Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Berburu Kuliner Enak


Kotabaru gunungnya Bamega
Bamega Ombak Manampur di Salakarang.
Ombak Manampur di Salakarang


Sebagian Lirik lagu khas Kotabaru karya H.Anang Ardiansyah.
Lagu yang menggambarkan indahnya Kotabaru dengan dikelilingi 94 pulau, pantai-pantai & tentu saja Gunung Bamega nya.

WARNING : Bagi yang belum makan alias lg lapar, siapkan mental Anda sebelum membaca postingan dibawah ini.

Tiap kota yang saya singgahi selalu menggoreskan kenangan (sok puitis : mode-on) manis soal makanan.Kalo Jogja saya kangen ama lalapan lele goreng di Jalan Menteri Supeno ataw mie ayam di dekat kampus STIM YKPN kawasan Monjali, Kota Juwana Pati ama Nasi gandul nya, atau Malang dengan bakso campur bakwannya di sekitar kampus Unmer, atau Martapura ikan nila kuah santannya atau Solo dengan nasi liwet di kawasan kraton.
Nah perjalanan ke Batulicin & Kotabaru juga mengenalkan saya ama makanan yang enak-enak.
Nah di edisi kali ini (kayak majalah aja), saya khusus membahas soal makanan.Merasa tertantang (berdarah panas : mode on) oleh salah satu blog keren denmasrul.com (spesialis blog kuliner).He…

Cumi-Cumi Asam Manis



Nama Warung : No Name alias Belum Ada Nama
Alamat : Dekat Pelabuhan Ferry Batulicin (dari simpang 4 sebelah kanan)
Menu : Cumi-cumi dimasak ama bumbu kayak asam, dll disajikan dengan oseng-oseng kacang + tahu, sambal tomat yang aduhai, nasi putih & teh panas.
Harga : Rp.10 ribu/porsi
Penilaian : Enak banget apalagi bagi penggemar cumi-cumi.


Nasi Kuning Ikan Tenggiri + Udang Laut




Nama warung : Lagi-lagi gak punya nama.Heran ya dagangan enak & rame gak ada nama dagang.
Alamat : Jalan M Alwi persis disamping kantor Adira cabang Kotabaru.
Menu : Nasi kuning disajikan dengan ikan tenggiri yang dimasak dengan bumbu merah alias masak habang dalam bahasa Banjar.Selai itu ada juga beberapa udang laut goreng & sayur kacang panjang juga kacang kedelai.
Harga : Rp.12 ribu/porsi
Penilaian : Wajib dicoba kalo ke Kotabaru coz penyajiannya sangat berbeda dr nasi kuning kebanyakan.

Bakso Ikan Tenggiri



Bakso unik yang satu ini juga berada di jalan yang sama dengan nasi kuning diatas.
Nama Warung : Bakso Tambak
Alamat : Jl.M Alwi Kotabaru
Menu : Gilingan bakso ikan tenggiri disajikan ama bakwan, sayuran, mie putih, mie kuning, telor rebus & tentu saja kuahnya.
Harga : Rp.7.000/porsi
Penilaian : Enak banget sih gak cuman karena unik dr ikan laut, makanya wajib coba

Nasi Goreng Sea food




Rumah makan yang satu ini berada di downtown Kotabaru alias disekitar Siring Laut.
Nama Warung : RM.Dewi Rahayu
Alamat : Kawasan Siring Laut (seberang pelabuhan) ataw disamping kiri masakan Padang
Menu : Nasi yang digoreng disajikan dengan udang laut, cumi dll yang udah dimasak dengan aneka bumbu.
Penilaian : Saya akan beli nasgor ini lagi kalo ke Kotabaru coz UENAK banget.
Harga : Rp.11 ribu/porsi

Roti Pisang & Bingka



Nama Warung : Roti Pisang Talas & Raja
Alamat : Jl.M Alwi (cirri-ciri warungnya kecil, ada dapur kecil didepan warung bercat kuning.
Menu : Adonan tepung dicampur pisang talas ataw raja.Kalo bingka dari adonan tepung & kentang.Dua-duanya dipanggang dengan api kecil.
Penilaian : Roti pisangnya lebih enak dibanding yang ada di Bundaran Kamboja Banjarmasin.Kalo bingka gak terlalu enak kayaknya.
Harga : Rp.1.000/biji

Krupuk Ikan Tenggiri & Kue Baulu Bakar



Nah kuliner berupa penganan ini lebih cocok buat oleh-oleh.Harga krupuk ikan tenggiri Rp 12.500 /bungkus & kue baulu bakarnya cuman Rp.8 ribu /bungkus.
Selain objek wisata yang dijelajahi, kuliner enak juga wajib dicoba.

My blog in ENGLISH, click here.

35 komentar:

cekerpetualang mengatakan...

slurrrpppppppp....
pasti pak Bondan Wisata Kuliner Trans TV langsung berniat syuting di Kotabaru.

nasrudin ansori mengatakan...

dan semoga mengajak saya sebagai apa aja.tukang angkat logistik syuting pun mau kok.:)

Ojat mengatakan...

wah, kliatan mas anas ini sering jalan2 hehee hapal gt makanan2 di banyak tempat *ngiler mode*

nasrudin ansori mengatakan...

@ kang ojat :

kalo ada makanan yg enak pasti gw hapalin, sapa tau balik ke kota itu lg.pasti deh gw usahakan makan disitu lg.:)

rampadan mengatakan...

Hehehehe
Aq tertarik ma nasi gorengnya nich..
Kayaknya uenak gituh..
Hehehehe
Ai, nich baru pulang kerja, di tempatQ udah jam 12 malem..
Kesel kabeh awakQ..
Oiya mas, coba sebelum posting dicek dulu tanggalnya..
Kok di link blogQ, postingan sampeyan ini masuk 4 hari yang lalu, kok aneh..
Aq kemarin kemarin juga gituh..
Ayo semangat ngeblog..
Soal hp sampeyan, coba di aktifin gprsnya lewat OTA(sms)..

Raffaell mengatakan...

Aku suka bingung kalo makan udang, kanapa kalo kuliitnya ga di bongkar mulut dan seluruh bibirku gatal2 yah, aku tau itu alergi... tapi aneh aja..hehehe, eh jadi ga nyambung..

gapapalah

nasrudin ansori mengatakan...

@ rampadan :

kerja apa mas kok jam 12 mlm baru nyampe???
gak tau jg saya soal tanggal itu.kayaknya dr blogger nya blm di setting.
ntar HP saya coba di aktifin GPRS nya.thanks ya atas infonya.:)

@ raffael :

wah bahaya juga kalo alergi ama udang.padahal itu merupakan salah satu makanan terenak didunia.

JelajahiDuniaEly mengatakan...

walah ... bikin ngiler nih foto-foto makanannya , jadi pengen ^_^

nasrudin ansori mengatakan...

@ jelajah dunia ely :

saya balas dendam ama mba ely yg pernah bikin saya ngiler ama postingan mba soal kue Klelepon.wakaka....

Lia Novarin mengatakan...

assalamualaikum..
abang ... wow jadi bikin kangen pengen pulkam ke kotabaru, oh ya bang lia lupa kasih tau klo sejak juni lalu lia pindah ke banjarmasin dan bulan september tadi pindah lagi ke banjarbaru, tapi ortu dan keluarga besar masih dikotabaru, kalau yang jual nasi kuning masih ada hubungan family sama lia klo engga salah namanya itu warung nasi kuning H. salikin..

itu cuma sebagian kuliner enak coba entar klo abang pergi ke tempat2 wisata yang kemarin sempat lia kasih tau , disana juga ada banyak kuliner enak khas dari suku yang bermukim disana, untuk P. Kerayaan dan P. Kerasian biasanya ada event adat tahunan yaitu pesta rakyat yang menyajikan kuliner khas suku mereka..

ok dech kapan2 mudah2an bisa ketemu lagi di kotabaru , yach tentunya klo lia lagi pulkam.. he.he.

nasrudin ansori mengatakan...

@ lia novarin :

wassalam.
wah kalo tau warung nasi kuning itu family mu, saya minta gratisan aja.hehe...
ntar deh kalo ke kotabaru lg akan menjelajah lg soal kulinernya.kayaknya byk yg belum dijamah.:)

sampai ketemu di kotabaru ya..

Nyante Aza Lae mengatakan...

cumi2 asam manis...welehh..manteb banget tuh

nasrudin ansori mengatakan...

@ nyante aza lae :

silakan dinikmati bang, walopun cuma diliat aja fotonya.hehe..

adinata mengatakan...

jadi laper ... he he he

Andre mengatakan...

hmm..baca di malam hari gini, perut jadi laper... X(

Edi Psw mengatakan...

Wah, bikin perut laper nih

nasrudin ansori mengatakan...

@ adinata, andre, edy psw :

wah smua jd pd lapar ya.kasian.hehe...

Denmasrul mengatakan...

Waduh.. info kuliner nya diborong.. semua ada :-) Jadi kenyang nih.. hehehe. Saya pengen nasi kuningnya..

mencobahidup mengatakan...

asalamualaikum bang, maaf baru menyapa sekarang. Meskipun ada foto makanannya yang sedikit kabur tapi saya yakin itu enak. Maknyussssss.
Kalaimantan ikannya melimpah jadi makanannya juga banyak yang terbuat dari ikan yah bang

nasrudin ansori mengatakan...

@ denmasrul :

nasi kuning itu sangat direkomendasikan buat denmasrul.sapa tau ada dinas ke kotabaru.

@ mencoba hidup :

wassalam.sori ya kalo foto nya kabur.coz kamera sangat standar sekali sih.
indonesia bagian mananpun semua kaya akan hasil alam termasuk ikan lautnya.

alris mengatakan...

Bikin air liur saya keluar nih, hehehe... Dulu sempat dua kali ke kota ini, nyebrang pake speedboat dari Batu Licin.
Ntar kalo ke Kotabaru lagi aku cari kalo gak semua salah satu aja dari makanan yang disajikan ini. Liat fotonya pasti maknyus nih. (alris)

nasrudin ansori mengatakan...

@ alris :

wah makasih alris sdh main kesini.
tahan aja liur nya sampe balik ke kotabaru lg.:)
salam kenal aja..

Lomar Dasika mengatakan...

Huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

ga sopan...T_T
lagi laper nich *padahal dah baca peringatan di atas sebelumnya* :P

anyway bytheway busway, makin kumplit yah blognya, ada makanan segala...yang paling top sih kaenya sih Cumi asam manis yah....*gilaaaa...cumi sebanyak itu cuma ceban aja?* ck ck ck...murahnyo....

semua menunya wajib dicoba nich *pagi, nasi+cumi asam manis, siang:nasi kuning, sore:bakso spesial, malam : nasi goreng seafood, kalo lapar lagi : roti pisang...wakaka...maruk yah :P

btw, info aja...Bingka itu makanan khas Kalimantan loch. di Pontianak juga terkenal Bingka-nya. Yang paling amazing soal Bingka ialah : masaknya semalaman oy(around 8 jam)....pake arang dan kayu bakar, jadinya berasa sedap banged!

kalau Baulu Bakar, baru liat nich...sama kayak Kue Bolu? hehe..maksa yach...:P

kalau ikan tenggiri, yanh namanya juga daerah pinggir pantai, pasti banyak produk ini yah...:D enakan mana sama yang di Bangka atau Palembang?

*buru buru ngacir pulang gara2 Lapar* =P~

Lomar Dasika mengatakan...

eh Nas, gue jadi inget pengalaman gue keliling kota Banjarmasin...gue sempet2nya masuk rumah makan yang ga ada nama. Cuma warung makan pinggir jalan gitu deh. Kayaknya emang standard deh mereka ga bikin nama. Namanya dikenal dari orang2 dan penduduk lokal ajah.

Kalau Rumah Makan Kaganangan di Pangeran Samudera, itu ada nama dan bahkan nyetak bill dengan logo mereka sendiri loch :D

nasrudin ansori mengatakan...

huaaaaa byk bgt komen nya.gw harus jawab yg mana dulu nih.*jd repot sendiri*hehe..

setau gw kalo bingka kentang itu khas suku Banjar di kalsel.mudah ditemui di bulan puasa.bentuknya kayak roda.terbuat dr kentang yg dicampur telur, tepung dll.
dibakar ama kayu api trus dimasukan dlm loyang.

kue balu bakar itu sangat beda dr kue bolu.baulu bakar bentuknya kayak krupuk, renyah n manis.

saya yakin semua masakan di indonesia itu enak-enak.termasuk khas palembang atau bangka.

i love indonesia...!

nasrudin ansori mengatakan...

soal warung makan, emang byk yg punya nama.tp jgn remehkan mereka, kadang lbh enak drpd menu yg di restoran.
kayak nasi kuning.buatan Hotel Banjarmasin Internasional (HBI) gak enak alias biasa aja, tp nasi kuning yg di warung didepan Ramayana Banjarmasin, uenak bgt euy.

gw blom penah ke RM.Kaganangan.nah anak yg punya RM kaganangan inilah yg jd artis sinetron di TV nasional.itu lho anak cowok yg gendut yg pipi nya tembem, yg rambut nya kayak rambutnya the cangcuters.sering main di TPI kalo gak salah.

gw penah makan di RM cendrawasih diseberang RM Kaganangan itu.ikan pepuyu bakarnya wajib dicoba.

Ersis Warmansyah Abbas mengatakan...

Betul-betul bikin ngiler ... ntar dicona kalau ke Kotabaru

learningrevolution mengatakan...

pingin nasgor sea foodnya, maknyus :-)
minumannya mana he...he...

nasrudin ansori mengatakan...

@ ersis W A :

silakan dinikmati ngilernya.:)

@ learningrevolution :

minumannya gak di posting bos.hehe

allexis mengatakan...

fyuuuuh...kuliner kalimantan mang ga da matinye....laziz mantap kali..

jhonn mengatakan...

woooow...so delicious,,,,,

nasrudin ansori mengatakan...

@ allexis :

betul bgt...!

@ jhonn :

jd kangen ama makanan sana nih.

Yudasmoro mengatakan...

ini nih yang asik.. MAKANAN LOKAL! hehe.. mas Nasrudin, ntar deh saya schedulin jalan2 kesana. jadi inget kampung halaman nih di balikpapan. thanx jadwal acara kalseslnya. saya lagi cari2 yang asik. kayaknya festival pasar apung keren tuh.. jadi napsu neh ke kalsel..

yatie mengatakan...

yatie pernah tch makan bakso tenggiri, krupuk ikan tenggiri,sama cumi asam manis,,,hmm yaamiii..

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/