Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Indahnya Pesona Sungai Amandit di atas Ban Mobil


Libur awal tahun tepatnya di tanggal 1 Januari, saya manfaatkan menikmati kembali pesona Pegunungan Meratus di Loksado, sebuah kecamatan yang beberapa tahun ini makin popular di kalangan wisatawan domestik maupun asing.Selain air terjun Haratai & sumber air panas Tanuhi, banyak objek wisata menarik yang ada di kawasan Loksado.Seperti bamboo rafting sepanjang Sungai Amandit dengan menggunakan rakit bambu, kampung Dayak Meratus, balai adat, kampung Buah (kebun adat milik warga Loksado), air terjun Riam Hanai, air terjun Kilat Api, air terjun Pemandian Anggang, acara adat Aruh Ganal dan masih banyak lagi objek lain yang bisa ditemukan di Loksado.

Jika pada kunjungan sebelumnya saya bersama puluhan teman dari berbagai kota menikmati seru nya bamboo rafting, maka kunjungan kali ini saya manfaatkan dengan menjajal petualangan di atas sebuah ban dalam mobil.Hanya perlu Rp. 3 ribu saja, ban berdiameter sekitar 1,5 meter itu bisa saya pakai sepuasnya.Diatas ban mobil itulah saya bersama beberapa teman mengarungi derasnya Sungai Amandit.



Rute yang kami pilih tidak terlalu jauh, mengingat kami tidak menggunakan jasa pemandu selama susur sungai.Maka hanya rute yang kami kenal lah yang dipilih untuk menjajal pesona Sungai Amandit yang air nya sangat jernih itu.Rute pertama yang kami pilih adalah dermaga bamboo rafting di sekitar Wisma Loksado menuju jembatan gantung yang ada di sekitar SMP negeri Loksado.Waktu tempuh sekitar 15 menit.



Jika sudah sampai di titik finish, maka ban mobil segera kami giring ke tepian sungai.Karena arusnya yang sangat deras, maka dengan susah payah kami merapatkan ban mobil tersebut.Dari sana kami kembali ke rute awal di dermaga bamboo rafting, dengan berjalan kaki sambil menggiring ban mobil diatas jalan beraspal.Untuk menghemat waktu, kadang kami berlari-lari kecil sambil memutar ban mobil agar bisa cepat menggelindingnya.




Beberapa menit kemudian, saya bersama teman lainnya tiba kembali di sekitar dermaga.Tapi kali ini, teman saya mengajak rute yang agak jauh sekitar 100 meter dari dermaga.Maka dengan penuh semangat kami lajukan kaki sambil menggiring ban mobil ke arah perkampungan Suku Dayak Meratus yang dihubungkan oleh sebuah jembatan gantung.



Sesampainya di titik yang strategis, kami menemui beberapa anak-anak Loksado yang sedang asyik mandi di Sungai Amandit.Tampaknya mereka sangat menikmati kehidupan sederhana yang mereka miliki.Hidup berdampingan dengan alam yang indah dan asri.Benar-benar kehidupan yang banyak dimimpikan oleh warga perkotaan seperti warga Banjarmasin.



Ternyata anak-anak Dayak Meratus yang kami temui juga bermain diatas ban mobil sambil menceburkan di atas Sungai Amandit.Maka tak ragu, kami ajak mereka untuk mengadakan balap singkat diatas ban mobil.Keceriaan mewarnai perjalanan sepanjang sungai, meski kami belum saling mengenal satu sama lain.Ternyata, kami dikalahkan oleh anak-anak kecil tersebut, dan kami pun terpaksa mengakui kekalahan telak itu.Ban mobil kami kalah cepat dengan ban yang mereka naiki.



Untuk menikmati pesona Sungai Amandit, anda cukup mengunjungi Loksado yang hanya berjarak 4-5 jam perjalanan darat dari Banjarmasin.Jika tak membawa kendaraan pribadi, maka bisa dipilih angkutan umum yang melayani rute Banjarmasin ke Kandangan.Angkutan umum bisa ditemui di Terminal Pal 6 Banjarmasin.Biaya sekitar Rp 30 ribu saja.Setibanya di terminal Kandangan, anda bisa memilih angkutan umum menuju Loksado dengan tarif sekitar Rp 12 ribu.Tapi kata banyak orang, angkutan ke Loksado agak terbatas.Diatas jam 12 siang, sudah tidak ada lagi angkutan umum yang melayani rute Kandangan ke Loksado. Maka anda bisa memilih jasa ojek sepeda motor jika kehabisan angkutan mobil.Jasa ojek dikenakan Rp 50 ribu sekali jalan.



Di Loksado anda bisa menginap di Wisma Loksado dengan tarif Rp 180 ribu untuk 2 orang, Cottage Tanuhi dengan tarif Rp 250 ribu untuk 4-6 orang, atau di Wisma Amandit di Muara Hatip dengan tarif sekitar Rp 200 ribu untuk 2-4 orang.Masing-masing penginapan memiliki pemandangan yang berbeda-beda.Di Wisma Loksado anda akan disuguhi pemandangan Sungai Amandit yang bergemuruh sepanjang waktu, di Cottage Tanuhi terdapat pemandangan kolam renang dan sumber air panas serta perbukitan hijau sedangkan di Wisma Amandit, kamar tidur anda langsung menghadap Gunung Kentawan yang menjulang tinggi serta perbukitan kecil di sekitarnya.



Di sekitar Loksado ada beberapa warung makan sederhana, yang umumnya menyediakan masakan khas Banjar.Rata-rata 1 porsi makanan dikenakan sekitar Rp 10 ribu.Di sekitar Wisma Loksado lah yang paling banyak terdapat warung makan.Selain itu, Wisma Loksado sangat dekat dengan dermaga bamboo rafting, terminal penumpang, pasar Loksado, kios, serta ada lahan parker yang luas dan aman.

Bagi yang mau menyewa ban mobil, maka carilah tempat penyewaannya di sekitar Wisma Loksado.Mengingat letaknya yang sangat strategis, maka tak salah jika saya merekomendasikan anda untuk memilih hotel ini sebagai lokasi menginap selama di Loksado.

Banjarmasin, 5 Januari 2010

29 komentar:

yulian mengatakan...

Wah ramenya ih..jalan jalan terus...
serrrruu...

nasrudin ansori mengatakan...

thanks mas...
jalan2 emang mengasikan...gak habis2nya..hidup nikmat jadi nya...

Kaos Hy Munk, matan banjar wal ai... mengatakan...

lawasnya ai kadada ke malaris lagi ih...hahahaha...disasah anjing wan babi..ditawakan urang sawarungan..

annosmile mengatakan...

apa ndak berbahaya tuh naek ban di sungai yang deras
tapi kayaknya asyik juga tuh..
kapan-kapan mau nyoba

aap mengatakan...

Mantap.....segar lihat airnya..!

nasrudin ansori mengatakan...

@ hymunk :

haha...makanya hati2 ama binatang disana..:P

@ annosmile :

seru banget meski berbahaya juga..hehe

@ aap :

bener bgt

Lomar Dasika mengatakan...

Nas....ada kemungkinan nyebur gak sih? atau bener2 aman? jadi bisa donk bawa kamera sambil tube-rafting?

anyway, sayang yah angkot ga ada selepas pukul 12...para backpackers kebingungan dech. ojek kan lumayan mahal juga :( hiks....

Lomar Dasika mengatakan...

satu lagi, itu kan raftingnya pendek yah hanya sekitar 150meteran? jadi kembali ke titik asal bisa dengan mudahnya donk yach? :D

anna mengatakan...

Hai,, lama ga berkunjung kesini.
Masih dengan jalan2nya yaaa..
lagi2 saya masih belum sempat ke loksado, saat teman2 kesana saya gak ikut :(

nasrudin ansori mengatakan...

@ lomar :

Kemungkinan nyebur pasti ada..makanya hanya orang yg benar2 siap nyebur yg mau rafting pake ban ini…trus musti bisa berenang..karena rafting di Loksado gak ada safety kayak life jacket, helm dll.
Bawa kamera, jangan sampai deh..gw aja yg pegang kamera temen gw yg stay di tepian sungai..jd foto diatas adalah hasil jepretan temen gw, tp kamera nya punya gw,,,
Angkot emang terbatas cuman sampe jam 12 an…yup, backpacker2 pasti agak malas naik ojek..coz lebih murah naik angkot.
Rute yg kita pilih bebas mar…semampu nya lo rafting sampe mana..cuman musti hapal jalur balik nya ke titik awal.coz kalo kejauhan, yg ada malah dibawa arus sungai ke bagian sepi penduduk.akses aspal gak ada…hanya hutan & perbukitan hijau…jd mesti ngambil jalur pendek aja, kayak jalur yg gw pilih.
Sekitar 150 meteran, nanti balik lagi ke titik awal dengan menggiring ban di atas aspal..kalo udah di titik awal, maka rafting boleh dilanjutkan kembali..seru kan…

@ anna :

Wah ternyata jeung anna masih eksis di blog..thanks udah berkunjung kembali..segera lah ke Loksado, mumpung masih sangat alami…

annosmile mengatakan...

blom ada dana bro buat maen ke luar jawa
next time klo ada duit pasti ngikut
hehehe..
*ngelirik sidebar link blog saya kok belum ada ya*

nasrudin ansori mengatakan...

@ annosmile :

wah wah,, nabung dl deh bos...luar jawa sangat menarik lho...
hahaha, nanti segera saya link blog ente...maaf ya kelupaan mulu....

Lomar Dasika mengatakan...

hehehehe...seru...jadi modelnya Waterbom gitu yach :D kalau udah selesai, menepi, terus bawa ban kembali ke titik awal...tapi disini ga ada tangga :D
serem juga yah Nas kalau sampe nyasar masuk wilayah tanpa jalanan aspal...ntar dicariin lagi...hiyyyy
tapi seru juga nich kayanya kalau sambil bawa kamera...asal pede dan yakin aja nggak bakalan nyebur...hyakakaka...*masukin kantong anti air* :p

Agung Aritanto mengatakan...

waah asyik juga yaa wisata alam


saya pernah diajak ke riam kanan tapi saya menolak takut sayanya bikin repot tapi enak ga seeh wisata ke alam bebas

nasrudin ansori mengatakan...

@ lomar :

haha..mirip waterboom ya,,tp ini versi alami..jauhhhh lebih asik n menantang.cocok buat para backpacker...

@ agung :

wisata alam bebas sangat asik,,,,

Riam kanan bagus banget,, pemandangannya oke punya..aku aja gak pernah bosan kesana...
aku udah 3 kali kesana, dan masih pengen...

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

Fotonya kereeeeeeeen!!!

Tapi saya blom pernah ke daerah stu tuh,sayang yaa...

Manda La Mendol mengatakan...

ahhaha..lucu pake ban. *nggak bisa bayangin kalo ban-nya mbeledos..wahhh tambah seru

nasrudin ansori mengatakan...

To.arif : kamu musti ksana.seru bgt. To: la manda : haha jgn sampe gembos deh.

amri mengatakan...

huaaa.. ini rafting ala kadarnya tapi sangat menarik. Pakai helm donk om

nasrudin ansori mengatakan...

@ amri :
modal nekad om...tp asli seru banget...

DzN mengatakan...

Wuhh,
Kayaknya seru tuh main d sungai itu.
Tp lumayan serem juga. Abiz aq gak bgitu ahli renang. ^^

Salam jumpa bro...
Lama gak jumpa nih. :D

nasrudin ansori mengatakan...

@ dzn :

lama juga ya gak jumpa,,,mnakasih main kembali...
yg jelas seru bgt rafting ban itu, meski agak menakutkan,,,:))

chandra mengatakan...

nas posting lagi foto trip ke loksado yang season 2 nya..biar tambah seru..

Roby mengatakan...

waw..
saya sabtu minggu ini rencananya ke loksado, pertama kali.

annosmile mengatakan...

ngintip postingan lagi
kok belum update..

nasrudin ansori mengatakan...

@ chandra :

masih dtulis artikel nya

@ roby :

nikmati lah pesona alam Loksado

@ annosmile :

tunggu bro ya...

Kamal Ansyari mengatakan...

Tolong jaga dan lestarikan alam hutan Loksado dari penambang-penambang yang hanya menginginkan uang dan harta tanpa memikirkan kerusakan hutan nantinya.
Hutan ini adalah warisan untuk anak cucu kita di masa depan.

Anonim mengatakan...

wah mantap petualangan nya, saya pernah juga lho ke loksado jalan kaki dari kandangan, seru banget, masih alami, dulu belum ada aspal & wisma, sempat nginap dirumah penduduk dipegunungan meratus, maklum berangkatnya jam 11 siang, jadi kemaleman, ada nuansa merinding nya juga lho, sempat pake obor diperjalanan.

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/