Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Budaya Sungai yang Spektakuler..!


Saya bersama 3 orang teman dari pulau seberang mengadakan petualangan kecil ke salah satu pasar terapung di Banjarmasin.Tepatnya pagi minggu (tanggal 21 september) saat mata masih ngantuk berat gara2 sebelumnya bangun sahur.
Terletak di desa Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk (sekitar 30 menit dari pusat kota Banjarmasin), pasar terapung ini benar-benar masih alami.Bisa bertahan karena kuatnya tradisi budaya sungai pada penduduk setempat.Dipasar unik ini kita bisa beli buah, sayur, ikan, alat dapur bahkan baju.Syet dah…!Gimana ya kalo ada pembeli yang mau beli baju, tp bingung karena kamar pas nya gak ada.:-)
Oh iya, teman-teman yang ikut ke Pasar Terapung Lok Baintan itu adalah Mba Ema (dari Jakarta), Mas Ikhsan juga dari Jakarta & Mas Toyib dari Tuban Jawa Timur.Jalan yang kami tempuh ternyata jalur yang jauh, padahal ada jalur singkat.Tapi kami sempat menyaksikan pertunjukan spektakuler diatas sungai hingga jam 9 pagi WIB.
Kali ini saya tidak terlalu banyak membahas, karena sebelumnya saya sudah memosting tentang Pasar Terapung Lok Baintan.
Disana kami juga menemui 2 orang fotograper yang juga pingin nyari objek foto.Ada yang dari Banjarmasin dan yang satunya lagi dari Jakarta (konon kamera yang dipegangnya itu sebanding dengan uang 45 juta perak).Wow..!



Unik kan?



Jual beli & tawar menawar di atas jukung (sampan)


Saya kasih taw rute nya ya …:

Jika dari arah Jalan Veteran Banjarmasin ambil saja jalan menuju Sungai Lulut.Jika menemui sebuah pasar tradisional di pinggir sungai (yang disekitarnya ada komplek kuburan) maka belok ke kiri.Naik jembatan kayu kecil terus pas sebelum naik jembatan gantung besar, ambil lagi jalan kecil sebelah kanan.Nah ikuti aja jalan itu.Kiri kanan jalan terdapat perkampungan tradisional.Nah sekitar 20 menitan kemudian, ada sebuah dermaga wisata bertuliskan Dermaga Lok Baintan disebelah kiri jalan.Cuma kayaknya rute ini hanya untuk pengguna sepeda motor.
Bagi mereka yang membawa mobil, terpaksa ambil jalur yang jauh.Yakni lewat jalan besar beraspal menuju Sungai Tabuk, Martapura.Nanti ada simpang 4 besar, disitu ada tulisan petunjuk arah ke pasar terapung.Lurus aja, ketemu jembatan beton besar.Tapi jangan naik jembatan itu, cukup belok kanan di jalan kecil.Nah belok aja ke kiri menuju jalan perkampungan.Kalo bingung tanya aja ama penduduk setempat, pasti dikasih tau.
Bagi siapapun yang pernah ke Banjarmasin apalagi warga asli, lokasi ini merupakan DAFTAR WAJIB KUNJUNG.



Teman2 saya itu

Sore nya saya ama Mas Toyib (minus Mba Ema & Mas Ikhsan) berbelanja kain khas Kalsel, Sasirangan.Saya nya beli 1 buah baju motif sederhana.Harga awal 65 ribu perak, tp ada diskon 10 %.Jadinya cuman Rp 58 ribuan.
Belinya di Irma Sasirangan di Jalan Seberang Masjid (sekitar Jembatan Pasar Lama).



Sori fotonya agak aneh diliat.He.....

Pada intinya petualangan itu bisa dimana aja, walopun tidak mengunjungi lokasi yg jauh, tdk pake uang banyak ato waktu yg lama.

My blog in ENGLISH, click here.


By Nasrudin Ansori

18 komentar:

Rintjez mengatakan...

Gila pasar terapung... pengen kesana :)

Herannya, aku udah pernah ke floating market di Thailand.. tapi yang di Indonesia malah belum...

I have to go there :) BTW, nice review! Good job!

nasrudin ansori mengatakan...

ayo main ke banjarmasin aja.lebih berasa lokal nya.he...
ke thailand, hmmmm keren juga tuh.aq aja belom penah ke luar negeri.kapan ya???
kamu org pangkalan bun ya??kota nya asik n bersih.jd pengen kesono lagi, terutama ke taman nasional tanjung putingnya.

anno' mengatakan...

bahhh..gw kapan ke pasar lok baintan y...

mencobahidup mengatakan...

wah bagus oy fotonya, kalau suasana lebaran di sungai gimana ya?Bisa di bantu gitu bang

ArverneSter mengatakan...

syaa juga lum pernah kesana,, tingal d kalimantan. tapi jaaooohh dari banjarmasin. Kapan2 harus kesna, tapi kalo sasirangan ada kok ,, hehehe

anna mengatakan...

belom pernah kesana :(

treen mengatakan...

weh, kelihatannya asyik nih. bisa naik jukung sambil belanja.

nasrudin ansori mengatakan...

buat mas anno :

ayo ke Bjm.ntar gw antar.serius..!

buat mencoba hidup :

terus terang gw gak penah lebaran di pasar terapung.he...tp kyknya seru juga ya.tp apa iya pedagangnya msh berdagang saat lebaran??????

nasrudin ansori mengatakan...

buat arvernester :

ayo ke Bjm.kan kita 1 pulau.wong turis dr mancanegara aja mau jauh2 datang kok demi ngeliat pasar terapung itu.

buat anna :

lho kan kamu orang banjarbaru, kan gak jauh2 amat.ayo datang n siap2 takjub.

buat treen :

iya asik bgt belanja sambil naik jukung.tp hati2 kalo nyemplung ke sungai.he...

Manusia Biasa mengatakan...

Jadi ingat sekitar delapan tahun silam...bersama seorang rekan kerja menggarap story Lok Baintan. Ketika itu orang tidak tahu menahu tentang desa ini. Aneh, banyak warga Banjar sendiri kalau ditanya pasar terapung ya tahunya cuma Kuin (padahal di Kuin itu bukan pasar terapung lagi), sedangkan ditanya Lok Baintan malah terbengong-bengong tidak tahu.

Waktu itu akses ke sana saja cukup susah (saat itu kami senang dengan susahnya akses darat ke sana, dengan kondisi demikian pasar terapung bisa tetap eksis tidak tergerus kemaruk budaya darat).

Bersyukur warga banjar sudah mengenal Lok Baintan, kearifan lokal sesungguhnya.

nasrudin ansori mengatakan...

wah makasih mas fikria hidayat mampir ke blog saya.saya kagum bgt ama foto2 nya mas fikria.keren bgt.
saya minta ijin minta fotonya yg pasar terapung buat di taruh di komputer saya.gak papa ya...?

saat ini akses ke lok baintan sdh bagus.jembatan sedang diperbaiki secara permanen.
aroma budaya sungai nya berasa bgt.ini benar2 pasar terapung namanya.

Nyante Aza Lae mengatakan...

klo dijadiin macem di venesia ..(itu lho bro, yg sering di tipi2), pasti makin keren lg..

nasrudin ansori mengatakan...

semoga bisa kayak gitu.tp takut juga budaya asli nya terjamah peradaban modern.serba salah juga...

didik mengatakan...

Eh, ntar kalo pulkam pingin maen ke psr terapung ah...seumur2 blm pernah kesana, pdhl asli urg banjar...

nasrudin ansori mengatakan...

@ didik :

wajib kesana.keren bgt.unik lg..!

Yudasmoro mengatakan...

mas Nasrudin.. keren nih foto2 n ceritanya. kapan2 deh saya main kesana.. nugguin tiket promo mas.. hehe...

nasrudin ansori mengatakan...

@ yudasmoro :

makasih mas udah mampir,
kontak aja saya kalo ke kalsel.

banyak kok tiket murah dr jakarta.

salam petualangan

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/