Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

1 Hari 1 Malam di Palangka Raya


Entah berapa kali saya ke Palangka Raya.Baik sekedar lewat ataupun mampir di Kota Cantik ini.Yang jelas saya cukup kerasan berada di kota yang memiliki salah satu bundaran terbesar di Indonesia ini.Kota ini benar benar bersih & rapi.Sebelumnya saya juga memosting tentang Palangka Raya, tapi dari sudut laen.
Sebelum nyari hotel, saya makan malam dulu.Menunya nasi + sayur sop Banjar + ikan patin goreng + es teh manis.Slurppp….Enak banget.Harganya cuma Rp.10 ribuan.
Kali ini saya menginap di Hotel Panarung.Sebuah hotel melati di dekat kantor BCA.Tarif nya sangat murah meriah, namun letaknya cukup strategis.Kelar membereskan barang bawaan, saya langsung bermalam mingguan keliling kota.Liat-liat perkembangan kota.Eh ternyata ada sebuah bangunan besar menjulang.Katanya itu hotel berbintang.Hmmm boleh juga.
Saya lalu menuju Bundaran Besar, melewati Palma satu-satunya mal yang ada.Lalu gak lama ketemu ama Jembatan Kahayan yang warna warni kalo malam hari.
Puas malam mingguan, sayanya langsung balik ke hotel dan TIDUR.Karena petugas hotel bilang, gak boleh lebih dari jam 11.Kalo kelayapannya lebih dari jam 11, hotelnya bisa ditutup.Aneh juga ini hotel.Tapi ya sudahlah…
Besok paginya, saya kembali jalan-jalan di seputaran kota.Hari yang cerah untuk jiwa yang hepi (kayak lagu Peterpan,he).Dan tentu saja suasana yang pas untuk hunting foto.
Jalan-jalan disini benar-benar bersih dan rapi.Dah itu lebar pula.Median jalannya aja kayak Jalan Veteran di Banjarmasin.Ck..ck..ck..
Karena Palangka Raya gak begitu luas, jadi jalan-jalan yang saya lewati mirip jalan yang saya lewati pas malam mingguan.Otomatis foto yang saya dapat sebagian besarnya bangunan/sudut kota yang saya liat malam sebelumnya itu.

Kayak ini nih :



Menu yang enak itu



Pusat Kota Palangka Raya



Rumah Betang khas Dayak



Masjid di Jalan A Yani

Puas hunting foto, saya lalu membelokan arah ke restoran Wong Solo.Dan tetap memesan menu andalan, Lalapan Ayam Goreng plus semangkok sayur asem.Tapi saya agak kecewa, coz ukuran ayamnya lebih kecil.Gak kayak ayamnya Wong Solo cabang Banjarmasin.Terus perbedaannya terletak pada menu pelengkapnya, kayak gak ada terong goreng, gak ada tempe goreng.Tapi harga tetap sama, Rp.13 ribu.
Kelar makan, istirahat bentar.Saya lalu cabut ke Banjarmasin.4 jam kemudian saya nyampe di Kota 1000 Sungai.


My blog on ENGLISH, click here.


By Nasrudin Ansori

20 komentar:

anna mengatakan...

ke palangka cuma buat jalan2 aja yaa?? keren... :-D

Menu nasi + sayur sop Banjar + ikan patin goreng + es teh manis, cuma 10ribu an?? harusnya anna nitip minta dibwain yah hihihi...

satu lg, median jalan nya selebar jalan veteran?? emang lebar banget yah jalan itu??

kalimantanku mengatakan...

demi jalan2 saya rela kok nempuh jalan jauh.

menu itu emang maknyus...!
buktikan aja ndiri, kalo jalan2 protokol di palangka tuh gede2.median nya jg banyak tanaman lho...

Lomar Dasika mengatakan...

hehehehe....gak sempet tau soal Hotel Panarung itu....cuma emanag agak ajaib c, kalau lewat jam 11 bisa tutup...hehehe...kayak Kos kosan ajah....wkwkwkwk

yup, baru kali ini saya liat di daerah, Jalan yang sangat lebar dan tertata rapih seperti di Palangka Raya. Jalanannya emang lebar banged, cocok buat berjalan jalan......

wah....rasanya kayak udah lama banged gak kesana. kemarin, aku jalan dengan kaki loh unutk mengelilingi area pusatnya. hehehe...seru juga...trus dapet juga foto foto Rumah betang Mandala Wisata, Depdiknas yang gapuranya warna merah kuning hijau itu

sayangnya cuma satu, Palangka raya gak punya makanan khas selain Patin (Kalau Patin, kayaknya khas Kalimantan dech yach?) makanan yang dijual di Jalan yos Sudarso itu malah rata-rata makanan Jawa Timur alias makanan yang dibawa oleh transmigran waktu itu sehingga kekhasan budaya dan makanan asli Kalimantan tengah justru tidak ketahuan berada dmn. Waktu itu saya sempet tanya sama penduduk sekitar, mereka juga belum begitu bisa jawab, apa yang terjadi dengan makanan khas Lokal Kalimantan Tengah....hehehe....tapi tetep, sayur labu dan patin udah cukup autentik mewakili Kalimantan Tengah koq...:D

*jadi rindu kota ini*

Anonim mengatakan...

palangka emang gak cocok buat wisata kuliner.gak kayak banjarmasin atau kalsel yg begitu buanyak kuliner asli budaya banjar.bahkan katanya kuliner kalsel juga digemari di kaltim.
kotanya emang rapi n lebar.cocok buat wisatawan yg suka jalan kaki keliling kota.
mas ini asli mana to?

dr kalimantanku

anno' mengatakan...

bahhh...kapan balik ke palangka lagi nas?...

nasrudin ansori mengatakan...

kalo jd sih bulan november ini.coz ada teman dr jakarta yg pengen liat palangka raya.ntar gw habari mas anno via email ato komen di blog jalanjalanterus nya.

ada referensi gak tempat yg layak utuk didatangi, selain tempat yg selama ini penah gw datangi?

Lomar Dasika mengatakan...

pastiiii donk...akan kembalin ke kota yang bikin rindu ini...belum sempet keluar dari kotanya...mau ke daerah lain di KalTeng juga....*kayaknya pas ada festival isen mulang pas banged yach?* hehehe....asli Jakarta aja, tapi demen jalan2...dan begitu sampai kalimantan, langsung jatuh cinta sama kota ini :*

next destination : mau ke sampit trus hingga pangkalan bun ah....:D

Anonim mengatakan...

kalo ke kalteng via banjarmasin aja.naik mobil ke sampit, 150 ribuan.bisa ngelewati byk kota n pedesaan.

nah kalo ke sampit jgn lupa naik kapal wisata sungai, danau yg di pal 6, nyobain ayam lalapan di RM blambangan, ato jalan2 di pasar besar sampit yg dpinggir sungai (konon ini pasar terbesar dikalteng lho).

kalo ke pangkalan bun cobaik ke taman nasional tanjung puting n istana kuning nya.ayo....!

dr kalimantanku

Denmasrul mengatakan...

Kalau datang ke suatu daerah, saya selalu prioritaskan untuk mencicipi makanan asli dari daerah itu... baru kemudian makan makanan dari daerah lain yang belum pernah saya rasakan ataupun yang sudah pernah saya rasakan untuk sekedar kangen-kangenan.. Ayam goreng wong Solo Palangkaraya terlalu jauh dari pusatnya di Solo.. jadi ayamnya semakin kecil (apa hubungannya ya? hehehehe)

nasrudin ansori mengatakan...

sayang nya saya waktu gak tau apa makanan khas palangka raya.tp kayaknya banyak penjual makanan khas banjar n jawa deh.
lho apa hubungannya ukuran ayam goreng ama kota asal rumah makannya????????????
ene-ene wae.

Nyante Aza Lae mengatakan...

pengen niy maen2 ke Palangkaraya..abis..keknya kotanya indah dan bersih, palagi banyak "sesuatunya" yg murah n terjangkau..tapi jauh banget dr t4 qu??

nasrudin ansori mengatakan...

kapan mas???transit di banjarmasin aja.
jauh bukan halangan kalo ada niat n usaha.n tentu nya budget nya.he ....

yadie mengatakan...

wew...
Ini kota saya..hehehe
Palangkaraya jalannya emang gitu, luas2. dan Pemerintah kayanya berusaha untuk membangun kota ini jadi lebih baik lagi..
Saya udah lama tu gak ke palangkaraya, begitu balik lagi ke kota itu,, ekh udah ada bangunan baru, n tataan kotanya jadi lebih rapi...heheeee

^_^

nasrudin ansori mengatakan...

yup palangka udah mulai menggeliat.
hotel berbintang aja ada beberapa buah yg sedang dibangun.
bahkan Ancol jakarta rencananya buka cabang disini.

Blackblues mengatakan...

wah, keren banget bro fotonya, sumpah angle nya bagus2...
kalo ada waktu ulun juga kan ikut foto2 di kalimantan, hehe

tukeran linknya ya!!
ohh iya, btw saya punya sedikit koleksi mengenai foto rumah dayak, masukin ke blog ente donk, hehe
Cek disini ya

Tonimono mengatakan...

Palangka emang kecil bgt yah, mungkin ibukota propinsi yg paling kecil di Indonesia. Tapi biar gitu salut ama kebersihannya, aku pernah 2x kesana. Btw bisa minta daftar penginapan murah meriah di palangka? thanks before

nasrudin ansori mengatakan...

@ blackblues :

makasih bgt atas tawarannya.sori aku baru membalas komen mu...maaf bgt...


@ tonimono :

yup, kotanya kecil dan lengang.tp tata kota nya mantab bgt..
hotel murah disana coba aja di hotel Panarung, Rp. 50 rb permalam.dekat dgn BCA palangka.
di jalan a yani (dekat stadion sanaman mantikei) jg banyak hotel, tp rata2 100 ribuan.

salam

Anonim mengatakan...

rute taxi/ angkot dalam kota palangkaraya dong,.. 1 darimana kemana, 2, dst atau A,B,C dll soalnya klo pas jalan2 lebih hemat taxi daripada ojek yg mahal
terima kasih

Anonim mengatakan...

salam kenal...
buat agan" yg ada di palangka raya, bisa minta info hotel yg deket kantor gubernur jl willem, rencana awal bulan ada keperluan kesana.mungkin ada agan yg mau jadi guide??
mgkn bs bantu sms 0877 1234 3453

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/