Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Bamboo Rafting di Loksado


Bersama 22 orang teman dari berbagai kota (Jakarta,Bali, Balikpapan, Makassar, Jogjakarta, Banjarmasin), saya mengadakan petualangan di Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.Teman-teman tersebut merupakan anggota milis Indobackpacker, sebuah komunitas online yang anggotanya menyukai dunia petualangan.Beda dengan gaya wisata nya turis atau traveler, para backpacker adalah gaya wisata murah meriah.Mengutamakan kualitas petualangan dengan biaya semurah-murahnya.Belakangan semakin banyak orang-orang yang tertarik berwisata ala backpacker tersebut.

Kami mengawali perjalanan pada tanggal 27 November sekitar jam 6 pagi.Setelah resmi check out dari hotel di kawasan Lambung Mangkurat Banjarmasin, saya dan teman-teman segera meluncur ke Martapura dengan menggunakan dua buah mini bus.Di kota intan tersebut, sebagian dari kami yang beragama Islam akan melaksanakan sholat ied Idul Adha di Masjid Agung Al Karomah.

Kelar menyelesaikan sholat ied, mini bus yang membawa kami segera merayap di atas jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan Kalsel menuju Kaltim.Tiga jam kemudian kami tiba di kota kecil Kandangan untuk mencicipi kuliner khas nya, Ketupat Kandangan.Banyak penjual ketupat yang tutup, berhubung masih dalam suasana hari raya kurban.Beruntung tak jauh dari bundaran pertama memasuki kota Kandangan, kami menemui sebuah warung ketupat sederhana yang sudah buka.

Puas menikmati kuliner berkuah santan itu, mobil yang kami tumpangi kembali melaju di atas jalan beraspal.Jalanan sedikit agak meliuk-liuk, karena memasuki kawasan Loksado musti melewati Pegunungan Meratus.Hijau pemandangan dan kesederhanaan beberapa kampung di kiri kanan jalan, membuat perjalanan tak terasa membosankan.
Tiba di Loksado, kami langsung disambut suara gemuruh Sungai Amandit.Ya, di sungai yang memiliki air jernih itulah kami akan ber bamboo rafting.Sebuah wahana wisata yang sangat khas yang ada di Loksado bahkan di Indonesia.Biasanya rafting menggunakan perahu karet, tapi di Loksado cukup dengan menggunakan rakit bambu yang di rancang oleh suku Dayak Meratus.



Delapan buah rakit bambu telah siap di sekitar dermaga, masing-masing dari kami segera menuju tepian Sungai Amandit.Setiap rakit akan diisi tiga penumpang dan satu orang joki rakit bambu.Dengan cekatan, joki rakit menggiring kami mengarungi aliran Sungai Amandit yang cukup deras.Bebatuan besar maupun kecil setiap saat menghadang rakit kami.Tapi berkat kelihaian joki rakit, pengarungan sungai tetap aman.



Selama 2,5 jam mengarungi sungai, pemandangan yang kami temui sangat luar biasa.Mulai dari perbukitan hijau, rumah-rumah panggung suku Dayak Meratus, jembatan gantung, ladang hingga aktivitas suku Dayak Meratus seperti mandi, bercocok tanam dan mencari ikan di sungai.




Gemuruh Sungai Amandit terus terdengar, menambah alami suasana.Sesuatu yang langka kita temui di kota besar.Sesekali cipratan air nya menghantam badan saya.Pakaian pun sebagian telah basah terkena air sungai.



Bagi penggemar fotograpi, Loksado khususnya sepanjang Sungai Amandit adalah lokasi yang cocok untuk sekedar hunting foto.Mulai dari landscape hingga human interest.Salah satu teman saya, Tommy dari Jakarta sengaja membawa peralatan kamera ke Loksado untuk mencari objek foto.Begitu pun teman-teman lainnya.




Wahana bamboo rafting di kenakan biaya sebesar Rp 200 ribu untuk sekali jalan.Rute nya adalah dermaga bamboo rafting di sekitar Wisma Loksado hingga desa Tanuhi.Satu buah rakit bambu bisa digunakan untuk tiga penumpang sekaligus.Jika debit air sungai normal, maka bisa menampung empat penumpang sekaligus.



Waktu ideal merasakan bamboo rafting adalah sekitar bulan Desember hingga Juni.Karena jika memasuki musim kemarau, air Sungai Amandit akan menyusut.Sehingga mengurangi jeram-jeram di sepanjang sungai.Karena semakin banyak jeram, semakin dahsyat pengalaman bamboo rafting tersebut.




Untuk melihat lebih banyak foto-foto bamboo rafting di Loksado, silakan klik tautan ini :

Klik disini

Foto-foto dalam tautan tersebut adalah hasil jepretan salah seorang sahabat dari Bali bernama Tommy.

Banjarmasin, 14 Desember 2009

37 komentar:

aap mengatakan...

Mantap...pengalaman yang mengasikkan..sayang saya ngga bisa berenang jadi takut nyoba...wkkwkw

nasrudin ansori mengatakan...

@ aap :

sangat mengesankan memang..unik dan layak di coba...anak2 jakarta yg ikutan jg banyak yg gak bisa renang.modal nekad aja sih...

Lomar Dasika mengatakan...

Nas....gue penasaran...kan ceritanya lo pada naek minibus sampai SUngai Amandit itu. terus lo kan bamboo rafting 2,5 jam...harusnya jauh donk? ujungnya dimana? trus minibusnya siapa yang bawa? atau rutenya muter?
gue baru tahu satu bambu cuma bisa tiga orang. jadi ga bisa rame2 yah? ada resiko kecebur gak sih? atau sangat aman? :D

kalimantanku mengatakan...

@ lomar :

jd gini, kami naik bus sampe dermaga bamboo rafting di Loksado.bus di parkir sementara kami rafting selama 2,5 jam..finish nya di Tanuhi...nah pas kami udah kelar rafting, bus tersebut jemput kami di Tanuhi...artinya rafting tersebut cuma sekali jalan dr dermaga ke Tanuhi...

mini bus itu yg bawa sopir bayaran yg di sediakan oleh jasa rental bus di banjarmasin.

rakit maksimal bawa 4 orang termasuk joki kalo air sungai amandit tdk terlalu dalam.
tp jika dalam (sering turun hujan), maka bisa bawa 5 orang termasuk joki....

resiko kecebur kecil, coz rakit nya itu gak rawan terjungkal.beda ama perahu karet yg sering terjungkal kalo di hantam arus sungai yg kencang...

gw bilang sih aman...kita cuman duduk manis sambil foto-foto & sight seeing pemandangan,,

berniat ke Loksado mar?????

laili w mengatakan...

sedih nas, kada smpat umpat rafting..
mdhan ksmpatan lainnya kawa kesana lagi, dan tujuan utama: Bamboo rafting..

kalimantanku mengatakan...

@ lili :

ke Loksado kurang afdol kalo kd bamboo rafting...musti di coba li..mantab,,,

Rizal mengatakan...

seruu nass .. foto2nya menggiurkan ..
sukses selalu yaa dgn perjalanan2 ny ..

kalimantanku mengatakan...

@ rizal :

thanks zal...
sukses juga buat dirimu..:)))
salam blogger aja...

Manda La Mendol mengatakan...

satu rakit muat berapa orang ? wuihh nggak serem naik rakit gituan ? kalau arusnya deras khan bahaya.

nasrudin ansori mengatakan...

@ manda "

bisa namupung 4 - 5 orang termasuk joki nya....
bahaya bgt sih gak, tp seru bgt kok,,,jd lupa ama bahaya nya,,hehe

lata mengatakan...

tentu saja ssaya masih ingat... hanya saja, saya minta maf karena sudah sama sekali tidak blogwalking... kesibukan di luar :( sekali lagi saya minta maf, agar di maklumi...

terimakasih karena masih mau mampir ke tempat saya.. sekali lagi terimaksih :)

Pelangi Anak mengatakan...

Awesome experiences...cocok sekali buat yang cinta lingkungan...sayang kami belum bisa berwisata seperti itu...belum ada kelonggaran waktu dan resources hehhehh...clasic banget yah alasannya...tapi kami punya komitmen pada kelestarian alam kok....
Sip! Maju terus Mas!

kalimantanku mengatakan...

@ lata :

thanks atas kunjungannya...salam sukses selalu..aku jg jarang blogwalking nih...

@ pelangi anak :

semoga lestari selalu alam kita,..:))

Qori mengatakan...

bookmark tempat itu nah..

kena mun lulus bolehlah ulun gabung sama komunitas backpackernya.?

dx world mengatakan...

iss. ajib yah bang. btw, loksado tu masuk wilayah kaltim atau kalsel?

nasrudin ansori mengatakan...

@ qori :

boleh bgt.komunitas itu untuk umum kok...kamu wajib ke loksado...khususnya nyobain sensasi bamboo rafting & ketemu ama dayak meratus...

@ dx world :

di kalsel mba...tepatnya di kab. hulu sungai selatan...:)))

dx world mengatakan...

oh berarti ga jauh dari kandangan dong ya. kalo dari kotanya, jalan ke arah mana ya?

nasrudin ansori mengatakan...

@ dx world :

cuman 38 km dr kandangan sekitar 40 menitan.arah nya kearah pegunungan meratus...dr jembatan yg dekat pasar induk itu, ada kok petunjuk nya menuju Loksado...mudah kok jalur nya..mau kesana???sama siapa?

amri mengatakan...

astagaaa, keren banget.
foto- fotonya apalagi :)

nasrudin ansori mengatakan...

@ amri :

makanya segera ke borneo..:))

thanks yah bro,,,

pelangi anak mengatakan...

ASYIKNYA BERWISATA DI TEMPAT DENGAN PEMANDANGAN INDAH, JADI KEPENGEN PIKNIK, APALAGI BESOK UDAH MEMASUKI MASA LIBURAN.

nasrudin ansori mengatakan...

@ pelangi anak :

yuk mari kita nikmati masa liburan ini...tp kemana ya??aku jg bingung mau kemana.hehe....

Agung Aritanto mengatakan...

kalau pengen jadi anggota daftar gimana yaa?

zoel c mengatakan...

wah seru banget petualangannya

nasrudin ansori mengatakan...

@ agung :

buka aja di blog aku, sebelah kanan bawah ada logo Yahoogrups..klik aja...nanti isi form nya, asal kamu punya alamat email di Yahoo...

@ zoel c :

seru banget lho...masih pengen...

idham mengatakan...

wah asyik banget tuh....

nasrudin ansori mengatakan...

makasih mas Idham atas kunjungan n komentar nya...salam kenal..))

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

He eh Daerah Loksado memang sering saya kunjungi tapi itu waktu masih kecil.Yang saya ingat situ banyak orang dayak kaharingan....

nasrudin ansori mengatakan...

@ arief :

yup, Loksado sampe sekarang masih didiami suku dayak meratus..

Kamal Ansyari mengatakan...

Tolong jaga dan lestarikan alam hutan Loksado dari penambang-penambang yang hanya menginginkan uang dan harta tanpa memikirkan kerusakan hutan nantinya.
Hutan ini adalah warisan untuk anak cucu kita di masa depan.

annosmile mengatakan...

rafting aja saya belum pernah bro..
kapan2 nyoba rafting di kabupaten samping kotaku

fandi mengatakan...

recomended!!

ruang KM. 20 mengatakan...

minggu depan insya Allah rafting bambu ma saudara. mumpung lg pulkam . . .

Anonim mengatakan...

bro & sis, jika berkenan mohon info jalur paling mur-mer naik transport umum dari banjarmasin ke loksado. sy cm berdua dr jkt. atau, kalo ada info rental mobil yg murmer & lebih simpel ke loksado, mgkn jg bisa diinfokan ke: niko.mandala@gmail.com

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/

Alfi Sazkia mengatakan...

Gmn cara kami gabung jd anggota
Indobackpacker gmn iya

Alfi Sazkia mengatakan...

Gmn cara kami gabung jd anggota
Indobackpacker gmn iya