Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Kunjungan ke Museum Bersama Blogger Kalsel


Ulang tahun sebuah komunitas tak melulu dirayakan di sebuah restoran mewah atau tempat rekreasi semacam waterboom.Museum pun ternyata bisa menjadi lokasi yang menarik untuk merayakan hari jadi tersebut.Pada hari minggu tanggal 24 Januari 2010, komunitas blogger terbesar di Kalsel mengadakan kunjungan bersama ke museum provinsi di Banjarbaru.Sekitar jam 10 pagi, acara di awali dengan pemaparan singkat tentang museum yang bernama Museum Lambung Mangkurat tersebut.



Dipandu Aris, acara pembukaan berlangsung lancar.Banyak ilmu yang didapat, karena pengelola museum Bapak Drs. Ikhlas Rudi Prayogo M .Hum begitu lancar dalam memberikan penjelasan tentang sejarah dan perkembangan museum terlengkap di Kalsel itu.Bahkan segala kendala yang dihadapi museum juga dibeberkan kepada puluhan blogger, termasuk saya.



Saya bahkan diberi kesempatan berbicara di depan seluruh peserta yang ada di aula milik museum.Secara singkat saya memberi masukan kepada pengelola museum, diantaranya tentang kegiatan yang melibatkan anak-anak sekolah untuk mau berkunjung ke museum.Harapan saya agar museum tak hanya menjadi bangunan megah yang berisi bukti-bukti sejarah dan budaya Kalsel, tapi menjadi lokasi pembelajaran bagi warga Kalsel maupun wisatawan yang berkunjung.




Kegiatan selanjutnya adalah mengunjungi setiap koleksi yang dimiliki museum.Seperti pintu masuk berupa ukiran khas Banjar yang disekitarnya terdapat kaligrafi Arab.Menurut Bapak Ikhlas, maksud dari ukiran kaligrafi Arab tersebut adalah agar orang yang memasuki sebuah ruangan di dalamnya mendapat pertolongan dari Tuhan.



Tak berhenti sampai disitu, kami juga di berikan pengetahuan tentang karakter wajah asli penduduk Kalsel.Diantaranya Banjar Pehuluan, Banjar Kuala, Dayak Meratus dan lain sebagainya.Dari sana saya menjadi tahu jika Kalsel yang dijuluki Bumi Lambung Mangkurat ini memiliki banyak keunikan, termasuk karakter fisik warganya.



Koleksi berikutnya adalah sebuah miniatur rumah adat Banjar, yakni jenis bubungan tinggi.Dari sana saya dan puluhan blogger lain mengetahui bahwa rumah Banjar jaman dulu mempunyai ruangan khusus untuk “memingit” calon pengantin wanita sebelum pelaksanaan resepsi pernikahan.Ternyata rumah Banjar tak hanya bergaya bubungan tinggi, tapi ada juga rumah Banjar gajah baliku, gajah manyusu, anjung surung, balai laki, balai bini, tadah alas, palimbangan dan palimasan.

Hingga kini rumah Banjar banyak ditemui di seantero Kalsel, termasuk diantaranya di desa Telok Selong Kabupaten Banjar.Oleh pemerintah setempat, rumah Banjar bubungan tinggi yang berusia sekitar 2 abad tersebut telah dijadikan sebagai cagar budaya Kalsel.Selain rumah peninggalan sejarah masa lalu, banyak bangunan milik pemerintah yang bergaya rumah Banjar diantaranya rumah jabatan gubernur dan gedung DPRD Kalsel di Banjarmasin.



Masih di dalam museum, saya kembali menemui koleksi museum yang di dalamnya terdapat berbagai peninggalan ulama tersohor Kalsel, Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjari.Ulama yang dijuluki sebagai Datu Kelampayan tersebut telah berhasil mengarang kitab terkenal bernama Sabilal Muhtadin.Secara tersirat, arti dari judul kitab itu artinya adalah jalan menuju kemenangan.

Dari kunjungan singkat itu, saya dan puluhan blogger lain yang tergabung dalam Kayuh Baimbai berharap agar museum kebanggaan urang Banua tetap menjadi destinasi rekreasi untuk mengenal bukti sejarah dan budaya Kalsel.




Harapan yang sama juga di paparkan oleh Abah Arsyad.Bahkan beliau berharap agar sebagai blogger mampu mempromosikan budaya dan sejarah Kalsel termasuk dengan menyebarkan informasi tentang Museum Lambung Mangkurat.Karena menurutnya, produk internet termasuk blog sangat efektif dalam menyebarkan secara luas tentang potensi yang ada di Kalsel.



Buat teman-teman sesama blogger, mari promosikan potensi wisata dan budaya Kalsel, termasuk keberadaan Museum Lambung Mangkurat.

Banjarmasin, 26 Januari 2010

20 komentar:

iezul mengatakan...

wahhh mantap nassai fotonya,,,kada sia-sia kam berpose seksi banar semalam lah....wkwkwkwkwk

aap mengatakan...

Bujur jar iezul ,,mantap banar gaya memotonya...! oke..maju terus KKB...!

nia mengatakan...

Mari .. ikut promosikan museum kebanggaan masyarakat Kalsel

anna mengatakan...

kok anna ga tau ada acara ituh :(

iya iya maaf deh ga ada nengok ke blog kayuh baimbai :D

..:: Zian X-Fly ::.. mengatakan...

Kalau menurut saya, serunya itu karena kebersamaannya, bukan tempatnya. Tapi museum memang tempat yg paling pas, karena bisa mengambil pelajaran, tidak hanya bersenang-senang.

Rizal mengatakan...

sippp nas .. wlau kd smpat masuk td .. foto2 imak cukup menggambarkan suasana didalam nas .. mana lagi fotonya?

InDaH mengatakan...

majuuuu lanjutkan..promo2...ayu2 bubuhannya ke museuman lagi...hehhehe

nasrudin ansori mengatakan...

@ izul :

foto seksi aku masuk koran Radar.haha'

@ aap :

maju juga blog sampeyan

@ nia :

yuk mari...:))

@ anna :

wah sayang ya gak ikutan.,padahal seru lho...

@ zian :

yup, kebersamaanlah yg bikin acaranya makin seru

@ rizal :

kam telat ya zal??? :)

@ indah :


yuk ke museum lagi???hehe

laili mengatakan...

setubuh--eh salah setuju Nas,, mari kita ke Museum....tulisannya mantap nas ai..

Andripm a.k.a Kopral mengatakan...

i love u full..

annosmile mengatakan...

wah rame banget kopdarnya
semoga museum2 di indonesia tetep terawat dengan baik
btw foto kamu yg mana tuh

Qori mengatakan...

nyaman manglah ada nang dijeprat-jepret...mengabadikan objekan.
Moga Kayuh Baimbai wan Kalsel maju aja dah...
kada mundur-mundur..Keep spirit manglah,,,

mlaku-mlaku mengatakan...

mantap foto2 nya buk..mang raja angle lo bro...hehehe...maju trus KKB..:)

anas mengatakan...

@ laili :

thanks...

@ andri :

pkbr om?

@ annosmile :

aminn...

@ qori :

keep spirit juga buat mu..

@ mlaku2 :

haha akhirnya muncul juga kau ya,,

Kodoy|Net|Blog mengatakan...

hhaaahhhhaayyyyyy......keerrrraeennnn.,...


saya ga bisa ikutt kemarinn...... *sedih...

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

Alhamdulillah,,,

Di Ultah "Kayuh Baimbai" yg ke-dua ini,Ulun bisa ikutan nimbrung.Walaupun masih kaku untuk bersenda-gurau sma anggota KB yg lainnya,,,

Tapi Ulun sempat ngeliat Mas Anas loh...

Salam.

annosmile mengatakan...

kok belum update bro
btw neh promosi blog baru berbahasa inggris
klo berkenan numpang link ya

Landscape of Borneo mengatakan...

Sip sip

abond sayu mengatakan...

Nang, ada cerita tentang pengantin yang di museum banjarbaru lah..kalo'x ada kasih tau yack.. ni fb aq... abond sayu

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/