Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Menjelajah Pulau Pinus di Waduk Riam Kanan


Cerita perjalanan wisata di Desa Aranio Kabupaten Banjar, Kalsel masih berlanjut.Kali ini saya akan membahas perjalanan seru di sekitar Waduk Riam Kanan, tepatnya di Pulau Pinus.Dengan menumpang klotok (perahu kecil bermesin) saya bersama belasan teman lainnya dapat mencapai pulau kecil yang letaknya di tengah-tengah waduk itu.



Sebenarnya di Waduk Riam Kanan terdapat dua buah Pulau Pinus.Biaya sewa untuk menuju Pulau Pinus pertama hanya dikenai sebesar Rp. 75 ribu saja.Sedangkan menuju Pulau Pinus kedua dipatok sebesar Rp. 100 ribu.Berhubung rombongan kami terdiri belasan orang plus masing-masing baru gajian, maka kami dengan entengnya memilih paket yang mahal aja.

Tapi paket itu bisa sekalian mampir ke Pulau Pinus pertama.Rugi rasanya jauh-jauh ke Desa Aranio tanpa mencicipi kedua Pulau Pinus tersebut.Perjalanan menuju Pulau Pinus kedua ditempuh sekitar 30 menit.Cukup singkat memang.Karena pemandangan yang indah di sekitar waduk cukup beralasan menangkis rasa jenuh selama perjalanan.Objek pertama yang berhasil menarik perhatian saya adala jembatan kayu yang membentang panjang di atas waduk.Jembatan itu menghubungkan antara Pulau Pinus dengan daratan di seberangnya.



Beralasan memang kenapa pulau yang kami kunjungi tersebut dinamakan Pulau Pinus.Karena disana banyak sekali pohon pinus yang tumbuh tinggi menjulang.Saking banyaknya, hari cerah saat itu tidak berlaku di Pulau Pinus.Sinar matahari seakan-akan sulit menembus rimbunnya pepohonan.



Di bagian lain saya menemui beberapa penduduk yang tengah asyik memancing.Umumnya ikan yang didapat adalah ikan puyau.Ikan yang lumayan gurih kalau di goreng.Disini dijual dengan harga Rp. 10 ribu saja.Kami lalu melanjutkan perjalanan menuju perkampungan di seberang pulau.Dengan menyusuri jembatan kayu yang panjangnya sekitar 200 meteran.Dari atas jembatan, saya kembali menemui pemandangan yang sangat cantik.Perbukitan hijau, air waduk yang terhampar luas berpadu dengan langit cerah yang membiru.



Setibanya di kampong seberang, saya bersama rombongan lalu tergoda mencicipi kelapa muda yang banyak ditemui disana.Untung salah teman dalam rombongan ada yang bisa memanjat pohon kelapa.Alhasil dialah yang kami nobatkan sebagai petugas memetik kelapa.Akhirnya dua buah kelapa muda berhasil kami dapatkan.

Beberapa menit kemudian kami kembali menyeberang menuju Pulau Pinus.Karena klotok yang kami sewa masih tambat di pulau itu.Ternyata di atas Pulau Pinus ada rombongan kru TV dari Jakarta yang sedang meliput Waduk Riam Kanan serta Pulau Pinus.Oleh rombongan, saya bersama dua orang teman disuruh ikut syuting dengan cara berjalan-jalan di sekitar pulau.Sementara kru TV akan merekam kegiatan kami itu.Seumur-umur baru kali ini saya direkam oleh kamera TV.



Setelah itu, kami bertiga diwawancarai oleh kru TV tersebut.Kami ditanya dengan berbagai pertanyaan.Seperti alasan apa kami mengunjungi Pulau Pinus.Saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan.Dengan percaya dirinya saya langsung memberi alamat blog serta alamat email.Siapa tahu saya ditawari sebagai salah satu kru TV tersebut.Perjalanan di Waduk Riam Kanan kami akhiri dengan minum es kelapa muda di sekitar dermaga Desa Aranio.Disana ternyata banyak sekali mobil wisatawan terparkir di sekitar dermaga.Menandakan geliat pariwisata Kalsel makin bergairah.

My blog in ENGLISH, click here.

Banjarmasin, 16 Mei 2009

30 komentar:

Ely mengatakan...

sperti biasa foto fotonya cantik, bikin iri pengen ke sana , thanks for sharing

juga ...wah .. ntar masuk TV donk, jadi selebritis ^_^ moga aja tambah banyak yg tahu soal blog ini ya, khan banyka info pariwisatanya

kabarku baik, makasih, kamu gimana kabar ?

Rizal mengatakan...

nunggu hadir diTV nya j nah ... hehe .. TV ap kmren yg meliput ?

rampadan mengatakan...

Fotonya bagus2 mas.
Hahahaha. Mas ini narsis abis ya ternyata. Kalo tau mas mau diwawancara, aq kan bs nitip alamat blog Q, huahahaha. Semangat mas.

Wawan mengatakan...

Mantap yu eh foto-fotonya
tapi kpn ngirim foto buat data-data bss ke dirairawan@gmail.com

Yadi_Dhani mengatakan...

Sip tu... By the way nama tivi nya, TV NUSANTARA From Jakarta, ... Mana Neh yang Sungai Kembang Nya???

raffaell mengatakan...

Hmm, skarang kok fotonya lebih blueish yah.... tapi view pulaunya bagus tuh

nasrudin ansori mengatakan...

@ ely :

makasih mba ya udah mampir.:)
amin semoga makin terkenal blog ini.he..
kabar saya baik aja.

@ Rizal :

TV nusantara asal jakarta.tp jaringannya di seluruh kota besar di indonesia termasuk banjarmasin.

@ rampadan :

haha.baru tahu ya kalo ane suka narsis.

@ wawan :

segera aku kirim wan.

@ dhani :

tulisan ttg sungai kembang menyusul dan ai..

@ raffael :

thanks atas atensi nya bro.:)

manusiahero mengatakan...

ehmmm..

menarik..
bersiap untuk beberapa hari disana nah... melakukan expedisi nih ok jua... seppp dah..

nasrudin ansori mengatakan...

@ manusiahero:
wah dalam rangka ekspedisi apa tuh???oke ditunggu liputan & foto-foto nya di blog mu.:)

Lomar Dasika mengatakan...

huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

warna warnanya.....duh, paling gak tahan deh liat foto foto yang warna-warnanya kayak gini....*kaki langsung gemeter dan jantung berdegup kencang* hehehe...

warnanya bagus banged!!!! sekali2nya gue jalan2, cuma di Sikuai baru bisa ketemu yang warnanya seperti ini. Ini keren banged Nas!

nasrudin ansori mengatakan...

@ lomar dasika :
warna air itu ya maksud lo...
emang disana airnya agak kehijau2an tp ada jg biru2nya....

thanks ya bro...

gw kemaren kedatangan tamu dr Swedia..yah jd guide sehari.hehe

diqky mengatakan...

pemandangannya muaaantap

awi mengatakan...

keindahan kalimantan
emang tiada duanya
thanks utk gbr2 yg indah ini

nasrudin ansori mengatakan...

@ diqky :

thanks ya dah mampir.

@ awi :
makasih udah mampir kembali.
ditunggu kedatangannya di kalimantan.:)

Edi Psw mengatakan...

Jembatan itu yang menghubungkan ke pulau pinus ya?

nasrudin ansori mengatakan...

@ edi psw :betul banget bang.tp tetep aja harus naik perahu kalo mau ke pulau pinus nya.sewa antara 75 hingga 150 rb.keliling danau yg luas itu.

ernut mengatakan...

itu pemandangan alam indah banget sih??

nasrudin ansori mengatakan...

@ ernut:

makanya kesini aja..:)

rampadan mengatakan...

Asyik dong kedatangan tamu jauh.
Oiya. Fotanya bagus2 mas. Emang pake apa sich?
Kamera yg mahal itu ya mas? Hehehehe. Maaf nanyanya aneh2. Soalnya pengen.

nasrudin ansori mengatakan...

@ rampadan :
pake kamera biasa aja sih.harganya pun murah kok.dasarnya saya berbakat memoto aja, jd hasilnya keren.*gubrak*

manusia biasa mengatakan...

@ anas: kalau dari palangkaraya jalan menuju kurun bro, kira2 4 jam kalau naik motor roda 2, dan 6 jam kalau naik roda 4. nah dari kurun lanjutin perjalanan ke tewah kira2 1,5 jam. Nah dari tewah ketumbang manange kira2 1 jam itu semua kalau lewat darat bro.

manusia biasa mengatakan...

itu jawaban terkait pertanyaan kamu dipostingan manusia biasa yang disini http://jenggotcommunity.blogspot.com/2008/10/objek-wisata-daerah-kalimantan-tengah.html..... thanks dah berkunjung dan sorry telat balasnya.

nasrudin ansori mengatakan...

@ manusia biasa :
thanks atas info nya ya.:)
semoga diriku suatu saat bisa main ke batu suli.amin

eoin mengatakan...

wah, sekian lama aku terlupa pada keindahan sekitar..

nasrudin ansori mengatakan...

@ eoin :

wah saat nya ambil waktu luang untuk berwisata di sekitar kita deh mas.:)

Nadya mengatakan...

Hmm gila... fotonya keren2...
anda sepertinya photografer profesional.

nasrudin ansori mengatakan...

@ nadya :

thanks ya.
kamu berlebihan saya ini cuman tukang foto kamera poket biasa kok.

Jabon mengatakan...

sangat menarik, jadi pinign ke sana, saaygnnya jauh di kalimantan, saya di jawa tengah

gambutku mengatakan...

sebelum ke sana, saya gak kebayang klo di kalsel ada yg seperti ini gan.:-bd

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/