Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Kotabaru, Kota Kepulauan yang Eksotis


Kunjungan ke Kotabaru memang sangat mengesankan.Gimana gak, disana banyak banget objek-objek menarik yang sayang untuk dicuekin ama mata n lensa kamera.Saya berangkat mulai tanggal 26 hingga 29 november 2008.
Kota ini berada di sebuah pulau kecil diantara pulau-palau lainnya di selatan Kalimantan.Kotabaru adalah sebuah kabupaten yang ibukotanya juga bernama Kotabaru.Banyak lokasi menarik yang layak dikunjungi kayak Taman Bawah Laut Teluk Tamiyang, pantai-pantai di desa Lontar, Pulau Kerayaan, Pantai Gendambaan, Gunung Bamega, Pantai Tanjung Ketapang, kampung nelayan Sarang Tiung, kota Kotabaru nya itu sendiri dan masih banyak lagi.

Dari pelabuhan ferry Batulicin, saya harus menyeberang dulu ke pelabuhan Tanjung Serdang pake ferry sekitar 20 menitan.Dari ferry ini akan ditemui beberapa pulau & pegunungan kecil diatas permukaan laut.
Setelah sampe di Tanjung Serdang, saya kembali harus menyusuri jalan yg meliuk-liuk. Sesaat setelah tiba di Kotabaru, saya langsung nyari makan di pusat kota yang menghadap langsung lautan (liputan soal kuliner menyusul ya...).Puas makan, saya langsung berkeliling kota dengan berjalan kaki.Banyak banget keunikan yang ada disekitar kota.Seperti klenteng yang berada di atas bukit, gedung Islamic Center yang unik dengan kubahnya, cafe-cafe tenda dipinggir laut, kantor bupati yang view nya juga ke laut, dll.



The downtown of Kotabaru



Islamic Center dengan latar pegunungan Bamega

Soal pedestrian alias area pejalan kaki, Kotabaru emang sangat oke.Dari sekian banyak kota di Kalsel, kayaknya kota ini lah yg paling banyak punya pedestrian yang masih bagus & bersahabat bagi pejalan kaki.Sebagian besar area pejalan kaki diberi motif yang cukup cantik dari susunan batu laut.



Salah satu area pejalan kaki nya

Gara-gara enaknya jalan kaki, tukang ojek & becak saya cuekin saat mereka menawarkan jasanya.:)

Kata banyak orang, ke Kotabaru gak lengkap kalo gak ke Siring Laut.Tempat ini merupakan public space atau semacam alun-alun.Tapi ini lagi-lagi menghadap lautan luas.Disini kalo sore apalagi malam hari sangat rame ama warga maupun wisatawan.



Siring Kotabaru

Pelabuhan laut Kotabaru ternyata gak jauh dari Siring Kotabaru itu.Di pelabuhan ini banyak terdapat speed boat yang bisa dipake untuk menuju Batulcin selain ferry.Tarifnya cuma 50 ribu perak.Atau bagi mereka yang mau diving di Taman Bawah Laut Teluk Tamiyang di Pulau Laut, juga bisa nyarter speed boat ini.

Dipelabuhan ini juga terdapat Restoran Terapung diatas air laut.Hmmm...pemandangan dari sini sangat cantik.Gedung-gedung berpadu dengan hamparan Gunung Bamega dibelakangnya.



Kotabaru dari laut

Puas memandangi Kotabaru dari tepian laut, saya kembali menuju daratan.Kali ini saya mengunjungi sebuah bangunan bercat sangat rame.Namanya Limbur Raya.Sebuah komplek pertokoan yang kayaknya paling besar disini.



Limbur Raya

Panggilan sholat maghrib memanggil saya untuk segera melaksanakan ibadah.Masjid Raya Kotabaru lah pilihan yang tepat.Masjid ini cukup besar.Tidak jauh dari Limbur Raya.Interior masjid didominasi oleh bangunan kayu khas Kalimantan.Saya sangat bersyukur karena dikasih kesempatan oleh Tuhan untuk berjamaah dimasjid terbesar di Kotabaru ini.



Masjid Raya Kotabaru

Tepat diseberang masjid terdapat sebuah bangunan lumayan besar.Ternyata bangunan Grand Surya Hotel.Sebuah hotel paling mewah di Kotabaru.Ada ballroom, kamar dengan berbagai tipe, cafe, dll.



Hotel Grand Surya di Jalan Suryagandamana.

Selain hotel Grand Surya ini, hotel besar lainnya ada Hotel Kartika (Jalan Veteran), Wisma Saijaan (menghadap laut) & masih banyak hotel lainnya.



Nampang dulu ah.:)

Info rute ke Kotabaru :
Anda bisa naik angkutan umum kayak bis atau juga bis kecil non AC.Kalo yg AC tarifnya 130 rb & non AC 80 ribu perak.Berangkat sekitar jam 7 & 9 pagi dr terminal Pal 6 Banjarmasin.Perjalanan sekitar 9 jam.Dari Kotabaru juga banyak angkutan menuju Banjarmasin.Berangkat jam 7 malam.Biasanya bis nya mudah ditemui di sekitar Masjid Raya Kotabaru.Harga sama aja.Nah bagi mereka yang hanya punya waktu libur Sabtu Minggu, bisa kok liburan singkat kekota ini.Berangkat sabtu pagi, nyampe sore harinya.Bisa jalan-jalan sabtu malam (malam mingguan), trus bisa seharian penuh menikmati kota & pantai-pantai nya di siang minggu.Nah balik ke Banjarmasin lg pd minggu malam.Besok shubuh nyampe deh di Banjarmasin.
Bagi wisatawan dr luar Banjarmasin juga diluar Kalsel, juga layak mengunjungi kota ini.

Nah kayaknya udah cukup banget liputan tentang Kotabaru nya.Liputan berikutnya, insyaallah tentang kuliner enak di Kotabaru *jadi ingat denmasrul.com*hihi..., Pantai Gedambaan Kotabaru & Pantai Pagatan.Jadi ditunggu aja ya....

My blog in ENGLISH, click here.

45 komentar:

mencobahidup mengatakan...

Asalamualaikum bang,yes saya yang pertama komen.kabar saya baik-baik saja,semoga yang di borneo juga begitu.Sebentar bang saya baca dulu postingannya

mencobahidup mengatakan...

kota ini berada di pulau keci?Tapi pembangunannya pesat yah....Terus biaya penyebrangannya berapa tuh?Yah sebagai kalkulasi saja jika nanti main ke kalimantan jadi sudah punya pegangan.Kalimantan dan air sepertinya tidak bisa dipisahkan

aankada mengatakan...

terima kasih telah mengomentari blog aku
http://aankada.blogspot.com/

oya, tulisan terbaru kamu cukup menarik, aku belum pernah kesana (kotabaru), waktu kecil sih pernah, cuma sudah lupa dan nampaknya sudah banyak kemajuan ...
keluargaku ada disana lho..
nanti lah kapan - kapan aku kesana,
oke trima kasih atas infonya...

nasrudin ansori mengatakan...

@ mencoba hidup :

wassalam.wr.wb..
saya bilang sih kecil bila dibanding pulau besar di sebelahnya yakni kalimantan.tp kotabaru ini jg termasuk kalimantan lho...
ferry :
- utk mobil 118 ribu sekali nyebrang.
- utk sepeda motor 21 ribu.
- kalo penumpang aja tanpa kendaraan cuman 6 ribuan.

saya tunggu kedatangannnya di kalimantan.
kalimantan emang gak lepas dr air, baik laut maupun sungai besar nya.

nasrudin ansori mengatakan...

@ mencoba hidup :

wassalam.wr.wb..
saya bilang sih kecil bila dibanding pulau besar di sebelahnya yakni kalimantan.tp kotabaru ini jg termasuk kalimantan lho...
ferry :
- utk mobil 118 ribu sekali nyebrang.
- utk sepeda motor 21 ribu.
- kalo penumpang aja tanpa kendaraan cuman 6 ribuan.

saya tunggu kedatangannnya di kalimantan.
kalimantan emang gak lepas dr air, baik laut maupun sungai besar nya.

nasrudin ansori mengatakan...

@ aankada :

kotabaru sdh banyak berubah.pariwisata nya juga sangat oke...rugi kalo tinggal di kalsel gak berkunjung kekotabaru.he....

Nyante Aza Lae mengatakan...

yg didaerah kepulauan aja manteb tenan, palagi didaratan borneonya? emang benar2 eksotis.

nasrudin ansori mengatakan...

makanya kesini bang.liat langsung keindahannya.tp saya yakin daerah abang juga indah.salam aja buat alam di daerah abang sana.

Ojat mengatakan...

btw aku blom pernah ke kalsel lho :D hehehe kapan2 bisa nih ke kotabaru...ada lagunya kan :P

JelajahiDuniaEly mengatakan...

wuiii .. bangunanya warna-warni ya
itu yg di belakang kamu patung apa ya ?

nasrudin ansori mengatakan...

@ ojat :
ayo mas ojat ke sini.jgn lupa bawa oleh2 dr bontang ya.he....

Kotabaru gunungnya bamega....(salah satu lirik lagunya)
bamega itu artinya berawan (gunung yg diselimuti awan).

@ jelajahi dunia ely :

itu patung ikan laut (gak tau ikan apa)yang jelas patung ikan itu byk ditemui di kotabaru.semacam ciri khas kotabaru yg kayak akan hasil laut & menggambarkan kalo kotanya ada dipinggiran laut.

lathifulamri mengatakan...

wah. bisa jadi referensi kalau ke kalimantan nih..

nasrudin ansori mengatakan...

@ lathifulamri :

ditunggu kedatangannya.:)

Lomar Dasika mengatakan...

baru cek info :

ternyata, Kotabaru itu terbagi dua yach : satu di daratan Kalimantan Selatan. Satu lagi, di Pulau (sebuku yach?) dengan ibukota di Pulau tsb? bener yach?

seneng dech ngeliat kota yg pariwisatanya oke, kayak jalur pedestrian yg bagus, trus spot2 buat foto yg oke (lambang ikan todaknya keren bangeds...)

anyway, Islamic Centernya yang keren euy! latar belakangnya pegunungan dengan kubahnya yang bermozaik warna...keren abis...kayaknya dingin yach disitu?hehe

sayangnya, perjalannya lumayan bow...9 jam! :D 9 jam ini kita teuteup disuguhi pemandangan indah atau gmn yach? hehehe....mudah2an begitu yach? eh, kayaknya jalurnya lewat pegunungan meratus yach? seru nich :D

Lomar Dasika mengatakan...

KOTABARU gunungnya bamega/Bamega ombak
manampur di sala karang/Ombak manampur di sala karang.

oh yach, satu lagi : SA-IJAAN! :D

nasrudin ansori mengatakan...

yup bener bgt...

kotabaru ini jalurnya lain lagi yakni lewat pelaihari (tanah laut) & batulicin (tanah bumbu).

byk bgt spot menariknya di kota n pulaunya.

9 jam gak kerasa kok.lagian juga ngelewati pegunungan, pantai2, desa & kota2, ada juga desa yg julukan desa 1000 bunga.karena byk ditanami bebungaan.

trus juga ngelewati pulau2 kecil saat di ferry nya.

nasrudin ansori mengatakan...

lagu gunung bamega itu pernah juga ngetop tahun (?)

Joy Tobing juga pernah bawain lagu itu saat acara kementrian pariwisata di TV nasional...

awi mengatakan...

kota baru bener2 eksotis ya
ada area pejalan kakinya
masjidnya juga bagus dan indah
kelihatannya kotanya bersih ya
jadi pengen berkunjung deh

nasrudin ansori mengatakan...

yup bener bgt.saya aja gak puas 3 hari disana.msh byk lokasi yg blm di datangin.kayak taman bawah laut nya.

dee mengatakan...

kota kecil yg bersih dan indah ya..
cocok buat tujuan wisata baru :)

nasrudin ansori mengatakan...

makasih dah main kesini.:)
kita tunggu kedatangannya ya...
pemda setempat sdah semakin sadar kalo sektor wisata itu sangat penting.

Fikri mengatakan...

Setahu saya pemerintah daerah setempat tidak intensif menggarap sektor wisata daerahnya. Pariwisata kotabaru sangat stagnan.

infrastruktur yang belum menunjang membuat biaya perjalanan ke atau di kotabaru sangat memakan banyak biaya dan waktu lebih ekstra.

Ada namanya Pulau Sambergelap sekitar 5 jam menggunakan perahu nelayan arah tenggara Pulau Laut, hidupan liar di darat dan bawah lautnya sangat menakjubkan.

Dan tentunya masih banyak lagi, seperti Pulau Sembilan dan puluhan gosong, mau ke sana tentunya butuh perencanaan setaraf ekspedisi.

ArverneSter mengatakan...

wah ternyata kotabaru udah maju juga yah,
sayang aku ga pernah kesana

nasrudin ansori mengatakan...

@ fikri :

wah makasih banget atas masukannya n sharing nya.kayaknya lumayan stagnan.cuman ada arah perubahan kayaknya tuk lbh maju.semoga ya...

wah saya malah belum tau ada pulau sambergelap atau pulau sembilan itu??kayaknya boleh dicoba ya.

semoga swatu saat bisa kesana.:)

@ arvernester :

monggo ke kotabaru.kita kan masih satu pulau ama kotabaru...

Denmasrul mengatakan...

Kotabaru gunungnya Bamega... eh.. kok malah nyanyi:-) Bener deh, saya gak ngira.. ternyata Kotabaru walau pun di pulau, ternyata besar, lengkap, rapi, dan bersih.. mirip dengan Tarakan kali ya? Thanks.. pencerahannya :-) Thanks juga denmasrul.com dah disebutin.. ditunggu ulasan kuliner Kotabarunya.. hmmmm nyaam..nyaammm :-)

nasrudin ansori mengatakan...

akhirnya datang juga denmasrul ini.:)
kotanya enak bgt buat wisatawan, coz bersih, gak terlalu panas, area pejalan kaki nya banyak lg.
kapan2 saya ke tarakan deh.tp kapan ya?*pertanyaan klasik*

tunggu aja liputan kuliner nya ya.:)

adinata mengatakan...

dari foto - fotonya kelihatan kalo kotanya bersih ya . .moga kebersihan itu selalu di jaga

nasrudin ansori mengatakan...

semoga aja.biar pendatang maupun wisatawan pd betah karena kebersihannya.

Edi Psw mengatakan...

Wah, informasinya menarik nih. Jadi pingin kesana. Hehehe...

nasrudin ansori mengatakan...

monggo mas.tak tunggu lho..:)

anno' mengatakan...

di laut ada gunung..gimana ceritanya nas?.....

Zulfahri mengatakan...

Saya jadi berminat mengunjungi kota ini setelah membaca postingan ini.
Moga niat ini terkabul

budi tarihoran mengatakan...

Kota baru Tau Aku

nasrudin ansori mengatakan...

@ anno :

hanya Tuhan yang tau mas anno knp ada gunung.tp kayaknya bukan gunung aktif kayak merapi di jogja atau anak gunung krakatau itu.
coba aja ntar perhatiin kalo mas anno ke kotabaru.

@ zulfahri :

semoga niatnya terkabul.aminnnnn*saya juga pengen ke kotanya abang.pasti cantik*

@ budi tarihoran :

pasti penah ke kotabaru ya...!

yadie mengatakan...

Wew...
sayabelum pernah ke kota baru..hehee
Kemaren ada rencana kesaana, tapi gak jadi coz g ada waktunya lagi..
Insya ALlah ntar klo ada waktu n rezeki kita kesana...

Abang ini suka berwisata ya...
kept posting ya bang ttg wisata2 di kalimantan..hehee

nasrudin ansori mengatakan...

@ yadie :

kalo ada wkt ke kotabaru, mending dilakuin aja.
kotanya keren.

insyaallah aku tetep suka petualangan n membagikan pengalamannya di blog ini.

yatie mengatakan...

yatie juga pernah jalan2 ke kota baru, sepintas kota nya kaya banjarbaru, iya ngga ?

alvin mengatakan...

Kotabaru memang indah banget, makanya aku betah 'n senang tinggal d Kotabaru. Kapan2 kalo kak Anas ke Kotabaru, mampir ya kerumah aku.

inkarnasi mengatakan...

kotabaru.... muka SD batuah....dulu ulun sempat bagawe & tinggal disana
ulun rindu kalian bubuhan pelayaran se kotabaru....
bila ulun ke banjar, pasti singgah sabantar nah walau sabantar
tunggu kedatangan ulun ya...

nasrudin ansori mengatakan...

@ yatie :

kalo pemandangan sih lebih eksotis kotabaru, karena menghadap laut lepas.

@ alvin :
nanti saya coba mampir ke rumahnya,

@ inkarnasi :

kota yg bikin kenangan manis bagi saya mas.karena sea food nya, pantai dll.

dx world mengatakan...

bagus banget ada blog kayak gini. ulun sebagai urang kalimantan bangga ^^

Tonimono mengatakan...

Thanks ya infonya, makasih juga udah mampir ke blog ku...

nasrudin ansori mengatakan...

@ dx world :

makasih yah...kita musti telah terlahir di nusantara, khususnya kalimantan.

@ tonimono :

makasih juga mas udah mampir..kapan nih kita jalan bareng??
saya ama teman2 mau ke Loksado,kalsel 27-29 nov 2009 ini..mau ikut?

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/

Yuga pratama mengatakan...

Duh kota baru,aku sangat berkesan banget tinggal di kota baru,orang nya ramah,ramah,terus bahasa banjarnya pun halus banget kaya kaya bahada halus nya jaw
A,dulu saya tugas di restoran boom dpn masjid muhammadiyah,duh kalau liburan kerja saja mutar,pake motor seringkesarang tiung bahkan sampai ke lontar sob,itu exsotisnya pantai indah nian,apalagi kalau sore duduk di siring laut,duh memandang lautan ah pokok nya indah sobb,ohya satu lagi kalau beruntung ke kota baru kalau lagi musim langsat( bhs kalimantan)/ duku( bHasa jaea dan sumatra), dan durian,duh itu harga nya ampe bida ampe puas sob pokok nya rugi deh klu belum ke kota baru salam satu bhineka