Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Susur 9 Jenis Sungai dalam Sehari


Saya tadi nya agak ragu, apakah bisa menyusuri sungai-sungai di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan sebanyak sembilan jenis sungai dalam sekali perjalanan, di hari yang sama. Mustahil rasa nya menyusuri sungai sebanyak itu, dari provinsi yang berbeda pula. Dimana bentangan masing-masing sungai tidak lah pendek.

Di akhir bulan Februari lalu, saya memulai perjalanan sungai dari sebuah dermaga kayu di tepian Sungai Katingan. Sebuah sungai panjang di Kalimantan Tengah, yang terletak di Kabupaten Katingan. Sungai tersebut bermuara di Pegatan, Kecamatan Katingan Kuala. Muara nya persis di pesisir Laut Jawa. 

Sungai Katingan, Kab. Katingan, Kalimantan Tengah

Sungai Katingan cukup lebar dan kondisi nya sangat alami. Banyak hutan khas Kalimantan yang tumbuh di kiri kanan sungai. Bahkan hingga sekarang, masih banyak Bekantan si hidung mancung hidup di sekitar Sungai Katingan. Karena makanan kesukaan Bekantan, yakni buah rambai masih tumbuh subur di sekitar sungai.

Dulu nya di aliran sungai ini banyak lalu lalang kapal tug boat pengangkut tongkang yang isi nya adalah kayu gelondongan. Kayu-kayu tersebut diambil dari hutan pedalaman Kalimantan Tengah. Namun sejak sekitar 15 tahun terakhir pembalakan liar maupun yang resmi sudah tidak ada lagi. Kayu-kayu gelondongan harta karun Kalimantan tersebut sudah tidak separah dulu penebangan nya. 
Klotok yang saya tumpangi adalah sebuah taksi klotok bermesin L300. Sebuah mesin yang diambil dari mesin truk di perkotaan. Mesin truk tersebut ampuh dalam mempercepat gerak klotok. Sehingga menjadi primadona warga Katingan yang memiliki klotok. Baik untuk usaha taksi klotok ataupun untuk keperluan pribadi layak nya mobil di perkotaan. Taksi klotok adalah bahasa setempat yang bermakna sebagai angkutan berbayar dari satu desa ke desa lain nya.Tarif nya sesuai tujuan masing-masing penumpang.

Klotok yang saya tumpangi pun melaju membelah Sungai Katingan yang gagah. Posisi dermaga yang saya singgahi berada di muara sungai, sehingga perjalanan menyusuri Sungai Katingan tidak begitu lama. Perjalanan sekitar 1 jam kemudian, kami memasuki Sungai Sebangau, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Sungai Sebangau merupakan pintu masuk alami ke kawasan Taman Nasional Sebangau dari arah pesisir Laut Jawa. Muara sungai ini persis berada di tepian Kalimantan dan bersinggungan langsung dengan Laut Jawa. Sungai nya tidak selebar Sungai Katingan, mungkin sekitar 20 meter lebar nya. Sungai ini pepohonan nya mirip dengan hutan nipah di muara Sungai Sekonyer, Taman Nasional Tanjung Puting, Kabupaten Kotawaringin Barat ,Kalimantan Tengah. Sebuah taman nasional yang sungai nya banyak habitat buaya.

Sungai Sebangau, Kab. Pulang Pisau, Kalimantan Tengah
Di bagian ujung Sungai Sebangau, terdapat kawasan Kereng Bangkirai, yang merupakan salah satu kecamatan di Kota Palangkaraya, ibukota Kalimantan Tengah. Perjalanan ke Kereng Bangkirai mungkin sekitar 3 jam lagi. Namun kali ini tujuan saya bukan Palangkaraya melainkan Banjarmasin di Kalimantan Selatan.

Dipersimpangan, klotok berbelok ke sebuah sungai buatan pemerintah. Sungai ini dimaksudkan sebagai pengembangan wilayah sekitar agar bisa maju, seperti pembukaan lahan sawit, pertanian dan lain sebagai nya. Ukuran sungai nya sangat sempit, hanya sekitar 5 - 10 meter saja. Kiri kanan nya sudah gundul, tidak ada pemandangan hutan alami seperti sungai-sungai sebelum nya. Warga Kalimantan umum nya menyebut sungai buatan ini dengan julukan sungai kerokan. Dalam bahasa Banjar, kerokan maksud nya adalah sungai hasil dikeruk oleh alat berat bernama excavator.

Selang sekitar 2 jam kemudian, saya menemui sebuah perkebunan kelapa sawit yang maha luas. Kebun nya persis berada di kiri kanan sungai. Di sisi kiri sungai, saya menyaksikan sebuah pabrik Coconat Palm Oil (CPO) yang cukup besar. Hasil produksi nya biasa nya di kirim ke Pulau Jawa untuk dijadikan minyak goreng siap pakai, campuran kosmetik dan lain sebagai nya.

Sungai Kerokan, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah
Beberapa jam kemudian, klotok akhir nya mencapai mulut sungai. Kali ini saya menemui sungai yang sangat lebar. Hampir sama lebar nya dengan Sungai Katingan. Nama sungai nya adalah Sungai Bahaur. Di sekitar sungai ini, terdapat Kecamatan Bahaur, yang penduduk nya cukup padat. Sungai nya masih terletak di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. 

Sungai Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah

Klotok makin melaju di tengah-tengah lebar nya Sungai Bahaur. Deru mesin nya terus terdengar. Di salah satu sudut Bahaur, joki klotok mampir ke salah satu depo pengisian bahan bakar solar. Karena perjalanan masih jauh.

Sekitar 40 menit kemudian, kami tiba ke mulut salah satu anak sungai. Ukuran nya lebih kecil, mungkin seukuran dengan Sungai Sebangau. Nama sungai ini adalah Sungai Terusan Handil, masih berada di Kabupaten Pulang Pisau. Di kiri kanan sungai terdapat beberapa rumah-rumah warga suku Dayak dan suku Banjar. Mereka hidup rukun di sini. Umum nya warga tersebut bekerja di bidang perkebunan, baik karet, kelapa, rotan dan lain sebagai nya. 

Sungai Terusan Handil, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah
Saya melihat begitu banyak sabut kelapa yang terhampar di sekitar rumah-rumah warga di tepian sungai. Kata nya warga Bahaur dan sekitar nya pandai membuat minyak goreng berbahan kelapa. Cara membuat nya pun masih tradisional. Yakni daging kelapa tua tersebut di parut, lalu santan nya diambil berulang-ulang. Lalu kemudian santan tersebut di rebus hingga mendidih. Usai mendidih, santan tersebut di diamkan selama satu malam lebih. Nanti sari kelapa nya akan bermunculan di permukaan. Nah sari tersebut lah yang nanti akan di goreng dengan wajan panas. Hingga akhir nya berubah menjadi sebuah minyak kelapa yang jernih.

Kembali ke sungai, klotok yang saya tumpangi terus melaju. Kami berselisihan dengan beberapa kapal kayu yang mengangkut hasil alam. Mulai dari rotan, kayu galam dan lain sebagai nya. Sungai nya sangat tenang dan indah. 

Sungai Terusan Handil, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah
Di dalam perjalanan, saya membanyangkan betapa jaman dulu, warga asli Kalimantan telah lama hidup berdampingan dengan sungai. Disaat transportasi darat tidak ada, angkutan sungai lah yang menjadi andalan mereka. Beberapa sungai di Kalimantan, transportasi sungai memang masih sangat hidup. Sebut saja Sungai Mentaya di Sampit, Sungai Kumai di Pangkalan Bun, Sungai Kahayan di Palangkaraya, Sungai Barito di Banjarmasin, Sungai Mahakam di Samarinda, Sungai Kapuas di Pontianak dan masih banyak sungai-sungai lain nya.

Klotok terus melaju, hingga kami tiba di Sungai Kapuas Murung di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Sungai ini juga berukuran besar, persis seperti Sungai Bahaur. Di Sungai Kapuas Murung ini terdapat Kota Kuala Kapuas, yang berjuluk sebagai Kota Air. 

Sungai Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah

Saya hanya melewati sisi lain sungai ini saja, tidak persis melewati kota nya. Hingga kemudian, kami masuk ke anak sungai yang ukuran nya sangat kecil. Sungai itu bernama Sungai Tamban. Sungai ini berada di dua provinsi, yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Sebenarnya ini juga sering disebut kanal. Karena dulu nya sungai tersebut dibangun oleh jaman orde baru, membentuk sebuah kanal. Yang tujuan nya untuk menyukseskan program transmigrasi dari Pulau Jawa ke Kalimantan. Dan kini kanal tersebut telah di ramaikan oleh penduduk asli Kalimantan yakni Dayak dan Banjar. Serta penduduk Jawa yang dulu ikut program transmigrasi, masih tinggal di kanal Tamban tersebut. 

Sungai Tamban, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan

Dari sekian banyak sungai yang saya lalui sebelum nya, sungai ini lah yang paling padat penduduk nya. Di kiri kanan sungai banyak rumah-rumah warga. Banyak masjid berukuran cukup megah dibangun di sepanjang aliran sungai. 

Beberapa jam kemudian, saya menembus Sungai Barito di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Ternyata Sungai Tamban ini bermuara di Sungai Barito. Sebuah sungai yang sangat sibuk dengan aktivitas bisnis. Mulai dari kapal batubara, kapal tangker, kapal penumpang, kapal petikemas dan lain sebagai nya. Sebuah sungai yang hingga sekarang masih menyuguhkan keunikan Pasar Terapung Kuin, yang menjadi ikon pariwisata Banjarmasin.

Sungai Barito, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Klotok yang saya tumpangi menyeberangi bentangan Sungai Barito yang sangat luas. Banyak kapal lalu lalang di sekitar sungai. Saya takjub, jika sebelum nya saya menemukan sungai kecil yang nyaris tidak ada kehidupan, sekarang di Sungai Barito ini saya menyaksikan begitu sibuk aktivitas sungai nya. 

Di perjalanan sungai yang terakhir, akhir nya joki klotok menggiring kami ke sebuah anak sungai bernama Sungai Martapura. Sungai berukuran sedang yang membelah kota Banjarmasin. Di sungai ini lah terdapat Pasar Terapung Lok Baintan yang sangat terkenal itu.

Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Klotok terus melaju membelah sungai, hingga akhir nya kami tiba di perhentian terakhir. Di sebuah dermaga beton di tepian sungai. Lokasi nya di dekat Pasar Ujung Murung, Banjarmasin. Sungai ini tampak sibuk. Banyak klotok lain bersandar dan lalu lalang di sekitar nya. Inilah Banjarmasin, kota yang berjuluk sebagai Kota 1000 Sungai.

Semua foto-foto di atas, menggunakan kamera handphone Lenovo S880.

Banjarmasin, 25 Maret 2014

Nasrudin Ansori
Traveler. Travel Writer.


















16 komentar:

Yanuarisan aka Choky mengatakan...

Keren kang...saya saja belum pernah ke Banjarmasih kalau dari Katingan, cuma pernah dari Palangka Raya saja. Terus bercerita tentang tanah Kalimantan kita ya.. :D

nasrudin ansori mengatakan...

Thanks Kang Choky...

gak akan bosan cerita ttg bumi kita bumi Kalimantan..

kredit tanpa agunan mengatakan...

sungai kalimantan besar besar banget ya tgan
di bandung mana ada yg gituan

obbie akhbar mengatakan...

wah luar biasa river trip nya, pengen kapan kapan trip susur sugai bareng ya mas. nambah pengalaman baru buat saya. hehe

ace maxs mengatakan...

wahhh keren bnget gan bis menyusuri 9 sungai dalam sehari..
gan aku mau tanya, lihat gambar-gambar di atas memang apa bednya sih sungai dengan danau>?
terimakasih ;)

tentang buah mengatakan...

vimax asli | vimax asli | vimax asli | vimax asli

terimakasih, semoga admin sukses selalu

KATIMAN SURABAYA mengatakan...

Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun yang bisa menembus semua nomor yg namanya MBAH WITJAKSONO dan saya meminta nomor MBAH WITJAKSONO pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi MBAH WITJAKSONO dan alhamdulillah dgn senang hati MBAH WITJAKSONO ingin membantu saya asalkan saya bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 7x putaran dan alhamdulillah itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH WITJAKSONO berkat bantuan beliau,sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH WITJAKSONO di 0852_2223_1459 MBAH WITJAKSONO memang para normal yg paling terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama MBAH WITJAKSONO dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. http://togelsingapu.blogspot.com/

Vimax Asli mengatakan...

Thank you for sharing in this article
I can learn a lot and could also be a reference
I hope to read the next your article updates

[-] Vimax Asli
[-] Pembesar Penis
[-] Agen Vimax Asli

vimax mengatakan...

vimax asli - vimax canada - ciri vimax asli
jooss

vimax asli mengatakan...

vimax asli - vimax canada - ciri vimax asli
jooss

vimax asli mengatakan...

vimax asli - vimax canada - ciri vimax asli
jooss

vimax mengatakan...

oke

Vimax Asli mengatakan...

Very good idea you've shared here, from here I can be a very valuable new experience. all things that are here will I make the source of reference, thank you friends.
Vimax
Vimax Asli
Vimax Canada
Vimax Asli
Vimax Indonesia
Cara Memperbesar Alat Vital
Obat Pembesar Alat Vital
Cream Ajaib Kuda Jantan
Vimax Indonesia
Cara Memperbesar Alat Vital
Cara Memperbesar Alat Vital
Vimax
Vimax Asli
Vimax Canada
Vimax Indonesia
Cara Memperbesar Alat Vital
Cara Ereksi Tahan Lama dan Keras

obatdiabetesalamijg.com mengatakan...

terimakasih untuk postingannya ;)

silahkan mampir http://obatdiabetesalamijg.com/

Unknown mengatakan...

Sekarang tarif Rp.200rb/orang, kamis pagi dari pegatan katingan, minggu pagi dari banjarmasin kalsel, ini yg menyisir laut jawa, kalo yg gerandong tiap minggu dan rabu

De Nature mengatakan...

Mantap gan dengan artikel ini setidaknya orang yang belum mengenal tentang keindahan alam kalimantan jadi tahu sungai di kalimantan