Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Danau Labuan Cermin, Pesona Lain Berau


Pagi itu langit Biduk-Biduk terlihat cerah. Di awal April, cuaca lebih sering cerah ketimbang turun hujan. Saya beruntung, karena tidak dihalau oleh mendung apalagi hujan. Gerimis turun hanya sebentar saja ketika saya berada di Danau Labuan Cermin. Selebihnya cerah sekali. Karena tujuan utama saya adalah mencari objek foto dengan latar langit yang cerah. Dan tentu saja ingin mengenal lebih jauh tentang Biduk-Biduk dengan cara traveling sendirian.

Biduk-Biduk merupakan kecamatan kecil di pesisir Kalimantan Timur. Merupakan bagian dari Kabupaten Berau. Biduk-Biduk terkenal akan potensi wisata bahari nya. Karena memang letaknya yang berada di garis pesisir Pulau Kalimantan.

Belakangan ini, potensi wisata tersebut mulai diangkat ke permukaan. Sebut saja Danau Labuan Cermin di desa Labuan Kelambu, Biduk-Biduk. Merupakan danau tersembunyi dibalik rimbun nya pepohonan dan batu cadas di sekitar desa Labuan Kelambu. Jaraknya hanya sekitar 15 menit dengan menggunakan kapal kayu dari dermaga Labuan Kelambu.

Papan petunjuk Danau Labuan Cermin, Biduk-Biduk
Danau memiliki air yang sangat jernih dan bersih. Bahkan uniknya, air di Danau Labuan Cermin memiliki dua rasa. Yakni asin dan tawar. Pada bagian bawah nya adalah air asin sedangkan bagian atas nya adalah air tawar. Unik nya lagi, dua jenis air ini tidak bercampur sama sekali. Hal ini terbentuk secara alami.

Snorkeling di Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin memiliki warna air danau yang hijau bening. Bahkan dari atas permukaan danau,  ikan dan dasar danau bisa terlihat dengan jelas. Apalagi ketika matahari bersinar dengan sangat cerah, sinar nya mampu menembus hingga dasar danau. Itulah kenapa warga sekitar menamakan danau ini dengan embel-embel cermin. 

Warna air di Labuan Cermin yang biru agak kehijauan
Di sekitar Labuan Kelambu ada sekelompok warga lokal yang secara swadaya mengelola objek wisata Danau Labuan Cermin. Salah satu nya adalah dengan menyediakan kapal kayu untuk mengantarkan wisatawan menuju lokasi danau. Untuk rombongan tarif kapal hanya dipatok Rp. 10.000 saja per orang. Namun jika sewa penuh , maka tarif sewa nya adalah sebesar Rp. 100.000 pp. Disini juga tersedia penyewaan alat snorkel dengan tarif Rp. 20.000 full set. Pengelola wisata Danau Labuan Cermin sangat antusias dalam menjaga kelestarian dan kebersihan danau. Hal itu dibuktikan dengan rutin nya mereka memungut seluruh sampah yang biasa nya ada di sekitar dermaga kayu di dalam area danau. Tak heran, Danau Labuan Cermin selalu terlihat bersih meski sering dikunjungi oleh banyaknya wisatawan domestik. 

Menyusuri Danau Labuan Cermin dengan perahu kecil
Biduk-Biduk tak hanya Danau Labuan Cermin saja, namun ada beberapa objek alam lain yang bisa digali. Diantaranya adalah Teluk Sulaiman. Merupakan teluk besar yang lanskap alam nya sangat indah. Hamparan air di teluk yang membentang luas dibentengi oleh jejeran pegunungan yang hijau.

Lanskap Teluk Sulaiman mengingatkan saya pada trip ke Teluk Makbon di Papua Barat di tahun 2011 lalu. Sepintas agak mirip. Di sekitar dermaga terdapat garis pantai yang cukup cantik meski ukuran nya kecil. Di Teluk Sulaiman inilah terdapat banyak ikan laut yang banyak diburu para pemancing. Banyak warga lokal di Biduk-Biduk yang menjajal hobi memancing di sekitar teluk. Ada sebuah dermaga kayu berukuran cukup besar di sekitar teluk. Di ujung dermaga itu lah biasa nya banyak warga yang memancing ikan sambil menghabiskan waktu. Pemandangan teluk yang indah, terkadang mampu menghibur si pemancing meski kail belum membuahkan hasil. 

Teluk Sulaiman di ujung Biduk-Biduk


Di sisi lain, Biduk-Biduk juga mengoleksi garis pantai yang indah. Pantai Biduk-Biduk membentang panjang dengan pasir putih nya yang indah. Laut nya jernih dan biru. Namun sayang, potensi garis pantai ini tidak dikelola dengan baik seperti hal nya Danau Labuan Cermin. Keindahan pantai dibiarkan begitu saja, tanpa pengelolaan yang jelas.

Pantai Biduk-Biduk yang bentangan nya sangat panjang
Ada lagi objek wisata bahari andalan Biduk-Biduk, nama nya adalah Pulau Kaniungan Besar. Sebuah pulau di tengah lautan yang jarak nya sekitar 40 menit dari Teluk Sulaiman dengan menggunakan kapal sewaan. Tarif sewa kapal adalah sebesar Rp. 200.000 pp. Di Pulau Kaniungan Besar terdapat pantai yang pasir nya putih dan bersih. Air nya jernih dengan keberagaman terumbu karang yang masih alami. Tak ada penginapan di pulau ini, sehingga wisatawan biasanya tidak bermalam di pulau tersebut. Kapal sewaan banyak terdapat di sekitar Teluk Sulaiman. Bisa disewa kapan saja oleh wisatawan yang berkunjung ke Biduk-Biduk. 

Dari sekian banyak potensi wisata bahari di Biduk-Biduk, menunjukan bahwa Kabupaten Berau tak hanya sekedar memiliki Kepulauan Derawan saja. Namun ada sisi lain yang menarik, salah satu nya adalah Biduk-Biduk ini.

Bandara Kalimarau, Berau yang megah dan modern
Untuk mencapai Biduk-Biduk, akses nya cukup mudah. Penerbangan Jakarta , Surabaya, dan Balikpapan ke Berau telah dilayani oleh beberapa maskapai nasional. Dari Berau, Anda cukup mencari angkutan berupa mobil Avanza di sekitar terminal lama Tanjung Redeb. Biasanya jadwal berangkat nya sekitar jam 9 hingga 11 pagi. Tarif sekali jalan adalah sebesar Rp. 100.000 dengan jarak tempuh sekitar 5-6 jam. Kondisi jalan cukup baik meski ada beberapa yang rusak. 

Salah satu penginapan di Biduk-Biduk
Di Biduk-Biduk, banyak terdapat penginapan yang tarif murah meriah. Mulai dari harga Rp. 80.000 hingga Rp. 250.000 per malam nya. Lokasi penginapan umum nya berlokasi di sekitar pantai. Di sekitar Danau Labuan Cermin, ada Homestay sekaligus rumah makan. Silakan hubungi Ibu Saudah 085246283562. Ikan kerapu bakar nya sangat enak.

Ikan Kerapu Bakar buatan Ibu Saudah, Labuan Cermin.
Di hari terakhir saya ditemain oleh Bahri, anak kecil asli Biduk-Biduk. Kami menjelajah Teluk Sulaiman bersama. Bahri ternyata punya impian menjadi seorang penyelam dan impian terdekat nya adalah berenang dengan ubur-ubur dan terumbu karang di sekitar Maratua dan Kakaban di Kep. Derawan. Bahri sudah berpengalaman snorkeling dan menyelam di lautan dengan kedalaman sedang di sekitar Biduk-Biduk.


Bahri, the next diver from Biduk-Biduk.


Selamat menjelajah..!

Banjarmasin, 4 Juni 2013.

Nasrudin Ansori

Traveler, Travel Writer, Travel Organizer

Twitter @TripKalimantan





18 komentar:

Fradita Wanda Sari mengatakan...

Wah kakak, tiba2 update langsung bikin ngiler. Huwaaa. Thanks for the info ya kak, tahun ini emang ada rencana mau ke Berau :D Btw, waktu ke Derawan kemaren ikut paket tour apa enggak? Kalo ikut, recommend gak?

fanady mengatakan...

wonderful

Realitygazer mengatakan...

Niiiicee..

Ga nyangka ad lg destinasi must-visit dari pulau kita sendiri.
Mksh bang anas infonya!

Ojat mengatakan...

kapan2 harus ke sini nih... mantabbb

cumilebay.com mengatakan...

Eh busyet ... kok bisa air nya 2 rasa ??? tp asin atau tawar nya jelas terasa beda nya ????

Norma Yunita mengatakan...

bagi saya Danau Labuan cermin "ga biasa-biasa saja" setiap orang ga harus kesana,tapi bagi yg sudah pernah kesana selalu ingin kembali kesana lagi.supaya bisa menemukan gerombolan ikan,maka beranikan diri ke tengah-tengah Danau atau dekat pompa PDAM karena ikan-ikan suka berkumpul disitu tanpa terganggu kapal atau manusia/jika ingin melihat batas lapisan air tawar&air asin sangat sulit kalau hanya dengan snorkeling Gear,karena saat pasang kedalaman air 23 meter sedangkan saat surut 14 meter.jadi cara menikmati keindahan Labuan cermin tiap orang berbeda-beda.itu pendapat saya :)

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/

banjarmasin craft mengatakan...

thanks all komen nya..

maaf baru balas...inti nya, nikmati destinasi Indonesia mumpung msh ada ksempatan...:)

Gitarius Santosa mengatakan...

setelah lebaran kemarin ke derawan, taon ini wajib ke biduk2 kalo gini, btw mau tanya aja kira2 berapa lama waktu ideal pp menghabiskan waktu disana ? perjalanan dimulai dari tanjung redeb. soalnya saya bekerja jadi waktunya engga fleksibel. thanks feedbacknya

Koper Traveler mengatakan...

pengen kembali ke sana lagi, yang pasti masih banyak sapi berkeliaran ya.

nasrudin ansori mengatakan...

Gitarus :

maaf telat balas..minimal 3 hari 2 malam total trip nya...sdh termasuk perjalanan pp dr Tanjung Redeb bro..

nasrudin ansori mengatakan...

Koper Traveler :

iya jalur dr Labuan Cermin menuju Teluk Sulaiman banyak sapi..tp desa nya bersihh banget ya,,kangen suasana nya...

KATIMAN SURABAYA mengatakan...

Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya adalah orang yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan suatu saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada dukun yang bisa menembus semua nomor yg namanya MBAH WITJAKSONO dan saya meminta nomor MBAH WITJAKSONO pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya langsun menghubungi MBAH WITJAKSONO dan alhamdulillah dgn senang hati MBAH WITJAKSONO ingin membantu saya asalkan saya bisa memenuhi pendaftaran untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 7x putaran dan alhamdulillah itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih banyak kepada MBAH WITJAKSONO berkat bantuan beliau,sekaran saya sdh mau membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa mengunkapkan dengan kata kata,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH WITJAKSONO di 0852_2223_1459 MBAH WITJAKSONO memang para normal yg paling terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya cuma bisa menguras uang orang,jika ada yang memakai atau mengambil pesan ini tanpa ada nama MBAH WITJAKSONO dan nomor beliau itu cuma penipuan dan itu cuma palsu,,ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya. http://togelsingapu.blogspot.com/

Muhammad Ogie mengatakan...

Update terbaru september 2015 perjalanan menuju Kec. Biduk-biduk dari balikpapan tembus 14-15 jam Dapatkan paket wisata menarik dari kami dan bonus untuk anda yang tertarik trip jalur darat via balikpapan samarinda bontang sangatta

Kami melayani transportasi travel darat mobil carteran tujuan luar kota Samarinda- Balikpapan- Bontang- Sangatta- Bengalon- Sangkulirang- Muara Wahau - Tanjung redep- danau labuan cermin Biduk biduk Berau- Sebulu- Muara Kaman- Kota bangun- Melak-Penajam- Tanah grogot Banjarmasin (Kalimantan Selatan) lintas kalimantan timur

More info 085247977969/ whatsapp tidak melayani sms, pin bbm 76a4390
FB: muhammad nur ogi'e
http://returnofthecondorheroes.blogspot.com/

Amy mengatakan...

Keren, tapi saya pernah denger pantai biduk-biduk, Itu sama nggak ya sama teluk sulaiman kaya di atas? Atau pantai biduk-biduk itu nama sebuah pantai juga?

adhi maspamuji mengatakan...

akses menuju tempat nya gimana?
Inzanami

Yoyo Pariwisata mengatakan...

ijin share gan bisa hub saya di 085345190468 tks admin

Yoyo Pariwisata mengatakan...

ijin share gan bisa hub saya di 085345190468 tks admin