Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Pesona Tenggarong di Malam Hari


Selepas melaksanakan ibadah sholat Maghrib di Islamic Center Samarinda yang sangat megah, saya bersama tiga orang teman segera beranjak ke Tenggarong. Sebuah ibukota kabupaten terkaya di negeri ini. Konon PAD yang berhasil dikeruk Kutai Kartanegara mencapai trilyunan rupiah. Sebuah kekayaan yang sangat kontras dengan PAD beberapa kabupaten di Pulau Jawa yang hanya puluhan milyar.

Kami hanya menaiki sepeda motor ke Tenggarong. Jalan utama yang menghubungkan Samarinda menuju Tenggarong berupa jalan yang meliuk-liuk membelah beberapa perbukitan. Jalan agak gelap dan sedikit menantang. Entah kenapa ratusan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang kami lalui tak ada yang menyala. Sedikit ironis mengingat lampu-lampu jalan itu berdiri tegak di kabupaten kaya raya.

Saya juga menemui sebuah lokasi tambang batubaru di sebelah kiri jalan arah Tenggarong. Meski samar-samar, namun saya yakin jika lokasi tersebut merupakan lahan tambang yang masih di eksploitasi. Saya agak sedih mengetahui hal ini, karena lokasi tambang berada tidak jauh dari dua buah kota, yakni Samarinda dan Tenggarong. Bahkan parahnya, tambang emas hitam itu juga pasti mengancam lingkungan sekitar yang merupakan sisa-sisa perambahan hutan masa lalu. Semakin parah saja kondisi alam di sekitar nya.





Atraksi paling popular di Tenggarong adalah memandangi megah nya Jembatan Kartanegara yang membentang di atas Sungai Mahakam di malam hari. Tak seperti kebanyakan jembatan megah di berbagai kota lain di Indonesia, jembataan kebanggaan warga Tenggarong ini dihiasi begitu banyak lampu. Tak heran jika seluruh bentuk jembatan, sangat terlihat jelas di malam hari. Karena ribuan lampu dengan sorot terang terpasang kokoh di setiap lekuk jembatan. Sehingga bangunan jembatan benar-benar sangat cantik dan semarak di malam hari. Bias lampu nya pun memantul indah di atas permukaan air Sungai Mahakam di bawahnya.



Desain jembatan sekilas mirip Jembatan Barito di Banjarmasin. Bahkan banyak yang bilang mirip Jembatan Golden Gate di Amrik. Tiang pancang nya sangat kokoh, dengan warna kuning membungkus baja-baja kuat tersebut. Menancap kokoh hingga dasar Sungai Mahakam, salah satu sungai raksasa di Asia Tenggara. Sungai yang menjadi kebanggaan para backpacker asing maupun lokal untuk menjelajah menggunakan kapal sungai hingga ke hulu nya. Karena katanya banyak objek unik yang ada di hulu Sungai Mahakam, seperti perkampungan Dayak Kenyah, Danau Jempang, Danau Semayang, hingga jeram-jeram menantang. Bahkan jika beruntung, sekumpulan ikan pesut bisa ditemui di beberapa titik di sekitar sungai. Ikan yang sangat langka, yang menjadi ciri khas Sungai Mahakam.

Saya juga mengunjungi Museum Mulawarman, makam-makam raja Kutai, kedaton hingga sebuah masjid tua. Lokasi nya berdekatan. Selain tempat-tempat bersejarah tersebut, saya juga mengunjungi tepian Sungai Mahakam di sekitar Jembatan Kartanegara untuk sekedar makan malam. Menu yang saya pilih adalah lalapan nila goreng. Sambil menyantap lalapan, saya juga bisa menyaksikan kemegahan jembataan kebanggaan warga Kutai tersebut.

Rute :
Kota utama untuk memasuki Kaltim adalah Balikpapan. Bandara Internasional Sepinggan banyak melayani rute pesawat dari berbagai kota termasuk Jakarta. Dari Balikpapan anda bisa menggunakan bis umum menuju Samarinda sekitar 2,5 jam dengan tarif Rp 20 ribu saja. Dari Samarinda menuju Tenggarong hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Sewa ojek ataupun menumpang angkutan umum adalah pilihan yang tepat. Banyak pilihan objek wisata lain di Tenggarong, diantaranya adalah Pulau Kumala, planetarium, dan lain sebagainya.

10 komentar:

iezul mengatakan...

wahhh mantap bener nas.....jadi tukang ojek disana, kira2 payu lah...hehe

Zian X-Fly mengatakan...

Payuai julai, asal jangan ikam ja.

Lomar Dasika mengatakan...

apakah dirimu bertemu dengan pesutnya Nas? *penasaran*

nasrudin ansori mengatakan...

@ izul :

payu banar..kam handak jjd tukang ojek kah disana??hehe

@ zian :

hahaha...:P

@ lomar :

sayang bgt mar gw ga nemu itu pesut...hikss...
katanya sih populasi pesut adanya di hulu mahakam sono...

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

Saya pernah ke Tenggarong satu kali waktu saya masih kecil dulu,memang pesona keingahan kota ini juga tak kalah dengan kota yang lain...

nasrudin ansori mengatakan...

@ arif :

sekarang Tenggarong sdh mapan, dia punya stadion megah yg atap nya bisa nutup buka sendiri, trus disana ada planetarium dll..makasih ya atas komen nya,..kamu emang pengunjung setia blog ku...:)

emma mengatakan...

hha,keren...keren..jadi pengen liburan keliling kalimantan..

nasrudin ansori mengatakan...

@ emma :

kalimantan emg keren kok...coba aja buktikan....makasih udah main ke blog saya...:)

Curhatan Aqu_Ayhu_A mengatakan...

Jadi kangen kampung halaman.., ^^

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/