Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Serunya Atraksi Orang Utan di BOS Nyaru Menteng


Saat saya menginjakan kaki di halaman masuk Borneo Orang Utan Survival (BOS) Nyaru Menteng Palangka Raya, suasana hutan Kalimantan langsung terasa.Pepohonan besar yang hijau serta banyaknya jembatan & rumah panggung menyambut kedatangan saya.
Saya tidak sendiri, tapi ditemani oleh Bahri yang belakangan kecipratan hobi petualangan yang saya miliki.Ceile..



Seorang satpam segera menyambut kedatangan kami.Setelah memaparkan tujuan, kami langsung diminta mengisi guest book.Saya isi saja dihalaman 'Asal' dengan isian Wisatawan dari Banjarmasin.Dan tentu saja saya tulis alamat blog kesayangan saya ini.He…
Ternyata tamu yang pernah berkunjung ke pusat rehabilitasi orang utan atau arboretum ini dari berbagai daerah dan negara.Ada juga dari WWF Jepang.



Kelar mengisi buku tamu, saya ama temen itu digiring ke sebuah bangunan etnik namun terkesan sedikit angker.Pintu masuknya ternyata digantungi juntaian ribuan tali mirip akar pohon.Nah, saya masuk situ.Dan yang lebih ngeri lagi, ternyata di balik juntaian tali itu ada seekor patung orang utan berukuran besar seperti mau menerkam para pengunjung.Untung hanya sebuah patung.Puihh…
Didalam ruangan itulah atraksi seru puluhan otang utan dapat kita lihat.Tapi hanya melalui dua buah kaca bening berukuran besar.Disana disediakan beberapa buah kursi dari kayu.Seolah-olah pengunjung sedang menyaksikan film di bioskop.



Oh iya, kalo Anda tertarik berkunjung kesini, saya sarankan pada hari Minggu saja sekitar jam 9 hingga 3 sore.Karena jika diluar waktu tersebut, dipastikan pengunjung tidak bisa masuk kedalam ‘bioskop’ orang utan itu.



Yang asiknya lagi ditempat ini tak sepeserpun uang keluar dari dompet.Karena masuknya gratis alias cuma-cuma.Lokasi BOS Nyaru Menteng ini terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 29.Kalo dari Palangka Raya ke arah Sampit letaknya sebelah kanan.
Di BOS ini juga terdapat fasilitas outbond dengan sarana yang lengkap.Biasanya pada hari libur tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit warga Palangka Raya.

Sekedar info nih, Kalimantan merupakan penyumbang keberagaman hayati & hewani sebesar 6 % di dunia.Dan merupakan pulau terbesar ketiga didunia.

My blog in ENGLISH, click here.


By Nasrudin Ansori

15 komentar:

anna mengatakan...

kalimantan penyumbang keberagaman hayati & hewani sebesar 6 % di dunia??? wehh... keren.. baru tau.. Saya bangga jadi orang Kalimantan hehehehe...

kalo diluar jam 9 hingga 3 sore, kenapa ga bs liat orang utannya? apa karena tempatnya tutup? :D

nasrudin ansori mengatakan...

aku tau jumlah 6 % itu pas lg nonton acara Wild Wild World punya luar negeri yg tayang di metro tv.
di tayangan itu diputar gambar2 kehidupan hewan & tumbuhan unik milik kalimantan.ada juga lokasi keren kyk gua yg isinya burung walet, air terjun bertingkat2, hutan lebat, rawa2 yg msh alami dll.
kita harus bangga jd anak kalimantan.
rumah orang utannya buka hanya pd jam itu dan hr minggu saja mba...

anno' mengatakan...

yup...cuman hari minggu doank 'bioskop' nya cuman buka hari minggu n hari libur...

n kalo lebih sore lagi jam 3 keatas biasanya orang utan-orang utan akan dilepas..so kita2 bisa juga foto bhareng orang utan ntar...

nasrudin ansori mengatakan...

baru taw gw, kalo bisa dilepas orang utannya.kayaknya asik juga foto bareng ama orang utan itu.
tp jujur gw puas bgt bisa liat atraksi orang utan walo cuma lewat kaca besar....

nasrudin ansori mengatakan...

baru taw gw, kalo bisa dilepas orang utannya.kayaknya asik juga foto bareng ama orang utan itu.
tp jujur gw puas bgt bisa liat atraksi orang utan walo cuma lewat kaca besar....

denmasrul mengatakan...

Mirip wana riset Samboja Kaltim gak ya? Eh.. yang di Kaltim aja belum pernah, apalagi yang di Kalteng.... hikkssss

nasrudin ansori mengatakan...

mungkin mirip kali ye...coz gak penah ke samboja sih..
ayo kalo ke kalsel, ntar gw ajak ke kalteng.ini serius lho.hubungi aja via imel.oke

Raffaell mengatakan...

Wah keren, salah satu destinasi budget.

nasrudin ansori mengatakan...

iya keren bgt.
ayo main kesono...

ikhsan mengatakan...

Waduh ternyata kalimantan indah juga yah, kekayaan alamnya berlimpah, nikmat kulinernya, indah pemandangannya, cantik cewenya, ramah orangnya, kalau musim kemarau banyak asapnya hehehe

Salam,

M. Nur Ikhsan

kalimantanku mengatakan...

alhamdulillah tahun ini asap udah berkurang.
karena pemda masing2 propinsi ama warganya udah gencar menanggulangi kebakaran hutannya.

kalo soal kecantikan cewek n alamnya, jangan ragu deh...!
he...

lathifulamri mengatakan...

saya bener2 kepengen lihat orang utan secara lansung di kalimantan..

tapi kapan???T.T

nasrudin ansori mengatakan...

orang utan nya asli bukan peliharaan.selain orang utan, bekantan juga khas kalimantan khususnya kalsel.

yadie mengatakan...

wew..
nyaru menteng...
baru satu kali kesini...
mantap banget ni..
susah dijelaskan dengan kata2,,
ngeliatin orang utan bergelantungan ...hheeee

^_^

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/