Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Loksado yang Tetap Menawan


Entah karena kutukan apa, saya selalu tergiur jika diajak ke Loksado. Berkali-kali pun rasanya saya rela untuk bercumbu dengan kemolekannya. Pesona yang dimiliki Loksado memang sangat menawan.

Loksado merupakan sebuah kecamatan yang berada di sekitar Pegunungan Meratus di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Kota Kandangan merupakan ibukota HSS.Selain dianugerahi alam yg cantik, Kandangan juga memiliki pesona kuliner yg sangat terkenal yakni Dodol Kandangan & Ketupat Kandangan.Nah Ketupat Kandangan itulah yang saya gak pernah bosan menyantapnya.Beruntung di Banjarmasin banyak penjual Ketupat Kandangan, jadi gak perlu jauh-jauh ke Kandangan kalo mau menyantap kuliner enak itu.

Kembali ke soal Loksado.Kecamatan keren satu ini didiami oleh suku Dayak Meratus juga suku Banjar.Mereka hidup berdampingan secara damai, walopun banyak perbedaan yang mereka miliki.Itulah uniknya Indonesia tak terkecuali di Bumi Kalimantan.Keasrian & keindahan Loksado mengingatkan saya ama film barat yg berjudul Anacondas, yang syutingnya di Kalimantan atau Borneo warga dunia menyebutnya.

Saya berangkat bersama beberapa orang teman.Perjalanan kali ini saya tempuh dengan menggunakan sepeda motor.4 jam perjalanan adalah perjuangan yang harus saya tempuh demi berjumpa kembali dengan Loksado.


Gunung Kentauan Loksado

Bak keindahan di negeri dongeng, hamparan pegunungan yang ditutupi hijau pepohonan segera menyambut.Jalan aspal yang sangat mulus plus meliuk-liuk memacu adrenalin saya untuk segera menikmati Loksado secara langsung.


Hamparan Pegunungan Meratus & Sungai Amandit

Dengan hanya Rp.2000 untuk karcis masuk, saya bebas menikmati alam Loksado.Spot pertama yang ingin saya nikmati adalah komplek sumber air panas di desa Tanuhi.Harga karcis sebesar Rp.3500. Dikomplek ini tersedia cottage yang refresentatif untuk wisatawan yang pengen long stay di Loksado.Namanya Cottage Tanuhi.Room rate nya antara Rp.250 hingga 275 rb permalam.


Sumber Air Panas & Cottage Tanuhi

Gak tahan melihat onggokan 4 buah kolam renang (2 kolam air biasa, 2 kolam air panas), saya langsung berganti pakaian.Ternyata kolam air panas nya benar-benar sulit saya taklukan.Uhhh…panas banget.Alhasil hanya kedua kaki saya saja yang terpuaskan berendam di air panas.Saya pun beralih ke kolam air biasa.Nikmatnya dunia, berenang ria sambil mata jelalatan menyaksikan hamparan perbukitan hijau disekitarnya (disini gak ada cewek ber bikini, coz ini di Kalsel euy..!)

Puas menikmati air di kolam renang itu, saya tertantang untuk menikmati hamparan air jernih di Sungai Amandit.Wow…air disini sangat sejuk.Bebatuan kecil disepanjang sungai menambah cantik Sungai Amandit.Tapi hati-hati, karena arus sungainya sangat kencang.


Sungai Amandit

Disungai inilah sering wara wiri wisatawan yang ber bamboo rafting ria.Tiap tahun juga ada Festival Bamboo Rafting disini.

Gak lama kemudian godaan Air Terjun Kilat Api membujuk saya kesana.Letaknya gak jauh dr sumber air panas Tanuhi itu.Jaraknya sekitar 500 meter.Bisa ditempuh dengan sepeda motor.Ada 1 buah jembatan gantung diatas Sungai Amandit yg kalo dinaikin bergoyang-goyang.


Jembatan Gantung nya itu

Lagi-lagi kami menceburkan badan di kolam besar yang ada dibawah air terjun. Airnya jernih kayak air mineral.Bagi yang nekad, bisa mendaki air terjun yang berada diatasnya.Saya pun gak mau rugi dan dengan nafsunya mendaki bebatuan dengan bertopang pada seutas tali.


Air Terjun Kilat Api

Teman saya yang bernama Heri juga gak mau rugi & dengan kalapnya mandi sambil jepret-jepret.



Masih ada beberapa air terjun di Loksado, kayak Air Terjun Haratai dll.Namun karena keterbatasan waktu, saya terpaksa menggigit jari gak bisa kesana.

Paket yg ditawarkan Loksado :
1. air terjun haratai,kilat api dll
2. pegunungan meratus
3. sumber air panas Tanuhi
4. perkampungan asli Dayak Meratus
5. rumah betang khas Dayak Meratus di Desa Malaris,
6. Sungai Amandit,
7. Bamboo rafting
8. Festival Bamboo Rafting, acara tahunan
9. Upacara Aruh Ganal khas Dayak Meratus, acara tahunan
10.Gunung kentauan
11.Dan masihhhhh byk lagi...

Rute :

Dari Banjarmasin bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor (roda dua ataw empat).Bagi yg pengen naik angkutan umum, pilih aja angkutan menuju Kandangan harga Rp.30 rb.Angkutan banyak ditemui di Terminal Pal 6 Banjarmasin.Dari bandara menuju Pal 6 bisa naik taksi (Rp.70 rb) atau angkot (kalo gak salah Rp.4000 an).Nah kalo udah nyampe Kandangan, bisa nyewa ojek ke Loksado.Jarak dr Kandangan ke Loksado sekitar 35 kilo.
Selamat mencicipi keindahan alam yg masih hijau itu.
Selain Cottage Tanuhi, di Loksado juga ada Amandit Lodge & Meratus Mount Resort

Buat Bapak Gubernur/Bupati/Pengusaha yg terhormat, mohon jangan dijamah kalo di Loksado juga terkandung batubara, bijih besi dll. Anda tahu sendiri akibatnya apa. Ingat anak cucu kita nanti.

66 komentar:

Raffaell mengatakan...

Wah, keren juga tuh, sayang gak ada tips nya bagaimana mencapai kesana.... kasi tau dong bro.. misalnya dari airport, naik ini, sewa ini, turun disini, ongkos segini, gituu...

ahahaha,
met taun baru yak

nasrudin ansori mengatakan...

@ raffaell :

wah sori kurang lengkap ya.
kalo dr airport cari taksi bandara trus minta antar ke terminal di pal 6 banjarmasin (70 rb an).
trus ambil angkutan ke kandangan.biaya sekitar 35 ribuan.kalo nyampe kandangan bisa naik ojek ke loksado nya.jarak dr kandangan sekitar 35 kilo.
kalo angkutan umum saya gak yakin ada ke loksado.

nah di loksado tinggal milih mau objek mana yg mau dinikmati.di loksado :
1. air terjun haratai,kilat api dll
2. pegunungan,
3. sumber air panas,
4 perkampungan asli dayak,
5. rumah betang khas dayak,
6. sungai amandit,
7. bamboo rafting
8. tiap tahun ada festival bamboo rafting
9. tiap tahun ada Upacara Aruh Ganal khas Dayak meratus
10. gunung kentauan
11. dan masihhhhh byk lagi...

Zulfahri mengatakan...

Memang alam indonsia sungguh indah, cuma sayangnya kita kurang maksimal menarik wisatawan dari luar negeri untuk mengunjungi objek-objek wisata yang ada.
Perlu promosi yang dahsyat

nasrudin ansori mengatakan...

@ zulfahri :

bersyukur bgt kita terlahir di negeri yg saaaangat cantik ini.
saya turut membantu promosiin wisata kalimantan bang.
semoga aja abang juga promosoin daerah abang.

Lomar Dasika mengatakan...

Keren Banged bro! sebenernya, selain Pulau Kembang dan Muara Kuin, Loksado ini dech yang terkenal dari Bumi Kalimantan Selatan. :D Sayangnya, sekali lagi beribu sayang, Loksado cukup makan waktu dari Banjarmasin, mudah2an ada kali lain yach *pemandangannya kayak di foto foto cantik wallpaper*

*menghirup udara segar dalam-dalam...koq gunungnya bisa berkabut sampai kayak gitu yach* *meleleh*

anyway, kaenya berendem di sungainya sueger tenan rek! eh, tapi katanya Loksado agak2 mistis, betulkah?

huaaaaa...ada kolam air panas? mauuu euy...hehehe...belerang kali yah? resot n cottagenya keren yah...siapa sangka yach? emang, kalo gak dipromosiin gak bakalan ketauan ke dunia luar yach....T_T

eh, lo ngelintasin jembatannya pake motor? atau jalan kaki? *ga kebayang kalo pake motor* >.<

bagus juga dikasih pesan yang mencegah agar penambangan gak dilakukan di tempat ini. Lihat deh contohnya Belitung dengan timah atau Aopa Watumohai yang rusak gara2 penambangan emas. Untung gak seberapa tapi malah hancur alamnya. mendingan pariwisatanya dikembangin yak? bisa untuk seterusnya :D

harus disponsorin ke media2 nich pesan ini :)

Loksado will be my next destination di Bumi Kalsel :D *asik juga perjalanan ke utara*

anno' mengatakan...

kemaren ketika mo ke muara teweh cuman sempat ngeliat papan petunjuk ke arah loksado di kota kandangannya...hehehe...

pengen sich....tapi jauh bgt euy...

nasrudin ansori mengatakan...

@ lomar dasika :

demi sebuah petualangan yg seger, ga gentar soal jarak yg jauh.hehe.

yg terkenal dr kalsel gak cuman loksado, pasar terapung muara kuin ato pulau kembang nya, tp kota intan Martapura juga lho...

mistis bgt sih gak.kayaknya pas denger ada suku dayak pedalaman di loksado, kita jd memvonis kalo loksado mistis.

gw nekad pake motor naik jembatan gantung itu.nyaris aja jatuh ke sungai amandit.

sekali lg jangan jamah bumi hijau Indonesia secara berlebihan.termasuk Loksado....!

nasrudin ansori mengatakan...

@ anno :

mas anno, padahal dr papan nama itu yg di kandangan, cuman berjarak sekitar 1 jam lho ke arah pegunungan meratus.
lain kali aja kali ya mas anno ke Loksado.yah mumpung mas anno masih mukim di kalimantan.

Bani "BBoy Kodok" mengatakan...

Jembatan gantungya asik banget tuh,,,
Pokoknya kalo ada kesempatan ke Kalimantan InsyaAlloh saya mampir...

Kapan ya bisa kesana????

nasrudin ansori mengatakan...

@ bani Bboy kodok :

kabar2 ya kalo ke kalimantan.:)

rampadan mengatakan...

Wuih wuih..
Mantap banget nich pemandangannya..
Baguuus banget..

JelajahiDuniaEly mengatakan...

wow ... cantik banget ... semoga selalu terjaga keindahan dan keutuhan loksado ini jangan sampai ada orang2 rakus yang hanya mementingkan kepentingannya sendiri dan mengorbankan alam indah ciptaan Tuhan ini, btw, banyak wisatawan asingnya nggak ya ?

happy new year .. wish u all the best

nasrudin ansori mengatakan...

@ rampadan :

kapan mas ke loksado??ntar ajak2 ya...

@ jelajahiduniaely :

semoga aja gak ada orang rakus yg menjamah alam loksado.
banyak bgt sih gak, cuman tiap minggu pasti ada aja wisatawan asing ke loksado.
loksado salah satu objek paling dikenal oleh wisatawan asing selain pasar terapung, kota intan martapura.

Nyante Aza Lae mengatakan...

kren abiss bro..
tp pas banget tuh himbauannya buat para penguasa..dq khawatir alam yg sedemikian indah tiba2 ntar menjadi gundul dan gersang..

nasrudin ansori mengatakan...

@ nyante aza lae :

saya khawatir bgt bang kalo2 penguasa sama2 rakusnya ama pengusaha kaya.kasian kan alam sedemikan indahnya dijamah.

Hejis mengatakan...

Wah, Loksado sekarang tambah cantik ya. Dulu pertama kali saya yang ada jalan setapak hingga harus kemalaman di tengah hutan ber-3. Untung ada seorang mantri puskesmas yang berbaik hati menyuruh nginap di rumah dinasnya. Mas Anas, bagus tuh di akhir postingan untuk mengingatkan pihak yang berwenang agar melestarikan Loksado, bukan merusaknya. Salam hangat ya

nasrudin ansori mengatakan...

@ HEJIS :

yup tambah cantik n terkelola dgn baik.
wah kayaknya pengalaman mas hejis di loksadonya seru juga tuh.
kita wajib melestarikan alam yg masih tersisa.

mencobahidup mengatakan...

Asalamualaikum bang sudah lama tak berjumpa, bukan orang yang di Surabaya aja yang ngiri yang di Bandung juga ngiri.

Bener juga yah mirif hutan amazon.

Bang cobain kirim dong artikelnya ke surat kabar, biar dapet duit tambahan

nasrudin ansori mengatakan...

@ mencoba hidup :

wassalam.wr.wb

wah yg di bandung juga ngiri ya??he...makanya ke sini donk.

hutannya lebat kayak amazon.tp gak ada ikan piranha nya.

thanks atas usulannya.nanti coba saya pikir2 sapa tau surat kabar tertarik.yg jelas alamat blog kalimantanku ini sdh pernah masuk koran Banjarmasin post.
senang juga sig di promosikan di koran terbesar di kalsel n kalteng tsb.

nanzzzcy mengatakan...

wah.. keren abisss...!!
sayang gw blm pernah kesana, pernahnya cuma ke pontianak, balikpapan sama samarinda. Banjarmasin blm pernah gw jamah hehehe..

moga someday bisa kesana.. :P

nasrudin ansori mengatakan...

@ nanzzzcy :

wah hebat donk udak keliling 3 kota besar di kalimantan.dua jempol deh...

kalo ke banjarmasin kabar2ya.soto banjar, kota intan martapura, jembatan barito ama pasar terapung menunggu kedatanganmu.

syam 12 mengatakan...

Mantap dan keren postingnya tentang Loksado...

*salam kenal...
Kapan-kapan bila pian ke Loksado, hayo kita balanting paring menyusuri sungai amandit...

nasrudin ansori mengatakan...

@ SYAM 12 :

salam kenal balik bos.
iya nih saya penasaran bgt ama bamboo rafting itu.kayaknya seru.kemaren ada liat liputannya di Trans TV.

Edi Psw mengatakan...

Harga karcis Rp 3500 di sumber air panas itu berlaku untuk berapa jam.
Taripnya koq murah banget ya?

nasrudin ansori mengatakan...

@ edy psw :

harga segitu u/ mandi sepuasnya bang.bahkan ampe bengkak pun yg mandi, terserah aja.
rata2 objel wisata di kalsel n kalteng tuh murah meriah karcis nya.bahkan byk yg gratis malah.
ada juga yg sukarela pengunjung mau ngasih berapa.lucu ya...

nie mengatakan...

waa..poto2nya bagus. jembatan gantungnya keren banget. tapi kayaknya serem yah. hehe. nice blog nih.

nasrudin ansori mengatakan...

@ nie :

thanks ya..:)
gak serem kok.malah asik bgt dr jembatan gantung itu.kita bisa liat sungai amandit dibawahnya, perbukitan, hutan lebat.pokoke alami bgt deh.

Lia Novarin mengatakan...

assalamualaikum,
pa kbrnya bang? mudah2an selalu baik..lg advanture kmn nich bang..
oh yach..,lia mo ngucapin met tahn baru Islam 1430 H dan 2009,smg menjd insan yg lbh baik,sukses selalu...

c.u// wassalam...

Denmasrul mengatakan...

Great.... surprised, sekaligus bangga, bahwa tujuan wisata yang indah bukan hanya di Bali, Jogja, Sumbar, dsb.. Kalsel ternyata ada yang buaguss bangetzzz.. Thanks infonya :-)Mana foto Ketupat Kandangannya? Belum pernah nyobain nih... diliput dong :-)

nasrudin ansori mengatakan...

@ lia novarin :

wassalam wr wb.
kabar ku baik aja nih.saat ini msh di bjm aja.
belum tau mau trip kemana lg.
mau ngajak aku ya????

met tahun baru jua :)

nasrudin ansori mengatakan...

@ denmasrul :

thanks atas atensi nya.
indonesia bagian manapun itu indah kok.termasuk kota anda, jogja.

tahun 2008, Kaltim menjadi salah satu daerah di indonesia yang dunia wisata nya terbaik menurut dinas pariwisata pusat.ada 10 daerah termasuk sumbar, sulsel, sulut dll.
kalsel blm masuk, tp semoga suatu saat masuk daftar tersebut.aminnn

kapan2 ttg ketupat kandangannya saya liput.tp gak janji lho...:)
sabar ya..

adinata mengatakan...

lihat fotonya aja sudah terpesona, apa lagi kalo bisa main kesana beneran ya .. gimana gak sumpah serapah yang keluar ..

nasrudin ansori mengatakan...

@ adinata :

wah wah sampe segitunya.hehe...
ayo kesini.gw guide in ntar.servis nya memuaskan lho.:)

riszal mengatakan...

Wah enaknya jalan2,seru abiz...:D
salam kenal ya mas:mrgreen:

nasrudin ansori mengatakan...

@ riszal :

jalan2 emang asik..!
salam kenal balik.:-)

Icha mengatakan...

wah keren2 tempatnya jadi pengen liburan kesana...

nasrudin ansori mengatakan...

@ icha :

makasih udah main ke sini.
silakan berkunjung ke Loksado.
saat ni lg berjalan Visit Kalsel 2009.banyak even menarik lho....

dion mengatakan...

wuih,,,
mantap bgt neh,jadi pengen ke sana :)

nasrudin ansori mengatakan...

@ dion :

makasih ya..:)
kapan nih main ke loksado?ajak2 ya.he.

LIFEisHARD mengatakan...

Kapan2 pengen ke Kalimantan pak!! :)

nasrudin ansori mengatakan...

@ lifeisHard :

silakan om...
nikmati pulau raksasa ini with fun.

dee mengatakan...

medan dan aksesnya gampang ga mas nazrudin? sy bukan orang yang suka berpetualang sih. klo medannya susah, keteteran euy. tp tempatnya emang indah.. hotelnya bagus dan murah juga..

nasrudin ansori mengatakan...

@ dee :
medan & akses nya mudah kok.
jalannya mulus bgt.
makanya saya senang kalo ke loksado.
tp semakin medan susah, semakin seru lho...

mencobahidup mengatakan...

Asalamualaikum, bang belum ada liputan baru?

nasrudin ansori mengatakan...

@ mencoba hidup :

wassalam wr wb./
ditunggu ya.ada kok postingan nya.insyaallah ttg pantai.:)

anton mengatakan...

Bagi yang ingin ke loksado dan sekitarnya bisa menghubungi saya...ada alamat lengkap plus telponku di weblogku www.antonciptady.org

nasrudin ansori mengatakan...

@ anton :

wah makasih udah berbagi info.
ayo buat teman2 yg mau ke loksado, silakan hubungi mas Anton.

Lia Novarin mengatakan...

assalamualaikum..
ok. bang, insya allah entar posting tulisan lagi,sekarang lg sibuk kerja,mknya engga sempat posting tulisan..

wasalam,

nasrudin ansori mengatakan...

@ lia novarin :

wasalam.
oke ditunggu ya postingannya.
sama nih saya jg lg sibuk kerja.
gak bisa jalan2 dlm waktu dekat ini.

budi tarihoran mengatakan...

kapan awak kesana yah!!

nasrudin ansori mengatakan...

@ budi tarihoran :

bisa kapan aja kalo ada niat n usaha.seru lho petualangannya..!

rampadan mengatakan...

selamat malam kawanku..
kemarin jalan jalan ke mana mas?
terus oleh olehnya mana?
hehehehe
di tunggu postingannya..

nasrudin ansori mengatakan...

selamat pagi rampadan.
kemarin jalan2 ke banjarbaru aja.
outbond, nyari tahu sumedang, ke lapangan murjani, nginap di villa bungas dll.
ditunggu aja ya...

anna mengatakan...

Weh, keduluan.... kami baru mau kesana tapi karena masih musim hujan mk kurang berani dl kesana sekarang... Thanks infonya.. :-)

nasrudin ansori mengatakan...

@ anna :
wah kok gak ajak2 saya.:)
musim hujan malah asik lho.
apalagi air terjun malah makin kencang airnya.

jgn lupa posting di blog nya kalo udah ke loksado.

Ersis Warmansyah Abbas mengatakan...

Asyik memang. Hebat. Salam.

nasrudin ansori mengatakan...

@ ersis W A :

ayo kesini,he...

yadie mengatakan...

huahaa...
saya pernah kesana...lewat jembatan gantung itu, menuju ke aer terjun..
Pemandangan alamnya luar biasa, saya pernah nyampe puncaknya,,hehhee
Memasuki hutan2 dng pohon yg tinggi2..wew
(jadi mo kesana lagi..)

^_^

nasrudin ansori mengatakan...

@ yadie :

Loksado emang bikin ketagihan.
saya aja pengen lagi kesana.
salam kenal ya.:)

annosmile mengatakan...

udah saya link bro
di http://teamtouring.web.id/blogroll/

terima kasih kunjungannya

nasrudin ansori mengatakan...

@ annosmile :

makasih ya bos.
tetep semangat petualangannya.

miao mengatakan...

padahal daku diam di banjarmasin, tapi gag pernah ke loksado....hehehe..mgkn cewe sendiri susah kali yee ke sana. Mau banget. Tunggu liburan dink.

Anyway...tuh gambar water front city didepan kantor walikota kah?? bagus.

Kamal Ansyari mengatakan...

Tolong jaga dan lestarikan alam hutan Loksado dari penambang-penambang yang hanya menginginkan uang dan harta tanpa memikirkan kerusakan hutan nantinya.
Hutan ini adalah warisan untuk anak cucu kita di masa depan.

liew267 mengatakan...

aslamualaikum
salam kenal,, saya udah pernah ke Loksado sekali tp blm pernah nyobain rafting.. pengennya sih nyobain mumpung pulkam nih di pelaihari.. dan kebetulan jg lg libur 2 bulan,, pengen bgt nyobain rafting.. kapan yah.. huhu..

Wahyuda Akbar Rifani mengatakan...

Memang di lokaso banyak tersimpan emas,batubara,biji besi dan lainnya.pengennyasih jangan sampai ada orang yang merusak loksado,sayangkan,apalagi lokasdo termasuk andalan dan tombak wisata Kab Hss.Katanya dulu pernah ada orang yang mau menggali batubara dan nanem Sawit (kalo gak salah) tapi karena gak ada ijin dan persetujuan dari Penduduk terutama Masyarakat etnis dayak meratus,gak jadi deh,syukur ya ada yang masih Go green.Oh ya sedikit tambahan,untuk menuju loksado dari Kandangan,ke Loksado bisa pake Taksi khusus yang nuju ke sana,yang biasanya buat transportasi masyarakata Sana yang turun ke Kandangan,tepatnya pasar kandangan untuk berbelanja dan sebagainya,ada juga yang mau berjualan,biasa yang dijual Sarang samut,dsb.Setiap hari biasanya ada,dari pagi sekitar Jam 7 sampe 12 an.Biasanya hari Jumat banyak masyarakat Sana yang ke Kandangan.Kalo oh ya bule juga sering ke sana.emmmm di Kandangan juga ada hotel yang menyediakan layanan cukup dan harganya gak nyekik amat kantong.jadi kaya promosi nih.hehehhehehehe thx...

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/