nyobain bubur banjar nya, tp sempet nyobain macam bubur yg di bungkus daun trus di makan pake ikan seluang bumbu merah

iissyee mengatakan...

Ketupat Kandangan pake Haruan yg paling kusuka seger... ����

Nasrudin Ansori mengatakan...

Mas Cum, waduh itu makanan apa ya? Kok ada ikan seluang bumbu merah nya? Beli dmn saat itu? Pasar terapung kah?

*bahagia manja dikomen seleb blog*

Nasrudin Ansori mengatakan...

Iissyee :

Iya bener makanan yg itu emg bikin nagih sih..sambal nya jg beda lbh enak rasanya. Slurppp

vimax mengatakan...

bajarmasin its okey

Nasrudin Ansori ( Kalimantanku.com ) mengatakan...

Thanks a lot

Rudi Chandra mengatakan...

Ngiler deh liat makanan.a
Numpang ngiler ya mas.

IBU,FITRI SULISTIAWATI mengatakan...

Saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada AKI MUPENG karena atas bantuannyalah saya bisa menang togel dan nomor gaib hasil ritual yang di berikan AKI MUPENG bener-bener dijamin tembus dan saat sekarang ini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya itu semua berkat bantuan AKI kini hutang-hutang saya sudah pada lunas semua dan sekarang saya sudah buka usaha sendiri. jika anda mau bukti bukan rekayasa silahkan hubungi/sms AKI MUPENG di 0852 9445 0976 atau KLIK DISINI  insya allah angka beliau di jamin tembus dan beliau akan menbantu anda selama 3x putaran berturut-turut akan memenangkan angka togel dan ingat kesempatan tidak datang 2x,trima kasih.

PAK.SABARUDDIN DI PADANG mengatakan...

Hal yang tidak pernah terbayankan kini jadi kenyataan kepada keluargaku,,,kusus untuk AKI SANTOJOYO kami ucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada aki. karena berkat bantuannya alhamdulillah keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah, karena nomor “GAIB” untuk pasang togel, hasil ritual AKI SANTOJOYO memang benar-bener merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karena rumah juga sudah disita bank,,warung makan juga sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya AKI SANTOJOYO lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu AKI SANTOJOYO orang paling bersejarah di keluargaku…!!!jadi kepada teman-teman yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub AKI SANTOJOYO di nomor: 085211599919 atau silahkan KLIK DISINI dan dengan penuh harapan yakin dan percaya insya allah apa yang anda ingingkan pasti tercapai.

Nurdiana El Qidthiyyah mengatakan...

Assalamualaiikum....
Silahkan mampiirr ke KEDAI JARING (jengkol) Ibu Hj.Fatimah, yg beralamat di jln.dahlia 2 . Kelurahan Telawang, Banjarmasin Barat,,,

Semoga kalian sukaaa.....

Ibu Karen mengatakan...

Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami di saat kesusahan dengan menanggun 9 anak,kami berprofesi penjual ikan di pasar hutang saya menunpuk di mana-mana sempat terpikir untuk jadikan anak bekerja tki karna keadaan begitu mendesak tapi salah satu anak saya melihat adanya program pesugihan dana gaib tanpa tumbal kami lansung kuatkan niat,Awalnya suami saya meragukan program ini dan melarang untuk mencobanya tapi dari yg saya lihat program ini bergransi hukum,Saya pun tetap menjelaskan suami sampai dia ikut yakin dan alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan bantuan aki melalui dana gaib tanpa tumbal,Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
hubungi Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
selengkapnya klik-> PESUGIHAN TANPA TUMBAL

titan gel mengatakan...

I am very happy to read your review.( Hammer Of Thor )

Absolutely really Amazing Articel and good point in there.
Thanks shared. I hope you give a useful topic for everyone.

Also Read Interesting Articles Us:
Hammer Of Thor
Obat Hammer Of Thor
Hammer Of Thor Asli
http://hammerofthors.com/

http://titangel-asli.com/
Titan Gel
Titan Gel Asli
Jual Titan Gel

Hammer Of Thor
Hammer Of Thor Asli
Obat Hammer Of Thor

http://klgherbal.xyz/
Klg Asli
Obat Klg
Pembesar Penis
Obat Pembesar Penis

samsul arifin mengatakan...

titan gel asli
titan gel
ciri ciri titan gel asli
jual titan gel asli
hammer of thor
hammer of thor asli
obat pembesar penis
jual hammer of thor asli
ciri ciri hammer of thor asli

Hammer Of Thor mengatakan...

Makasih infonya gan, moga artikelnya bermanfaat bagi semua orang......

mampir juga di lapak ane gan,......

- Hammer Of Thor

- Jual Hammer Of Thor

- Hammer Of Thor Asli

- Jual Hammer Of Thor Asli

- Jual Hammer Of Thor Di Semarang

Jual Hammer Of Thor Asli Di Semarang

Klinik Pembesar mengatakan...

Obat Pembesar Penis Bandung
Vimax Asli Di Bandung
Jual Klg Asli Di Bandung
Cream Kuda Hitam Di Bandung
Alat Bantu Sex Toys Bandung
Agen Vimax Asli Di Bandung
Vimax Asli Di Cimahi
Vakum Pembesar Penis Di Bandung

pembesar p77 mengatakan...

I am very happy to read your review.obat pembesar penis


Absolutely really Amazing Articel and good point in there.

Thanks shared. I hope you give a useful topic for everyone.

obat pembesar penis
obat pembesar penis vimax

obat pembesar penis hammer of thor

obat pembesar penis testoultra

obat pembesar penis vigrx

obat pembesar penis klg

gel pembesar penis titan

arief shop mengatakan...

SEX TOY PRIA
ALAT BANTU SEKS
ALAT BANTU SEKS PRIA
ALAT SEKS
ALAT SEKS PRIA

VAGINA GETAR
VAGINA SUARA
BONEKA FULL BODY
VAGINA PINGGUL GETAR
VAGINA FLASH LIGHT

arief shop mengatakan...

Agen Vimax Bandung
Vimax Bandung
Vimax Asli Bandung
Jual Vimax Bandung
Cod Vimax Bandung
Pembesar Penis Bandung
Obat Pembesar Penis Bandung

arief shop mengatakan...

Agen Vimax Bandung
Vimax Bandung
Vimax Asli Bandung
Jual Vimax Bandung
Cod Vimax Bandung
Pembesar Penis Bandung
Obat Pembesar Penis Bandung

Rental Mobil Banjarmasin mengatakan...

Dan jangan lupa kalau kebanjar pakai rental mobil kami ya