Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Visit South Kalimantan 2009 : Sebuah Asa & Optimisme


Diawal tahun 2009 ini ada kabar yang menggembirakan bagi warga Kalimantan Selatan khususnya bagi mereka yang menyukai dunia petualangan, Pemerintah Provinsi Kalsel tengah menggelar tahun kunjungan wisata atau Visit South Kalimantan 2009.Hampir-hampir mirip dengan program nasional Visit Indonesia 2008 atau Visit Musi 2008 di Sumsel.Hal itu berarti akan semakin banyak tamu daerah yang akan berkunjung.

Banyak sekali acara yang sedang dan akan di gelar sepanjang tahun.Guna menyemarakan program tersebut.Acaranya pun tidak hanya terpusat di Banjarmasin, namun tersebar merata di seluruh kabupaten/kota di Kalsel.Umumnya acara digelar di salah satu objek wisata andalan yang dimiliki oleh masing-masing kabupaten/kota.

Secara pribadi saya sangat mengapresiasi langkah baik Pemprov Kalsel tersebut.Tidak hanya melalui postingan di blog ini, tapi program Visit South Kalimantan 2009 juga saya promosikan melalui forum khusus petualangan yang anggotanya ribuan orang di Indonesia.Sebagai warga banua, saya merasa terpanggil untuk menyukseskan hajatan mulia ini.Minimal ikut mempromosikan kalo banua tercinta tengah mengadakan undangan besar buat warga dunia untuk segera berkunjung.

Ternyata banyak juga yang tertarik dengan informasi yang saya sebarkan itu.Salah satu nya Dewi, penikmat petualangan asal Bekasi.Dewi tertarik mengunjungi agenda Visit South Kalimantan 2009 yang diadakan bulan April mendatang.

Hal itu menandakan bahwa potensi wisata yang kita miliki sangat besar.Saya berharap melalui Visit South Kalimantan 2009 bisa menjadi tonggak bersejarah kebangkitan dunia pariwisata Kalsel.Baik wisata budaya, alam, kesenian, kuliner hingga wisata relijius.

Setelah sekian lama berkeliling mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di banua, ada beberapa objek wisata yang menurut saya secara pribadi benar-benar sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Diantaranya :

Pasar Terapung (Floating Market)



Dibelahan bumi manapun, pasar yang mengapung diatas sungai cuma ada di tiga lokasi.Di Muara Kuin Banjarmasin, Lok Baintan di desa Sungai Tabuk Kab.Banjar & Thailand.Objek yang satu ini menawarkan keunikan budaya sungai yang sangat hebat.Banyak yang mengatakan jika ke Banjarmasin tidak lengkap kalau tidak ke Pasar Terapung.Sama halnya saat ke Jogjakarta, yang tidak lengkap jika tidak berkunjung ke Malioboro.

Objek yang satu ini pun sangat cocok untuk mendapatkan foto yang mengandung human interest.

Jembatan Barito



Sejak puluhan tahun silam hingga saat ini, jembatan kebanggaan Kalsel ini masih berstatus sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.Desainnya cantik & kokoh, membentang panjang diatas Sungai Barito.Letaknya di Jalan Trans Kalimantan arah Palangka Raya.Berjarak hanya sekitar 20 menit dari pusat kota Banjarmasin.

Martapura



Siapa yang tak kenal dengan kota kecil yang telah mendunia ini.Pamornya sebagai kota intan, kembali mencuat setelah ditemukannya bongkahan intan mentah hampir sebesar bola tenis meja pada tahun 2008.Media nasional maupun asing pun ramai memberitakan penemuan hasil alam yang bernilai milyaran rupiah itu.

Selain pendulangan intan tradisional, di Martapura juga terdapat objek wajib kunjung lainnya.Diantaranya, Pusat Pertokoan Permata Cahaya Bumi Selamat, penggosokan intan tradisional, Masjid Agung Al Karomah serta Pasar Wadai Tradisional (pusat jajanan kue khas Kalsel).

Akses menuju Martapura sangatlah mudah, karena banyak angkutan umum dari Banjarmasin maupun kota lainnya menuju kota yang juga berjuluk sebagai Kota Santri itu.

Loksado



Bagi mereka yang menyukai perjalanan ala backpacker, objek alam yang ada di Loksado sangat direkomendasikan.Selain hamparan Pegunungan Meratus yang luas & hijau, di Loksado juga terdapat dua buah air terjun, komplek sumber air panas, bamboo rafting di Sungai Amandit, pedesaan Suku Dayak Meratus, Gunung Kentauan, festival Aruh Ganal dll.

Berjarak sekitar 4 jam perjalanan darat dari Banjarmasin.Lokasinya hanya sekitar 35 kilometer dari Kota Kandangan, Hulu Sungai Selatan.Akses menuju Kandangan sangatlah mudah, karena banyak angkutan umum yang melayani rute Banjarmasin - Kandangan.

Ketersediaan tempat menginap pun jangan diragukan lagi.Di Loksado telah lama tersedia penginapan sejenis cottage, wisma serta balai adat milik warga Dayak Meratus.

Kotabaru



Kota yang terkenal dengan lagu Gunung Bamega ini menawarkan paket wisata bahari yang cukup lengkap.Dikelilingi oleh lautan luas, pegunungan, pantai-pantai, pulau-pulau kecil disekitarnya, taman bawah laut, kampung nelayan hingga rumah makan seafood yang mudah ditemui di sudut-sudut kota.

Kotabaru memiliki sarana akomodasi yang cukup memadai.Akses transportasi pun sangat lancar dari Banjarmasin.Ketersediaan hotel pun cukup banyak.Angkutan umum juga mudah didapat di sekitar Kotabaru.

Jarak dari Banjarmasin sekitar 9 jam perjalanan darat.Bis umum mudah ditemui di Terminal Pal 6 Banjarmasin.Biaya sekitar 85 hingga 130 ribu rupiah untuk satu kali perjalanan.

Bagi sahabat-sahabat blogger maupun calon wisatawan yang ingin berkunjung selama Visit South Kalimantan 2009, silakan buka link-link yang saya tautkan diatas pada masing-masing objek wisata.Disana banyak info yang lebih lengkap.

Melalui program tahun kunjungan wisata ini, saya serta warga Kalsel pada umumnya memiliki sebuah asa dan optimisme agar kiranya bisa terwujud banua sebagai salah satu daerah tujuan wisata.Baik ditingkat regional Kalimantan, nasional bahkan internasional.Bukan tidak mungkin hal itu bisa terwujud jika semua kalangan bahu membahu dalam memajukan dunia kepariwisataan di Bumi Lambung Mangkurat.

My blog in ENGLISH, click here.

Salam petualangan.

46 komentar:

hery mengatakan...

mari kita dukung program tahun kunjungan kalimantan selatan 2009

Rampadan muncul lagi mengatakan...

Wilih wilih, plehari gak termasuk ya?
Hahahahahaha
*ngarep banget padahal*
Pengen ikutan tuch, tp biayanya gmn ya?

yulianbjm mengatakan...

seeep...seeep.... ayao dukung Visit Kalsel... btw postingannya dan foto2nya mantaaabbb...

nasrudin ansori mengatakan...

@ hery :

setuju..!

@ rampadan :

nanti pleihari bisa aja masuk daftar.

@ yulianbjm :

makasih ya...

kita dukung suksesnya Visit Kalsel.

Nyante Aza Lae mengatakan...

teringatnya pa masih banyak tuh produk "batu-batuan" di Martapura..kan terkenal banget

Ely mengatakan...

semoga sukses programnya ya

aku blom banyak tahu ttg Kalimantan .... jadi lewat blogmu jadi tambah wawasan nih

btw , foto2nya cantik2 banget

dee mengatakan...

wah sy pasti borong tuh di Kota Intan.. hmmm...

nasrudin ansori mengatakan...

@ nyante aza lae :

tekenal dngn murah nya juga lhooo..

@ ely :

mari kita cintai Indonesia ini.

@ dee :

bagi-bagi ya kalo nge borong.:-)

DzN mengatakan...

Wuuuiihhh...
D kalimantan ad kotabaru juga yah?!
D Jogja juga ada lho. :D

nasrudin ansori mengatakan...

@ DzN :

ada kok.itu lagu Gunung Bamega, ya lagunya kotabaru ini.
aku tau kok kotabaru di jogja.
dulu aku sering main internet di sekitar kotabaru jogja.

jUnE0u mengatakan...

yg paling kada ketuju tu gmbr visit kalimntan yg kupikir rada aneh, semrawut, kada modern..hahaha
coba km liati, pinda kaituan, baek nda yg menggambrnya!

nasrudin ansori mengatakan...

@ jUnE0u :

logo nya terlalu rame.hampir smua ciri khas kalsel ada di logo itu.kayak rumah banjar, intan, jukung, bekantan, ukiran kalimantan.tp dr sana smua warga jd tau kalo kalsel itu memiliki banyak ciri khas yg unik.

Raffaell mengatakan...

Satu hal yang perturisan Indonesia gagal, aku yang kepengen liburan kesana, gak tau nyari resort disana apa, hotel disana dimana aja, rental mobil apa aja, dan tour guide manual ga ada.....

Beda dgn di Malaysia, semua informasi itu lengkap, mau kemana aja kita dah tau, ngga cuman di malaysianya aja di web web nya juga banyak, mulai dari mau booking hotel, rental mobil, sampe paket tour udah ada di internet....

nasrudin ansori mengatakan...

@ raffael :

thanks bro atas share nya..

msh banyak kekurangan yg kita miliki soal wisata.terutama soal promosi.

tp kalo soal objek nya itu sendiri, kita patut berbangga.

karena ada begitu byk jenis wisata yg kita punya.

pantai, budaya, kesenian, hasil kerajinan tangan, gunung, taman bawah laut, wisata relijius, belanja, dll.

komplit dah...!

PR buat pemerintah nih, supaya lbh baik lg dlm mengelola wisata nya.

Fikri mengatakan...

Titip salam dengan harmoni alam loksado :)

nasrudin ansori mengatakan...

@ Fikri :

salam nya udah saya sampaikan mas melalui khayalan yg isinya kembali bercumbu dengan pesona loksado.

arabian party mengatakan...

kereeeeeeeeeeeeeeeen !!
ikutan donk traveling....

nasrudin ansori mengatakan...

@ arabian party :

ayo kesini.kita jalan bareng.he..

syafwan mengatakan...

Yang ambil foto siapa nih? keren sudut fokusnya.

Insya Allah hadir dan ikut serta. Amin

nasrudin ansori mengatakan...

@ syafwan :

alhamdulillah semua foto di blog ini hasil jepretan saya semua mas.

ditunggu kehadirannya di Bumi Kalsel.:-)

annosmile mengatakan...

saya mendukung sekali visit indonesia 2009
semoga dilain waktu saya bisa berkunjung ke Kalimantan

Denmasrul mengatakan...

Thanks for the info. Sepertinya Kalimantan Timur juga ndak mau kalah dengan Visit East Kalimantan 2009-nya. Bagaimana kalau kita jadikan satu menjadi Visit Kalimantan 2009, pasti lebih seru ya. Setelah ke Kalsel trus ke Kaltim... banyak yang unik dan menarik untuk dilihat dan dirasakan (makanannya) :-)

nasrudin ansori mengatakan...

@ annosmile :

yup kita wajub mendukung & mencintai wisata Indonesia.siapa lg kalo bukan kita.

di tunggu kedatangannya di Kalimantan.mampir ke Kalsel ya..

@ denmasrul :

wah ternyata tetangga saya juga punya hajatan wisata to.
kayaknya bakal seru tuh di kaltim...

bagus juga tuh semua daerah di kalimantan bekerja sama bikin kunjungan wisata.soalnya kalimantan punya beragam wisata yg sangat potensi.

kemaren saya ada ketemu turis asing di sekitar pusat kota banjarmasin.
mereka bawa kamera sambil membuka peta kota banjarmasin.

senang sekali rasanya bisa melihat turis asing semakin tertarik ama kalimantan termasuk Kalsel.

nasrudin ansori mengatakan...

INFORMASI :

- FESTIVAL BEDUK DI MASJID RAYA SABILAL MUHTADIN BANJARMASIN.
TANGGAL - 5 MARET 2009

Segera kunjungi, insyaallah saya kesana juga.sekalian cari objek foto.

sampai ketemu ya...

nia mengatakan...

betapa indahnya alam kalimantan ..


mari kita sukseskan visit south kalimantan 2009 ..

semangatzzzzzzzzzzzz

nanzzzcy mengatakan...

aihh.. bagus beneerrr...
moga someday bisa kesana deh
daerah kalimantan yg blm pernah gw kunjungin cm kalsel ama kalteng

jgn lupa siapin akomodasinya ya klo gw dateng hehehe..

kalimantanku mengatakan...

@ nia :

setuju.mari kita sukseskan bersama.

@ nancy :

oke kontak saya aja kalo ke kalsel.
yg oke bulan april ama juni tuh, byk festival beskala nasional.

salam

admin kalimantanku

dion mengatakan...

aku suka fotonya yg jembatan barito, keren banget :)

nasrudin ansori mengatakan...

@ dion :

makasih ya dion atas atensi nya.
lebih keren lg kalo dion meluncur langsung berwisata ke jembatan megah itu.
jangan2 dion udah sering kesana..

warm mengatakan...

postingannya keren !
hidup wisata kal-sel !

lathiful amri mengatakan...

wah, saya tertarik di pasar terapung nya yang memang sangat keren ;)

yatie mengatakan...

WuIihh...keren ych foto na..
tp wisata gunung nya ngga da ych?

dentingjiwa mengatakan...

kalo dah liat foto2 kaya begini...baru nyadar kalo Indonesia ntu kaya bgt....pantesan aja negara2 laen pada iri ama kita,pada pengen ngejajah kita...

nasrudin ansori mengatakan...

@ warm :

hidup juga wisata kalsel & Indonesia..!

@ lathiful amri :

ayo kamu kesini, kan di blog mu tertulis juga daftar daerah yang mau kamu kunjungi termasuk kota2 di kalimantan.



@ yatie :

kalsel memiliki beberapa gunung.tp kayaknya bukan jenis gunung yg aktif kayak di jawa.contoh nya gunung kentauan di Loksado & gunung Kayangan di Pelaihari.dua gunung itu telah di jadikan objek wisata.

cuman di postingan saya ini, memang gunung gak dimasukin.coz, hanya beberapa objek wisata saja yang saya bahas di tulisan ini.objek yg menurut saya pribadi benar2 sangat di rekomendasikan bagi wisatawan luar daerah.seperti pasar terapung, jembatan barito, martapura yang daerah lain tidak memiliki objek sejenis.



@ denting jiwa :

sejak kecil saya udah nyadar kalo negara kita tuh kaya bgt.apa aja kita punya.budaya, alat musik, alam dll.

bahkan gamelan bali termasuk alat musik yg di jadikan koleksi di museum alat musik di eropa sana.hal itu menandakan kalo kita tuh punya hal yang bisa dibanggakan.ya gak?

chibogacrew blog mengatakan...

semoga sukses untuk kalimantan

baburinix! mengatakan...

kapan pemerintah mau mengerjakan PR nya...
duh jadi malu ame tetangga kita yang begitu gencar promo wisatanya...dan selalu siap sedia..


hehehe..sekalian izin minta potonya

nasrudin ansori mengatakan...

@ chibogacrew :

sukses untk semua daerah di Nusantara.

@ baburinix :

tak ada kata terlambat utk mengerjakan PR soal wisata.
negeri tetangga kayak malaysia n singapura cuman menang di promo aja.
padahal objek nya gak se dahsyat yg kita punya.
banyak kok keluhan dr wisatawan indonesia yg dtg ke malaysia.ternyata objek yg mereka promoin gak ada apa2nya ama yg kita punya.

foto yg mana tuh yg mau di minta??
gpp kok.:-)

Yudasmoro mengatakan...

pesawat yg murah apa ya kesana?

nasrudin ansori mengatakan...

coba aja Lion atau sriwijaya ato batavia.
bisa jg pilih Citylink.
biasanya pesawat itu murah2.
apalagi di hari biasa.nanti saya bantu nyariin tiket Bjm-Jkt yg murah.coz temen saya ada yg kerja di agen tiket pesawat.

saya baru aja dr pantai teluk gosong kotabaru kalsel.suer pantai nya keren bgt.

kapan kesini mas????kabar2 ya.:-)

Ajie mengatakan...

Nice photos. Baru tau kalau jembatan barito ternyata mirip jembatan di tempat kelahiran saya Tenggarong - Kaltim :)

nasrudin ansori mengatakan...

@ ajie :

emang mirip kok.tp jembatan barito duluan dibangun drpd yg ditenggarong.
makasih udah main.

rania mengatakan...

Indahnya Kalimantan, Hijaunya hutan .. kapan aku bisa sampai kesana yah ..salam kenal..

Frans mengatakan...

dulu pernah trip kalbar-kalteng-kalsel
Kaliantan emang top ya

nasrudin ansori mengatakan...

@ rania :

ayo mba kesini aja..:-)

@ frans :

wah kok gak ajak2...
kapan nih kesini lagi?

Kamal Ansyari mengatakan...

Tolong jaga dan lestarikan alam hutan Loksado dari penambang-penambang yang hanya menginginkan uang dan harta tanpa memikirkan kerusakan hutan nantinya.
Hutan yang indah ini adalah warisan untuk anak cucu kita di masa depan.

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/