Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Snorkeling Trip di Pantai Angsana, Tanah Bumbu Kalsel


Pada musim kemarau, Pantai Angsana memiliki air yang sangat jernih. Ombak yang tenang dengan pasir yang cukup putih menjadikan nya sebagai tempat yang layak dikunjungi di Kalsel. Terutama bagi pecinta wisata bahari. Pantai Angsana memang belum populer, bahkan bagi warga Kalsel sekalipun. Padahal pantai ini jauh lebih bagus bila dibanding pantai-pantai lain yang justru lebih dikenal warga Kalsel seperti Pantai Takisung dan Pantai Batakan.


Saya dan kawan-kawan di komunitas Banjarmasin Traveler sebuah organisasi non formal di kalangan penggiat jalan-jalan, memutuskan untuk pergi ke Pantai Angsana. Dengan sebuah mobil kami melaju ke sebuah kecamatan kecil di Kabupaten Tanah Bumbu. Sekitar 4 jam perjalanan darat dari Banjarmasin.

Pantai Angsana memiliki pasir yang landai dan panjang. Deburan ombak nya sangat indah. Di tepi pantai nya terdapat banyak pepohonan rimbun. Pantai nya pun relatif lebih bersih dan tertata. Kendala utama di Pantai Angsana adalah tidak tersedia nya fasilitas seperti penginapan. Sehingga wisatawan yang berkunjung kesulitan jika ingin menginap di pantai ini. Cara lain yang paling mungkin dipilih adalah menginap di rumah warga di sekitar pantai atau mendirikan tenda/camping.

Kami pun memilih untuk menginap di sebuah bangunan kecil di dekat pantai. Bangunan yang tak terawat tersebut terpaksa harus dibersihkan terlebih dahulu. Dengan berbekal karpet dan sarung, saya dan kawan-kawan pun bisa nyaman berada di bangunan tersebut. Debur ombak terdengar sayup-sayup diluar sana. Disudut lain, salah seorang kawan saya tengah mendirikan sebuah tenda kecil di bibir pantai.


Menjelang tengah malam, saya berjalan ke arah dermaga kayu. Disana saya menemui beberapa orang warga lokal tengah asyik memancing ikan. Langit malam tampak jernih. Angin laut tidak begitu kencang.

Panjang jembatan kayu tersebut sekitar 200 meter. Dari ujung jembatan, pemandangan pantai dan lautan yang membentang sangat indah. Bagang-bagang milik nelayan juga terlihat dari atas jembatan, karena bagang-bagang itu diberi penerangan lampu yang redup-redup. Setiap sore hingga malam hari, banyak warga sekitar desa Angsana memancing ikan laut disini. Banyak jenis ikan laut yang bisa didapat.

Menyaksikan matahari senja maupun pagi hari dari atas jembatan adalah hal menarik lain yang bisa dilakukan di Pantai Angsana. Pengunjung juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Ikan segar tersebut bisa dimasak dengan cara mengupah warga sekitar untuk memasaknya. Pada waktu tertentu, segerombolan lumba-lumba terkadang muncul di sekitar laut Angsana. Karena memang di sekitar Angsana terdapat banyak terumbu karang yang masih alami.


Daya tarik utama Pantai Angsana adalah kekayaan biota laut nya. Termasuk terumbu karang berbagai bentuk di dalam nya. Lokasi populer untuk snorkeling dan diving adalah spot Batu Anjir, Sungai Dua Laut dan Karang Kima. Khusus untuk spot Batu Anjir dan Karang Kima, lokasi nya berada sekitar 30 menit ke tengah lautan. Maka pengunjung harus menyewa kapal milik nelayan setempat.  Sedangkan lokasi Sungai Dua Laut berada di titik lain.

 
Ada sebuah tempat penyewaan peralatan selam dan snorkeling yang sangat lengkap di sekitar pantai. Sehingga bagi penyelam tak perlu repot membawa alat selam lagi. Harga sewa sudah ditetapkan oleh pihak penyewa. Mereka juga menyediakan jasa pemandu alias dive master. Dalam paket tersebut sudah termasuk alat selam atau snorkel lengkap, kapal, makan dan tentu saja dive master nya. Penyelam akan diajak ke tempat-tempat penyelaman yang terbaik di sekitar laut Angsana.

Yang paling menarik di Angsana adalah gugusan terumbu karang yang terbentang di perairan nya. Sebut saja Batu Anjir, Karang Kima dan Sungai Dua Laut. Diving dan snorkeling adalah dua opsi aktivitas yang makin melengkapi wisata bahari di Angsana. 

Kami melaju dengan kapal sewaan milik nelayan lokal menuju laut lepas. Batu Anjir dan Karang Kima nama spot nya. Di dua titik inilah kami melakukan aktivitas snorkeling. Berenang dengan alat snorkel agar bisa menyaksikan kehidupan di dalam laut seperti terumbu karang, ikan berbagai jenis, hingga tumbuhan laut lain nya. Yang menarik adalah di laut Angsana sangat mudah ditemui ikan badut atau yang lebih populer disebut ikan Nemo.



Laut sangat jernih dan langit pun biru sekali. Sehingga aktivitas snorkeling semakin bagus. Karena paparan sinar matahari akan membuat pengamatan selama snorkeling di dalam air laut akan terbantu. Tak terasa sudah 3 jam kami snorkeling non stop di lautan. Baik di Batu Anjir maupun Karang Kima. Ada cukup banyak terumbu karang yang rusak, karena umum nya terpanggang sinar matahari langsung. Ini dikarenakan bila air laut surut, ada beberapa terumbu karang yang menyembul ke permukaan. Sehingga akan rusak bila kena sinar matahari.


Ancaman lain yang cukup serius adalah adanya pelabuhan khusus batubara di lautan Angsana. Banyak warga lokal mengeluhkan hal ini, karena kata nya serpihan batubara akan meluber ke lautan. Dan itu akan mengancam terumbu karang di lautan. Dan imbas nya adalah akan merusak habitat asli ikan-ikan di dalam nya, karena ikan-ikan laut tersebut sangat bergantung pada terumbu karang.

Pantai Angsana terketak di Kabupaten Tanah Bumbu, sekitar 4 jam perjalanan darat dari Banjarmasin. Pantai Angsana berada di balik rimbunnya perkebunan kelapa sawit milik sebuah perusahaan perkebunan. Banyak angkutan umum tujuan ke berbagai kecamatan di Tanah Bumbu, termasuk Angsana. Tarif mulai dari Rp 40 ribu saja. 






TIPS PENTING :

Bagi yang snorkeling di manapun di Indonesia, khusus nya laut Angsana, hati-hati lah saat ber snorkeling. Jangan sampai kegiatan snorkeling Anda merusak terumbu karang di dalam nya. Jika anda mengalami kelelahan saat berenang, jangan sekali-kali Anda menginjakkan kaki di atas terumbu karang. Karena ada beberapa jenis terumbu karang yang mudah sekali rapuh jika terinjak kaki kita. Istirahat lah dengan menggunakan pelampung, dengan cara mengapung di air, kaki jangan di letakkan di atas terumbu karang. Pertumbuhan terumbu karang sangat lamban, namun merusak atau mematahkan terumbu karang tersebut hanya sekejap saja. Jangan sampai Anda termasuk orang yang merusak kekayaan alam tersebut. Mari jaga kelestarian terumbu karang Indonesia termasuk di Pantai Angsana, Kalsel. 

 Banjarmasin, 12 September 2012 

16 komentar:

... mengatakan...

wow.. menarik sekali. kebetulan saya akan ke Banjarmasin dari tanggal 15-17 Oktober, rasanya ingin sekali ke Pantai Angsana itu..

nasrudin ansori mengatakan...

thanks mba atas kunjungan nya...

bisa saja kesana, asal sistem sewa mobil..kalo angkutan umum susah soal nya gak bakal cukup waktu nya, 3 hari itu..

yg paling wajib kunjung adalah pasar terapung Lok Baintan, soto Banjar bang amat, dll..

thanks

Anonim mengatakan...

mas nasruddin, bisa ikut nimbrung ga nih. pengen pergi sama2 temen2 dari bjm ke pantai angsana.
mau nanya transportnya gimana? terus makanan dan penginapannya yang sesuai budget mahasiswa, tapi lumayan dimana ya? trims

Anonim mengatakan...

dari banjarmasin lwat mna yg pling deket mas ??

mohon bimbinganya

Rizky Hafiz mengatakan...

di sana ada di sediakan lengkap peralatan kah mas? termasuk baju pelampung itu?

fachriah azzahra mengatakan...

Salam, ulun org angsana. Sekarang pantai angsana ada penginapannya, jd gk prlu khawatir utk nginap.. Dan untuk baju pelampung juga ada, bahkan ada banana boat dan jetski juga all.

Anonim mengatakan...

Saya belum pernah ke Pantai Angsana, bisa dijelaskan arah tujuannya?
kec. angsana kab. tanah bumbu

mamah azka mengatakan...

OMG.... Nice info :)
Saya lahir di Pelaihari tapi baru tahu ada pantai ini...
Saya dan keluarga hingga ke Gili Trawangan buat snorkling. Bahkan ada planing ke kepulauan seribu, buat snorkling.
Sepertinya patut dicoba saat pulang kampung nanti:)
Ada rekomendasi tempat menginap?
Sekalian refrensi harga sewa dong :)
Trims

Cantik itu indah mengatakan...

Mamah Azka : Kata temen saya ada penginapan di dekat pantainya mah.

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/

Ije Rahman mengatakan...

Saya bulan lalu ke pantai angsana ^_^
Kalau emang mau snorkling bagusnya perginya dari banjarmasin jangan pagi.. entar kalo sampai takutnya malah kesiangan
Kalo nya kesorean juga ombaknya malah besar
Saran saya sebaiknya menginap.. bisa menginap dirumah warga dan jangan lupa bawa PB atau power bank buat jaga-jaga charge kamera dan hp.. soalnya disana belum ada listrik.. tapi sudah ada sih bantuan pemerintah listrik tenaga surya ^_^

endro johni mengatakan...

Angsana.. pantai yang indah, referensi yang bagus buat yang suka laut sama terumbu karang

dwi mayasari mengatakan...

trims infonya kami bulan depan mau kesana syukur deh kalo ada penginapannya

Podjok Jogja mengatakan...

Ke Jogja Coy, bisa snorkeling di Pantai Sadranan atau Pantai Nglambor Gunungkidul

Iwan Transport Jogja Rental Mobil dengan layanan antar jemput atau Rental Lepas Kunci juga menyediakan Bus Wisata Murah untuk berwisata di Jogja
Sewa Mobil Jogja www.iwantransport.com
Rental Mobil Matic www.rentalmobilyogya.net
Rental Mobil Lepas Kunci www.rentalmobillepaskunci.com
Sewa Bus Wisata Jogja www.sewabuswisatajogja.com
Media Pendukung Wisata Jogja www.podjokjogja.com

Abdul Wahab mengatakan...

Yg ingin menginap di pntai angsana hub. 082322415745 (penginapan mama ilin)

Miqdad mengatakan...

wisata di indonesia masih harus bnyak yang di jamah nih.... mantap mantap mas... ok....