Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Berkunjung ke Pantai Gedambaan Kotabaru


Kata banyak orang kalo ke Kotabaru gak lengkap kalo gak ke Siring Laut & Pantai Gedambaannya.Nah setelah puas mutar-mutar di pusat kota termasuk siring itu, saya nekad naik ojek ke Pantai Gedambaan.Setelah tawar menawar yang lumayan alot, akhirnya paman tukang ojek bernama Bpk.Dawi yang asli Bugis itu mau mematok harga Rp 30 ribu bolak balik.
Pantai yang dulu dikenal sebagai Pantai Sarang Tiung ini berjarak sekitar 14 kilo dari pusat kota Kotabaru.Lumayan dekat.Sepanjang jalur yang dilewati akan ditemui pemandangan alam yang cukup menarik kayak pegunungan di sisi kanan & lautan plus pantai serta perkampungan nelayan di sebelah kiri.Disini banyak sekali perumahan milik saudara saya dari Sulawesi, yakni suku Bugis & Mandar.Mereka ternyata udah lama sekali menetap di Kotabaru.

Saya juga melewati salah satu perusahaan tambang batubara di Indonesia, PT.Arutmin Indonesia, Pantai Tanjung Ketapang, sumber air panas (lupa namanya) & taman yang ada cafe nya.

Beberapa menit kemudian saya tiba juga di Pantai Gedambaan.Disana sudah ada beberapa wisatawan yang lagi asyik main voli pantai, mandi dilaut & disudut lain ada sekelompok orang lagi menikmati air kelapa.




Foto diatas adalah sebuah bangunan semacam pembatas yang dibuat pemerintah untuk memisahkan antara perkampungan Sarang Tiung & pantai.Pengunjung bisa menyusuri pembatas itu hingga menjorok ke laut.Saya pun gak mau rugi & dengan nafsunya menyusuri pembatas itu sambil jepret-jepret.



Kondisi cuaca emang gak maksimal.Makanya hasil foto diatas agak buram.:(
Hembusan angin laut sangat nikmat.Dari sini bisa terlihat ratusan bagang yang berada diatas laut di kejauhan.Bagang adalah sejenis alat untuk menangkap ikan.Kata Bpk.Dawi kalo malam bagang-bagang itu dihiasi oleh banyak lampu.Katanya lagi bagang-bagang itu mirip sebuah kota karena cahaya lampu.Wah saya jadi penasaran nih...

Puas berjalan-jalan di atas pembatas itu, saya kembali menyusuri pantai.Kali ini saya menuju sebuah gardu pandang bertingkat dua.Saya nekad keatasnya, walopun tangganya lumayan mengerikan karena anak tangganya hanya terbuat dr balok kayu.Hmmm...dari atas sini pemandangannya sangat cantik.Saya bisa menyaksikan pantai, pegunungan, beberapa cottage & sebuah komplek kolam renang.



Untung kamera saya bisa memoto sendiri alias otomatis, makanya saya gak rela kalo gak foto-foto diatas sini.:)



Saya bersyukur banget karena Bpk.Dawi masih setia menunggu saya menikmati swasana pantai.Bahkan hampir menjelang senja.Saya pun bertukar nomor HP ama Bpk.Dawi.Kalo suatu saat saya kesini lagi, saya pasti menghubungi beliau.Dan senangnya lagi beliau menawarkan rumahnya untuk saya inapi.Katanya lebih baik menginap di rumahnya daripada menginap di hotel.Makasih ya Bpk.Dawi.

Saya makin bangga jadi orang Indonesia, bermacam-macam suku tapi sangat kekeluargaan.Buktinya seperti yang saya alami bersama Bpk.Dawi.



Keterbatasan waktulah yang membuat saya harus meninggalkan pantai ini.

Info rute :
Anda bisa nyari tukang ojek di pusat kota.Kalo mau nyari Bpk.Dawi coba aja cari pangkalan ojek di sekitar Plasa Limbur Raya (sebelah kiri bangunan Limbur Raya).Tawar aja harganya & harus buat kesepakatan kalo ojeknya bolak balik.
Atau kalo yang bawa mobil pribadi, Anda bisa memulainya di persimpangan lampu merah Polres Kotabaru (ada aja papan petunjuknya).Nama jalan yang menuju ke Pantai Gedambaan ini adalah Jalan Raya Berangas.Pantainya berada disebelah kiri.

Nah sekarang giliran Anda berkunjung ke Pantai Gedambaan.

My blog in ENGLISH, click here.

53 komentar:

anna mengatakan...

lagi-lagi terdapat gambar yang bagus2 disini... keren banget... saya belom ada jalan2 ke pantai hiks

Gondo Rampadan mengatakan...

Hehehehe
Kepantai lg ya?
Weleh weleh..
Bagus tuch pemandangannya..

Edi Psw mengatakan...

Pembatas itu kalau ditelusuri akan nyampe dimana ya?

nasrudin ansori mengatakan...

@ anna :
makasih ya atas atensi nya.ayo main ke pantai, paling dekat ya pantai takisung atau batakan.

@ rampadan :

mumpung ke kotabaru, rugi klo ga kepantainya.:)

@ edy psw :

pembatas itu berujung di lautan.ngeri juga sampe ujung sana, takut ada hiu.:)

Zulfahri mengatakan...

Wisata yang menarik...udah gak sabar nech langsung nuju TPK

nasrudin ansori mengatakan...

@ zulfahri :

nuju TPK apa TKP nih...? :)

Nyante Aza Lae mengatakan...

koq dipagar2 bro pantainya? kayak (eks) tembok berlin aja?

JelajahiDUniaEly mengatakan...

itu foto yg terakhir asli ya ? maksudnya merah muda begitu langitnya ? habis sunsetkah ?


seperti biasa , foto2nya cantik banget ... seneng ada blogger yang masang foto2 indah dr tanah air

nasrudin ansori mengatakan...

@ nyante aza lae :

pagar itu buat memisahkan antara kampung sarang tiung ma objek wisata pantai itu bang.
tp ini pagar ga seganas tembok berlin kok.warga setempat maupun wisatawan bisa saling berkunjung.

@ dunia ely :

jelas donk itu foto saya mba.:)
cuma ada editan sedikit & kayaknya lumayan hasilnya , jd dipajanglah di blog ini.
Waktunya pas menjelang senja.

semoga foto2 saya ini bisa menyenangkan anda yang tengah berada di luar negeri sana.
bagian manapun di indonesia ini emang sangat cantik n membanggakan.

nasrudin ansori mengatakan...

oh iya bagi siapapun yg baca tulisan ini, tgl 14 & 15 desember ini ada festival bamboo rafting di Loksado.

saya kayaknya gak bisa dtg, coz baru aja jalan2 ke Loksado tgl 7 desember kemaren.ntar ada postingannya jg kok.*promosi* :)

Hejis mengatakan...

salut, postingan yang konsisten dg pariwisata Kalimantan. Jadi kaganangan nah bulik ke Banjar pulang. Salam kenal.

nasrudin ansori mengatakan...

@ hejis :

makasih dah berkunjung.:)
smoga saya selalu konsisten ama sesuatu yg berbau kalimantan terutama di kalsel.
bukannya saya terlalu kedaerahan, tp ini semata2 hanya berbagi pengalaman & info ttg kalimantan.
dan tentunya blog ini adalah sumbangsih kecil saya buat prwisata kalimantan khususnya kalsel.
salam kenal juga ya.:)

learningrevolution mengatakan...

Kota Baru gunungnya Bamega,

Pantainya kok tidak terlihat perahu-perahu nelayan, ato saat belum berlabuh.

biutiful lend

mencobahidup mengatakan...

halo bang, pertama saya lihat blog terus ngeliat reviewnya foto pertama langsung aja saya buka gak tahan bang. View yang abang ambil tidak biasa indah bgt.

mencobahidup mengatakan...

oh iya bang saya belajar pertama fotografi itu di kampus fikom unpad (masuk kurikulim),cuma yah itu gak sampai tamat habis cuma satu semester.Satu semester itu cuma dihabisin buat ngatur cahaya aja. Dan sisanya dari internet.

nasrudin ansori mengatakan...

@ learning evolution :

kenapa gak ada perahu, karena pantai ini khusus wisata.
yang ada perahu2 nya itu justru dikampung sebelah pantai & di kota kotabarunya.

nasrudin ansori mengatakan...

@ mencoba hidup :

makasih atas atensi nya.terus aja belajar fotograpinya.saya malah gak penah kuliah fotograpi.serba standar aja fotonya.:)

Lomar Dasika mengatakan...

gue suka banged sama konsep landscape Pantai ini. Di satu sisi ada pantai (yang sudah tertata rapih tentunya), di sisi seberang ada perbukitan bergunung-gunung. Keren banged kalau bisa jadi 1 frame. Kayaknya Pantai Gedambaan ini sudah cukup tertata rapih dan maju yach...asik nich kesini...:)

nasrudin ansori mengatakan...

@ lomar dasika :

yup emang unik sih.ada bukit2 nan hijau disebelahnya.tp ada laut nan biru disatu sisinya lagi.
kpn nih trip ke borneo lg?

Bani "BBoy Kodok" mengatakan...

wah Jalan2 mulu mas?
asik bgt tuh!!!

nasrudin ansori mengatakan...

@ bani :

mumpung lg di kotabaru mas.jd sekalian aja ke pantainya.:)

Al - Ikhsan mengatakan...

Wah asik nih bisa jalan sampai kota baru, jadi pengen nih!!!!!! bis bagus juga sih klo untuk refresing , apalagi ngisi waktu liburan

Al - Ikhsan mengatakan...

Kapan yah bisa jalan - jalan ke kota baru

adinata mengatakan...

lho kok, pantainya di pager kawat duri ?? kan sayang tu ??

nasrudin ansori mengatakan...

@ ikhsan :
ayo san mumpung lo masih kerja di Kalsel.

@ adinata :

buat pembatas ama kampung aja.

Lia Novarin mengatakan...

Assalamualaikum..
salam kenal ya bang..
ulun salah satu putri yang lahir dan besar dikotabaru, senang sekali karna sekarang aset wisata kotabaru bisa dikenal oleh banyak orang, untuk itu thank's banget udah bantu promosikan wisata kotabaru, kapan-kapan balik lagi yach.. dan ajak temen2 nya untuk melakukan perjalanan wisata di kotabaru.. karna sepertinya masih banyak tempat2 indah dan eksotis yang harus abang kunjungi..

nasrudin ansori mengatakan...

wassalam.wr.wb

salam kenal juga.
ini salah satu upaya aku buat promosiin wisata kotabaru yg memang cantik n berpotensi.
semoga diriku swatu saat bisa ke katobarau lg.
byk makanan enak yg bikin aku kangen, kayak roti pisang di jalan m alwi ato nasig goreng udang laut di siring.(postingan ttg makanan ditunggu aja di blog ini).

aku pingin bgt ke lontar dll.katanya byk pantai bagus nya.:)

awi mengatakan...

indah ya pantainya, bening dan bersih
tenang bgt githu, pengen ke sana ah
thanks ya

mencobahidup mengatakan...

Bang saya ada tips nih buat ngakalin cuaca mendung.Lihat di menu kameranya: EV yang arinya exposure bias value. Kalu mendung naikan angkanya, teruslah di explore.

Edi Psw mengatakan...

Kapan-kapan kalau jalan ke pantai lagi, ajak aku ya?

nasrudin ansori mengatakan...

@ awi :

ditunggu kedatangannya.:)

@ mencoba hidup :

thanks atas info nya.ntar dicoba.

@ edy psw :

oke bang, nanti saya kabari kalo jalan2 ke pantai lg.:)

Anshar mengatakan...

Fotonya bagus bagus yach...
Insya Allah Minggu depan mau ke kotabaru....
bisa minta referensi hotel atau penginapan yang ada di sana...???
sekalian ama no Hpnya, biar bisa nanya langsung gito..
makasih..

Lia Novarin mengatakan...

ok.. kembali kasih ya bang.. yupz.. abang dan temen2 hrs kembali datang berkunjung ke kotabaru,dilontar ada beberapa pulau yang pantainya cantik banget,ada hamparan pasir putih dan laut biru (p.kerasian dan p. kerayaan) dan ada taman laut teluk tamiang ,trs klo bisa sich jalan juga ke p. sembilan , nah disana tuch ada pulau denawan juga cantik sekaligus tempat budidaya penyu, ada juga budidaya penyu di pulau samer gelap Tepatnya dipulau sebuku, klo mau lihat pegunungan kapur ada di sepanjang jalan kec. cantung sampai senganyam ( perbatasan kaltim ) untuk ke tempat ini abang tinggal nyeberang naek kapal ferry ke tarjun ada di pelabuhan stagen )nah disini juga ada yang namanya gua "temu luang" tempat sarang burung walet, gua nya jg cantik.. wah sorry jd promosi nich.. he.he.. alhamdulillah lia udah sudah pernah jalan ke semua kecamatan ( desa-desa ) di kabupaten kotabaru, so ditunggu yach..!!!

nasrudin ansori mengatakan...

@ anshar :

tengs ya atas atnesinya.:)
kalo hotel saya gak banyak punya nomor telepon nya.
hotel grand surya telp (0518) 25100

depan masjid raya nya.
ada juga wisma saijaan (menghadap laut lepas dekat siring laut) depan kantor bupati.

kalo hotel kartika di jalan veteran.banyak kok hotel ato losmen lain disana.

no telp bis AC 0511 7710099 (perwakilan banjarmasin) ato 0518 21903 (perwakilan kotabaru).
harga bis 130 ribu rp.

dlm rangka apa nih ke kotabaru?

nasrudin ansori mengatakan...

@ lia novarin :

wah info anda menggiurkan sekali nih.kotabaru emang surga nya petualangan.
ntar kalo saya ke kotabaru, bisa kopi darat ama mba lia gak?
sapa tau saya bisa di guide in ama mba lia.he...

nanzzzcy mengatakan...

wah.. potonya seru bangeeeettttt...
i love beach so much
moga aja kapan2 bisa maen kesana
hehehe...

nasrudin ansori mengatakan...

@ nanzzzcy :
wuihhh makasih dah main.:)
moga ya bisa kesini.

nie mengatakan...

wawawawaww! potonya bagus bagusss..lam kenal yah! org kalimantan juga??

nasrudin ansori mengatakan...

@ nie :
waaawawaa makkkasih ya.:)
iya nih org kalimantan jua.tepatnya urang banjar.
salam kenal ya.

dee mengatakan...

wisata pantai emang asyik ya mas.. fotonya bagus juga tuh.. Pantai Gedambaan emang jd dambaan..

Denmasrul mengatakan...

halo.. halo.. wah.. baru bisa comment nih, ternyata ada info pantai disini. Unik banget, apalagi ada laut yang dipagar kawat berduri gitu :-) Kadang kepikir untuk terbang from Balikpapan to Kotabaru just for sightseeing gitu.. Hmm.. salute deh buat Bro Anas.. sendirian pula jalannya :-)

nasrudin ansori mengatakan...

@ dee :

dambaan setiap orang yg ke kotabaru.:)

@ denmasrul :

kabar2 ya kalo ke kalsel.& ditunggu oleh2 nya dr bontang.:)
kadang bertualang sendiri itu lbh mengasyikan lho....

ikhsan mengatakan...

alhamdulillah sampai menginjak di kota kami, mdh2n lain waktu bs maen dan berkunjung kembali, jgn lupa ajak temen2 yg laen. sy asli ktb

aNgga Labyrinth mengatakan...

Ukh,,, pantai

Dalam hidup ini baru beberapa kali diriku pergi ke pantai,
Bisa diitung pake jadi

*menyedihkan*

nasrudin ansori mengatakan...

@ ikhsan :

smoga ya saya bisa jalan2 lg ke kotabaru.coz byk bgt yg blm dikunjungi.

@ angga labyrinth :

pantai itu salah satu wisata yg menyenangkan.apalagi pantai yg msh perawan.:)

Rita mengatakan...

Indonesia emang kaya akan keindahan alam.... Wuiii panggung yang menjrok kelautnya asyiik juga yaa, trus pantai pasir putihnya itu lohh...

nasrudin ansori mengatakan...

kita wajib bangga jd org indonesia.budayanya, alamnya, dll.

Wahyu Robi mengatakan...

wahhhhh narsis om loksado... btw kok saya familiar yah pas liat foto nya yg narsis hwhahwa

nasrudin ansori mengatakan...

@ wahyu robi :

saya narsis ya??hehe...

yatie mengatakan...

kemarin udah mampir ke kolam renang nya ngga?

Kamal Ansyari mengatakan...

Tolong jaga dan lestarikan alam hutan Loksado dari penambang-penambang yang hanya menginginkan uang dan harta tanpa memikirkan kerusakan hutan nantinya.
Hutan ini adalah warisan untuk anak cucu kita di masa depan.

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/

Putri Pahlevi mengatakan...

ka mau atnya m tau lah nomor telepon penginapan di pantai saraing tiung ? mau main kesana nih , infonya ya ka kalo ada