Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Mencicipi Keindahan Pulau Haur


Bersama dua orang teman, saya kembali melakukan perjalanan ke sebuah pulau kecil yang indah.Letaknya tidak jauh dari Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru Kalsel.Nama pulau itu adalah Pulau Haur.



Dalam bahasa Banjar (Kalsel) Haur berarti sibuk/repot.Tapi yang saya temui di Pulau Haur tidak ada kesibukan disana.Pulau Haur hanyalah sebuah pulau kecil ditengah lautan lepas yang tidak berpenghuni.Praktis, disana tidak ditemukan satu buah pun bangunan rumah.Benar-benar belum terjamah oleh manusia.



Saya yang memang sangat menyukai petualangan di pantai ataupun pulau, benar-benar menikmati suasana yang disajikan oleh Pulau Haur.Mulai dari pantai berpasir putih, debur ombak yang gak pernah berhenti, air laut yang cukup bening serta pemandangan bukit karang di sekitar nya.



Untuk menuju Pulau Haur, kami menyewa sebuah perahu nelayan milik warga di desa Sekapung, Pulau Sebuku.Dari desa Sekapung menuju Pulau Haur hanya diperlukan sekitar 30 menit perjalanan laut.Biaya yang kami keluarkan untuk menyewa kapal nelayan hanya sebesar Rp 50 ribu saja.



Disana kami tidak hanya menikmati segar nya air laut saja, tapi kami juga menikmati indah nya pemandangan matahari terbenam alias sunset.Lokasi sunset nya tepat berada di depan Pulau Haur.




Di pulau yang juga memiliki gua ini, tidak ada penginapan.Bagi yang mau berkunjung cukup pulang pergi dalam sehari saja.Akses terdekat untuk menuju pulau ini adalah desa Sekapung.



Desa Sekapung dapat anda temui melalu dua cara, yakni dengan menaiki speed boat langsung menuju Sekapung dari pelabuhan Kotabaru atau menumpang speed boat jurusan desa Sungai Bali, ibukota kecamatan Pulau Sebuku.



Satu-satu nya cara untuk mengatasi soal tempat menginap adalah dengan cara menumpang di rumah penduduk.Seperti yang kami lakukan ketika berkunjung ke Pulau Sebuku ataupun Pulau Haur nya.Kami waktu itu menginap di rumah Kepala Desa Sekapung, Bapak Hafid.Keakraban yang kami bina seakan-akan telah saling kenal sejak lama.



Rumah Bapak Hafid persis menghadap Pantai Desa Sekapung.Sepanjang hari kami disuguhkan pemandangan yang sangat indah.Gemuruh angin laut pun seakan-akan membius pendengaran kami yang sangat bosan dengan bising nya mesin kendaraan bermotor di perkotaan.

Sekali lagi wajah Indonesia, khususnya Kalimantan menunjukkan keindahannya yang luar biasa.

Bujet yang kami keluarkan :

- Mobil tujuan Kotabaru : gratis karena ikut mobil kantor.
- Speed boat Kotabaru - Pulau Sebuku : Rp. 50 ribu
- Pulau Sebuku ke desa Sekapung : gratis karena dijemput mobil PT. BCS.
- Penginapan : Gratis, karena menginap di rumah Kades. Sekapung Bpk Hafid
- Sewa kapal ke Pulau Haur : Rp. 50 ribu


Thanks to :

- Bapak Camat Pulau Sebuku : Bpk. Maulidiansyah
- Mbak Melita (PT. BCS)
- Kades Sekapung Bpk Hafid
- Teman jalan Gunadi & Fadil.


Banjarmasin, 21 Oktober 2009

22 komentar:

jack mengatakan...

saya juga suka pantai bang...
sayang ya pantai yang indah begitu harusnya bisa menambah devisa daerah.

nasrudin ansori mengatakan...

@ jack :

thanks yah udah berkunjung n komen,,
pantai menjadi magnet orang2 buat bertualang,..

sayang kadang banyak jg yg dgn seenaknya buang sampah sembarangan dipantai..

untung pulau haur tdk di seraki oleh sampah...

Rizal Islami mengatakan...

Subhanallah...pantainya indah, caka kita sesekali kopadar disana...

rampadan mengatakan...

udah sampai kota baru ya kakakku yang satu ini. waduh, keliling terus ya mas? saya juga suka pantai mas.

iyoong mengatakan...

waahh jadi pengen kesana... :)
nice info mas..

Rizal mengatakan...

wah bagus benar .. lagi-lagi kekayaam alam aset yang harus dijaga.
Harus dijaga benar-benar ini pulau, jangan sampai pulau ini dijual kepada pihak asing ,...

nasrudin ansori mengatakan...

@ rizal islami :

wah mau banar aku nah kopdar disana, ama buhan blogger kalsel.kena kita usulkan..:)

@ rampadan :

kemaren itu adalah kunjungan ke 4 aku ke kotabaru.benar2 gak membosankan berpetualang di kotabaru.masih banyak banget pantai & pulau2 cantik yg belom aku kunjungi.mungkin next time kesana lagi...

@ iyoong :

thanks udah berkunjung n komen...
buruan aja kesana bro...:)

@ rizal :

jangan sampai pulau2 yg kita miliki terjual ke tangan asing.itu aset besar yg kita punya...

Taufik mengatakan...

kereeeeeennnnn

nasrudin ansori mengatakan...

@ taufik :

thanks yah bro...:)))

Lomar Dasika mengatakan...

hohoho....jadi berwisata pulau terus nich....:D
ini pulau jadinya ada di Laut Jawa yah? atau di Selat Makassar?

nasrudin ansori mengatakan...

@ lomar :

iya nih om...
akhir2 ini kalo wisata, pasti ke pulau-pulau gitu..makanya postingan gw bberapa bulan ini, selalu ada hubungannya ama pulau.

pulau nya ini menghadap pulau Sulawesi gitu...

selat makassar itu dia dekat2 ama balikpapan.

andrie callista mengatakan...

keren euy pemandangannya..

nasrudin ansori mengatakan...

@ andrie calista :

thanks om...:)

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

Indah bangetz ya Pulau Haurnya,kapan-kapan ulun ngajak keluarga berkunjung ke csana ahh...(^_~)

nasrudin ansori mengatakan...

@ arief RH :

jangan lupa oleh2 ikan asin nya ..:))

bagus bgt aslinya tempat itu...gak bakal rugi datang kesana...

larejawi mengatakan...

wah enak nech...dikit-dikit gratis..
mau dong yang gratis2 kek gini

nasrudin ansori mengatakan...

@ larejawi :

backpackingan musti nyari yg gratis2..hehe...thanks udah berkunjung...:))

Arief Rachman Heriansyah mengatakan...

Wahh....Ulun blom pernah ke sana tuh,,,

Kapan2 kesana dech...

nasrudin ansori mengatakan...

@ arief RH :

ayo segera atur libur & dana nya,,
gak perlu jauh2 ke Bali atau Lombok.

nengsarie mengatakan...

wahh..aku yg asli kalimantan blm pernah kesana jd pengen. thx buat infonya:^_^

Rian Hidayatullah (Yaent Toya-Toya) mengatakan...

thaks ych buat nasrudin anshori, udh berkunjung ke pulau sebuku trutama sekapung (tanah kelahiranku) kpn" ksna lgi ya pak....!!!!!!!

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/