Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Manisnya Ramadhan di Pasar Wadai


Barisan stand berisi jajanan khas Banjar kembali digelar pada ramadhan kali ini.Aneka jenis kue beradu dengan sesaknya pengunjung.Mulai dari warga asli Banjarmasin hingga wisatawan.Lokasi yang dipilih masih seperti tahun lalu, yakni di Jalan Jendral Sudirman atau Kawasan Pantai Jodoh.Lokasinya persis berdekatan dengan gubernuran di bantaran Sungai Martapura.
Orang Banjar memang hebat soal kuliner.Ini bukan basa-basi dari saya, namun memang kenyataannya seperti itu.Sebenarnya tidak kalah dengan jenis masakan Padang atau Sunda yang beraneka ragam.Sangat banyak.Untuk jenis kue ada bingka (paling banyak diburu), amparan tatak pisang, bobongko, pais pisang, intalu karuang, lam, sarikaya, kelelepon dan masih banyak lagi.Untuk jenis makanan berat, ada soto banjar, pais patin, iwak haruan masak habang, ketupat kandangan, papuyu baubar, gangan balamak dan masih banyak lagi.
Nah di Pasar Wadai alias Ramadhan Cake Fair tahun ini semua jenis masakan khas Banjar tersedia.Tidak salah kalau hampir seluruh TV nasional meliput acara tahunan ini.
Saya aja sampai bingung mau memilih yang mana.Sejauh mata memandang yang ada hanya makanan semua..!
Saya yakin kalo Pak Bondan, si empunya acara Wisata Kuliner Trans TV akan pusing tujuh keliling memilih menu yang mana untuk dibeli.
Hebatnya lagi acara ini digelar selama 1 bulan penuh.Pengemasan acaranya pun terus meningkat, mulai dari fasilitas hingga acara pendukungnya yang berbau islami.
Logo Visit Indonesia 2008 juga bertengger manis di beberapa sudut seperti di pintu masuk gerbang utama di dekat Hotel Batung Batulis.
Acara seperti ini tidak hanya digelar di satu lokasi saja, namun ada beberapa lokasi lain di Banjarmasin dipilih sebagai lokasi pasar wadai.Tidak hanya itu, pasar wadai juga digelar di kota-kota lain di Kalsel maupun Kalteng.Tapi kayaknya pasar wadai di Pantai Jodoh Banjarmasin inilah yang paling berbobot, baik jenis dagangannya, jumlah penjual maupun pembeli juga acara pendukungnya.

Ini buktinya :



Pintu masuk utama



Slurrrpppp.....



Banyak pengunjung termasuk turis asing lho

By Nasrudin Ansori

31 komentar:

fistonista.com mengatakan...

luar biasa ya potensi kuliner di sana....harus undang pak Bondan tuh... :d

nasrudin ansori mengatakan...

iya betul bgt.gw aja ampe bingung maw beli makanan apa.pak bondan ramadhan tahun lalu jg kesini kok.gak tau sekarang?

kulinen bikin hidup lbh berasa.:-)

faisol mengatakan...

terima kasih sharing info/ilmunya...

mengapa kita masih didera malas beribadah, baik mahdhah maupun ghayru mahdhah...? untuk itu saya membuat tulisan tentang
"Mengapa Pahala Tidak Berbentuk Harta Saja, Ya?"

silakan berkunjung ke:

http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/mengapa-pahala-tidak-berbentuk-harta.html

semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin...

salam,
achmad faisol
http://achmadfaisol.blogspot.com/

nasrudin ansori mengatakan...

utk dpt pahala bisa melalui apa saja.termasuk dgn menyedakahkan harta yg kita miliki.makasih jg atas sharingnya..:-)

Muhammad Qori mengatakan...

KALO ULUN KESANA KADA TAHAN,BISA BATAL PUASA,HEHEHE...

nasrudin ansori mengatakan...

dan yg harus diwaspadai jangan sampe iler meluncur sukses di tengah2 orang byk.wkwkwkwkwk...

wisnhu_ajie mengatakan...

Untung mbuka blognya pas udah buka jadi menghindari keluarnya air liur yang tidak terduga. wakakaka

nasrudin ansori mengatakan...

Aku aja waktu ke pasar wadai itu, berkali2 liat jam.kira2 brp lama lg bukaan puasanya.untung iman aku kuat.he…

ikhsan mengatakan...

jalan-jalan ke pasar wadainya ngabuburit apa liat yang lalu lalang nih, cewenya kan banyak. Dari pada ngabuburit jln-jln ke pasar wadai terus ngeliat jam dan juga liat wadai bikin ngiler, mendingan ngabuburitnya yg lain aja. inget yah ngabuburit bukan ngadu burit. hehe

nasrudin ansori mengatakan...

sapa bilang gw nagdu burit?puasa2 jgn ngomong jorok ah..:-)
iya, byk bgt makhluk bernama cewek.untung gw sabar orangnya.he...

diditho mengatakan...

iya kulinernya mantap...
salam kenal

br,
didit

http://diditho.net

nasrudin ansori mengatakan...

mantap abisss....
kapan2 main lagi ke banjarmasin ya.
salam kenal balik.:-)

anna mengatakan...

Dah 2 tahun ini ga kepasar wadai... suka bingung sendiri kalo kesana. Akhirnya ya ga beli juga saking bingungnya :D

nasrudin ansori mengatakan...

wah sempetin aja ke pasar wadai nya.rugi lho.kan ini festival tahunan, jd hrus nunggu 1 taon lg baru ada.
iya berada disono bikin puyeng & perut makin bernyanyi.

anno' mengatakan...

tapi biasanya mahal2 euy klo dipasar wadai....n kadang gw pusing ngeliat keramaian.....

nasrudin ansori mengatakan...

iya pedagang itu memukul rata harganya, gak warga asli atau pendatang berlabel wisatawan harga nya sama.
pasar wadai di pantai jodoh banjarmasin mungkin yg paling ramai.karena ini even yg dijadikan ajang wisata juga....

Denmas mengatakan...

Manis-manis ya bro? Terus terang.. baru kenal bingka-nya Banjar ya di Kalimantan ini... hmmm... slurrppp...

Anonim mengatakan...

Inas Sahurnya terlambat melulu . . .
gimana mau maju .....

nasrudin ansori mengatakan...

to : denmas

iya manis2 bgt.bingka tu oleh2 favorit juga lho bagi pendatang.....
slurrrpppp....juga!!

nasrudin ansori mengatakan...

to anonim :
aku bisa nebak kalo ini Amat mahasiswa Uniska banjarmasin.

biasa lah tidurnya kayak kerbau..he...

mencobahidup mengatakan...

halo abang lama tak bersua, nanti kita posting foto lebaran ah

nasrudin ansori mengatakan...

oke.saya tunggu postingannya.
saya juga mau meliput n memajang foto perjalan mudik lebaran nanti.pasti seru.coz rencananya mau berkunjung k banyak tempat menarik...

anis mengatakan...

woii puasa-puasa kok memajang foto makanan.aku jd ngiler nih.
banjarmasin emang top soal makanan.setiap sudut kota pasti ada tempat makan yg enak.

nasrudin ansori mengatakan...

siapa iman nya yg kuat pasti akan tahan ampe bedug magrib.silakan jelajahi kuliner di banjarmasin yg begitu buanyak....!

nasrudin ansori mengatakan...

siapa iman nya yg kuat pasti akan tahan ampe bedug magrib.silakan jelajahi kuliner di banjarmasin yg begitu buanyak....!

http://alrisblog.wordpress.com mengatakan...

Membaca postingan sdr. Nasrudin Ansori mengingatkan saya akan kenangan tinggal di Banjarmasin. Saya menikmati bulan ramadhan tahun 2006 di Kalsel. Sempat mencicipi pasar wadai di depan mesjid Agung Banjarmasin dan di masjid Sekumpul Martapura. Dulu belum ada tenda di pasar wadai jalan sudirman.
Saya ingat kalo senin malam selasa yang memberi ceramah dalam bulan ramadhan di mesjid Agung ustad guru Bakri, rame yang mendengarkan, jadi kangen nih.
E-mail ading Nasrudin kok gak ada dicantumkan di blog?

http://alrisblog.wordpress.com mengatakan...

Yang saya maksud dengan masjid Agung adalah Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Anonim mengatakan...

buat alrisblog :

makasih ya dah mampir...
saya ikut senang karena blog ini mengingatkan anda ama kenangan di banjarmasin.
ayo main lg ke banjarmasin.kabari saya ya....
salam kenal aja.

email aku deborneo54@gmail.com

yoyo mengatakan...

hai, blog nya menarik :)

yadie mengatakan...

Kalo masalah makanan, Banjarmasin memang hebat..
Makanan n Kue-kuenya itu lo...wuihh..
bikin ketagihan...
Saya paling suka, bingka kentang..
manis banget sich..
Pokoknya klo dah bulan ramadhan tiba, rugi klo gak ke pasar wadai...heheee

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/