Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Sekapung : Desa Kecil di Pesisir Kalimantan


Saya benar-benar tidak menyangka bisa menjelajah di sebuah desa kecil yang lokasinya sangat jauh dari kota Banjarmasin.Desa itu bernama Sekapung, yang dihuni oleh ratusan kepala keluarga saja.Hebatnya, desa yang masuk di Kecamatan Pulau Sebuku Kab.Kotabaru ini memiliki pemandangan yang sangat indah.Karena lokasi nya langsung menghadap lautan lepas.



Maka tak heran jika Sekapung memiliki sebuah pantai yang langsung menempel dengan perkampungan penduduk.Menuju pantai hanya melangkahkan kaki beberapa saat, kita sudah disuguhi sebuah pemandangan laut lepas dan hamparan pasir pantai berkarang.



Di sekitar pantai ada 1 buah dermaga panjang yang terbuat dari kayu ulin.Dermaga bantuan sebuah perusahaan tambang batubara.Tak heran di sekitar Sekapung sering berseliweran speed boat mengangkut penumpang dari Kotabaru, ibukota kabupaten.Tarif angkutan speed boat antara Kotabaru menuju Sekapung hanya sebesar Rp. 60.000, dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam.Selama perjalanan, banyak pemandangan indah yang bisa dinikmati.Seperti hutan bakau, pantai, pulau kecil serta pegunungan Bamega.



Selama berada di Sekapung, saya bersama dua orang teman seperjalanan ( Gunadi & Fadil ), seringkali berkunjung dan membaur bersama warga setempat.Banyak obrolan menarik yang kami bahas selama bergaul dengan warga Sekapung.



Selain mengajak warga mengobrol, kami juga mengamati kegiatan yang ada di sana.Salah satu nya adalah salah seorang bapak paruh baya yang berprofesi sebagai pembuat tabung sumur galian.Satu buah tabung sumur dihargai Rp. 80.000.Saya pun ikut belajar singkat pembuatan tabung sumur tersebut.Ternyata susah juga.



Puas membaur dan mencoba salah satu aktivitas warga, kami bertiga lalu kembali menyusuri pantai yang ada di sekitar nya.Rasanya damai sekali jika kami tinggal di Sekapung.Jauh dari sibuk nya kehidupan perkotaan.Dan tentunya selalu disuguhi oleh alam yang masih bersahaja.



Waktu jualah yang mengharuskan kami untuk kembali ke Banjarmasin, Samarinda & Jakarta.Kami rasanya masih ingin kembali ke Sekapung.Bertemu kembali dengan penduduk dan alam nya yang bersahaja.

Banjarmasin, 12 November 2009

14 komentar:

dx world mengatakan...

ihhhhhhhh
waktu itu abah pernah kesana
tapi aku ndak ikut
jadi nyesal :((

nasrudin ansori mengatakan...

@ dx world :

wah kalo abah nya kesana lagi, musti ikutan tuh..asik lo buat berpetualang.

aap mengatakan...

wah..sampai sekarang saya belum pernah kedaerah kotabaru..!

nasrudin ansori mengatakan...

@ aap :

bagi yg suka pantai dan petualangan bahari, maka Kotabaru adalah kota yg pas...

rony danuarta mengatakan...

bagus banar pantainya,do'a kan ya semoga saya ke sana juga.....

rony danuarta mengatakan...

ada yang baru di

http://ronydanuarta.blogspot.com.

nasrudin ansori mengatakan...

@ rony :

amin..cepetin aja manfaatin libur buat ke sana...nanti ku buka blog mu..:))

Lomar Dasika mengatakan...

yuhuuuuuuuuuuuuuuuuuu

setuju Nas....pertambangan hanya memberikan keuntungan jangka pendek. apalagi batubara termasuk bahan galian fosil yang tidak dapat diperbaharui. mendingan tutup deh tuh tambang, tapi kembangkan Pulau Sekapung menjadi objek pariwisata....dijamin, pendapatan dari pariwisata mengalir terus tanpa henti alih alih terus meneruskan usaha tambang....trus, gimana Nas? udah jago bikin sumurnya? :D

nasrudin ansori mengatakan...

@ lomar :

aku lebih banyak kurang setuju nya ama tambang,, dimanapun lokasinya.apalagi lokasinya didaerah yg berpotensi jd tempat wisata kayak pulau Sebuku, Sekapung dll.

karena dgn sektor wisata akan bagus jangka panjangnya...

aku udah jago bikin sumur, malah mau pindah profesi mau bikin sumur2 aja...:P

Qori mengatakan...

ternyata backpacking itu menyenangkan, ane dah coba ke gunung Batu kambing, ntar kalau lulus tempat ini akan di bookmark.
Keep our heritage, om!

nasrudin ansori mengatakan...

@ Qori :

Wah wah…udah bs nemuin nikmat nya backpacking ya…selamat lah..bro
Batu Kambing itu di jalan yg menuju Riam Kanan kan?aku dl pernah 1 kali naik keatasnya..
Kalo mau suasana pantai2 dan pulau2, maka kamu musti ke Pulau Sebuku (termasuk desa Sekapung ini)..dijamin puas…

Qori mengatakan...

@NASRUDDIN:

bang, dah ada postingannya loh...
benar tuh tempatnya, ntar kalau lulus saya pengen kesana lagi, pengen menaklukkan gunung yang paling tinggi disana.

Qori mengatakan...

@NASRUDDIN:

bang, dah ada postingannya loh...
benar tuh tempatnya, ntar kalau lulus saya pengen kesana lagi, pengen menaklukkan gunung yang paling tinggi disana.

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/