Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Backpacking to Marabahan


Libur sabtu minggu saya manfaatin backpacking ke Marabahan.Kota kecil yang merupakan ibukota Kabupaten Barito Kuala, Kalsel.Perjalanan sekitar 1,5 jam dari Banjarmasin melalui jalur darat.

Belakangan Marabahan makin santer terdengar, karena sebuah jembatan megah bernama Jembatan Rumpiang berdiri tidak jauh dari kotanya serta ditemukannya lahan gas metana terbesar kedua di Indonesia di Desa Barambai.

Di Marabahan saya menginap di Hotel Budi Berkat di dekat pasar.Jangan bayangkan hotel ini semewah hotel Rattan Inn Banjarmasin atau semahal Hyatt Regency di Jogja.Hotel yang saya inapi adalah hotel murah meriah & sangat sederhana.Kamar mandi aja harus antri ama tamu lain.Tidak ada breakfast nya juga.Tarif kamar yang saya pilih adalah sebesar Rp. 20 ribu aja.

Tapi yang oke dari hotel ini adalah pemandangannya yang langsung menghadap Sungai Barito.Karena lokasinya tepat ditepian sungai.Suara mesin kapal pasti terdengar dari dalam kamar hotel.



View from the hotel

Karena Marabahan sangat kecil, saya cukup berjalan kaki aja untuk berkeliling kota.Ada beberapa lokasi yang saya kunjungi seperti taman siring di sekitar rumah jabatan bupati Barito Kuala.Disana saya bisa menikmati pemandangan Sungai Barito yang sibuk ama aktivitas lalu lalang perahu & klotok.



Transportasi sungai

Malam hari ada beberapa penjual makanan di sekitar taman siring itu.Bahkan ada beberapa warga kota yang sedang asik memancing ikan.Saya juga mengunjungi sebuah pelabuhan yang disana bisa ditemui bis air menuju Buntok Kalteng.Bagi yang pengen berpetualang susur sungai, kayaknya bis air ini cocok juga.Waktu tempuh sekitar 2 hari 2 malam melewati Sungai Barito.Biaya sekitar Rp. 50 ribuan.

Keesokan paginya, saya menjelajah pasar induk yang juga nggak jauh dari hotel tempat saya menginap.Tak jauh beda dari pasar pada umumnya.Rame dan bersahaja.Saya sempat mencicipi sarapan pagi di sekitar pasar itu.

Menjelang kepulangan ke Banjarmasin, saya sempatin berkunjung ke Masjid Agung Al Anwar di Jalan Panglima Wangkang.Sebuah masjid yang kayaknya paling besar di Marabahan.Halaman masjid tepat menghadap Sungai Barito.



Masjid Agung Al Anwar

Akhirnya saya harus meninggalkan Marabahan yang menurut saya masih perlu lebih gencar dalam membangun kotanya.Sebuah PR bagi pemerintah setempat untuk segera dituntaskan.

My blog in ENGLISH, click here.

Banjarmasin, 10 April 2009.

27 komentar:

rampadan mengatakan...

Hohoho
Asli marabahan ya mas?
Keren nich gambar yang pertama.

soulharmony mengatakan...

auk umpat pank

Didoy mengatakan...

Wah... mas anas nih, hubungi dunk... biar kita bisa ikutan jala2nya...... huh... but... nice post gan....

DE mengatakan...

thanks for sharing, fotonya cantik cantik ...bernuansa biru
wah asyik juga ya kalo transportasinya pakai perahu warna warni

Raffaell mengatakan...

Very good review brader, weleh, semoga daerah itu cepet maju yah

..:: Zian X-Fly ::.. mengatakan...

Wah, jaka singgah ka rumah ulun. Rumah ulun di Puntik, mun ka Marabahan maliwati ja.

buJaNG mengatakan...

Wkwkwkwk... mantep banget fotonya

manusiahero mengatakan...

haya.......

berpetualangan kah ni...

yatie mengatakan...

iya nich, kyanya akhir2 ini kota marabahan lagi naik daun..soalx karena adanya jembatan yg baru di bangun itu..weihhh asli keren banget jembatannya..yatie pengen sih jln2 ksna tapi yatie ngga tau jalannya..bdw kaka punya peta nya ngga nich hehehe...

Rizal mengatakan...

Dasar bujur jw seni fotografi ... mantap nah ....

nasrudin ansori mengatakan...

@ rampadan :
saya bukan asli Marabahan mas.cuman kesana pengen jalan-jalan aja.:)

@ soulharmony :
kapan nah kita bejalanan lawan bubuhan KB.

@ didoy :

nanti aku hubungi kalo jalan2.he

@ DE :

saya memang penggemar langit cerah membiru & suasana senja.

@ Raffael :

amin...

@ Zian X Fly :

wah rasanya pernah liat papan nama yg tulisannya Puntik.kalo tau saya singgah deh.numpang minum.he..

@ bujang :
makasih udah main bro..

@ manusia hero :

petualangan kecil2an aja bro.

@ yatie :

jembatan marabahan itu mudah bgt menemui nya.pasti ngelewatin kalo ke marabahan.

@ rizal :

jangan pina memuji Zal.GR kena aku nya.haha...

makasih buat yg udah berkunjung n komen.:P

Roby mengatakan...

Senang kalau mas nasrudin terus posting tentang marabahan. he..

Mas GwGw mengatakan...

wah... nama marabahan di jadikan nama jalan di komplek gresik kota baru pak,GKB

nasrudin ansori mengatakan...

@ roby :

makasih bos.;)

@ mas Gw Gw :

baru tahu kalo di gresik ada nama jalan marabahan.

annosmile mengatakan...

jadi pengen kesana nih

nasrudin ansori mengatakan...

@ annosmile :

ayo kesini.:)

Nyante Aza Lae mengatakan...

ternyata kalimantan begitu eksotis
namun sayang
sepertinya kurang promo dari pemerintah
semoga dengan postingan ini bisa membuka wacana pesiar baru ke pulau borneo..

nasrudin ansori mengatakan...

@ nyante aza lae :

betul bgt bang....
makasih atas kunjunanya kembali.:)

Muhammad Qori mengatakan...

Marabahan ???

rasanya ulun pernah lewat sana pang...

Sungainya masih jernih,kada kaya dibanjar.

nasrudin ansori mengatakan...

@ qory :

sungai nya kada kalah ganal.tp sepi lalu lalang kapal besar gak kayak di banjarmasin yg sibuk ama kapal2.

annosmile mengatakan...

wah..pengen kesana

nasrudin ansori mengatakan...

@ annosmile:

ditunggu lho ya kunjungannya.:)

MYA mengatakan...

oi anas, tambah keren aja foto2nya :D

nasrudin ansori mengatakan...

@ mya :

makasih mba.he..

OBAT WASIR mengatakan...

Terimakasih gan infonya sangat bermanfaat
Maaf sekedar kasih info kini telah hadir obat tradisonal untuk wasir/ ambeien yang Insya Allah menyembuhkan tanpa efek samping

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/

Unknown mengatakan...

Rumah q d barambai tapi sampai wahini balum tadangar ju masalah gas metan tu pacangan dgawi kah kada