Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Berakhir pekan di dua kota sekaligus..!


Sempat bingung juga mau ke kota mana yang kira-kira pas untuk mengisi akhir pekan ini.Apalagi saya nya agak serakah, pengen menjelajah di dua kota sekaligus dalam waktu 12 jam (baca: minggu siang).Hmmm...ternyata otak petualangan saya segera menjawab kebingungan itu.Banjarbaru & Martapura adalah jawaban yang tepat!
Mulailah saya mempersiapkan segala sesuatu nya.Parfum, buku, nivea (ups...!), brosur panduan wisata, kopiah (sekalian ziarah), kamera (yg paling penting) dll.



Sesaat sebelum berangkat

Kali ini perjalanan tidak saya tempuh melalui Jalan A Yani, karena sudah bosan dengan jalan itu.Selain padat, juga ditumbuhi banyak bangunan beton kayak ruko, dealer mobil, perkantoran, perumahan, pabrik dll.Gak enak diliat.Saya lebih memilih jalur alternatif saja.Perkampungan tradisional serta hijaunya pepohonan adalah hal yang paling mendominasi pemandangan.



Ini nih salah satu pemandangannya

Foto diatas adalah jembatan gantung yang menghubungkan dua desa di Lok Baintan.Saya lalu melanjutkan perjalanan dengan pemandangan yang lebih indah lagi.Pedesaan dengan hamparan sawah serta kolam-kolam liar yang ditumbuhi bunga teratai.Huhhhh....cantik banget, lebih cantik bila dibandingkan dengan taman buatan di hotel berbintang.
Gak terasa perjalanan telah memasuki Banjarbaru.Saya langsung menuju kawasan paling terkenal di Banjarbaru, apalagi kalo bukan Lapangan Murjani.Setiap hari alun-alun kebanggaan warga Kota Idaman ini, rame dipenuhi banyak orang.Apalagi pagi minggu seperti ini.Disana saya sempat menikmati sepiring nasi goreng serta bubur sum-sum.

Yang bikin asik, disana juga sedang berkumpul komunitas pecinta sepeda tua (baca: ontel).Namanya Setumat (Sepeda Tuha Martapura), yang artinya kumpulan sepeda tua Martapura.Menurut salah satu anggota yang sangat ingin disebutkan namanya di blog ini (tapi saya lupa nanya namanya),he..jumlah anggotanya udah 30 an.Saya juga sempat nyicipin enaknya naik sepeda unik tersebut.



Saya nya di Lapangan Murjani, Banjarbaru

Puas disana, saya nya langsung menuju museum terbesar di Kalsel, yakni Museum Negeri Lambung Mangkurat.Dengan hanya Rp.1500 saya bisa menyaksikan serta mempelajari benda-benda sejarah disana.Seperti Al Quran tua tulisan asli ulama Kalsel dulu, Muhammad Arsyad Al Banjari.



Museum Lambung Mangkurat

Ada kejadian yang sempat bikin saya nya kesal, karena terlanjur beli bakso yang benar-benar gak enak!!Ya udahlah, cuman Rp 5 ribu kok.Puas berkeliling museum, saya kembali melanjutkan perjalanan.Berjarak sekitar 20 menit dari pusat kota Banjarbaru, saya menyaksikan langsung pendulangan intan di Cempaka.Saya nya makin sadar kalo Indonesia tuh kaya banget.



Pendulangan Intan

Dengan hanya bermodalkan sebuah benda mirip mangkok besar, serpihan intan yang masih mentah itu dikumpulkan, lalu diolah di tempat pengrajin permata.Sekitar 1 jam disana, saya berinisiatif melanjutkan perjalanan ke Kota Serambi Mekkah, Martapura.Disana saya akan mengunjungi makam ulama paling terkenal, Guru Sekumpul.Terletak di Sekumpul, Martapura.Musholla berukuran seperti masjid segera menyambut kedatangan saya.



Musholla Ar Raudah, Sekumpul

Tidak lengkap rasanya, kalo berwisata tanpa menikmati kuliner enak di kota yang sedang dikunjungi.Nah, kali ini saya memilih menu ikan nila berkuah santan pekat dengan bumbu khas Banjar.Wow enak buanget.Andai rumah makan ini ada di Banjarmasin, mungkin akan saya kunjungi sesering mungkin.Saya yakin Pak Bondan si presenter Wisata Kuliner itu, pasti bakalan 10 kali ngucapin "Maknyus".



Ikan nila yang bikin saya nya kalap makan

Perut kenyang, nah saat nya melanjutkan wisata berikutnya.Ke Martapura tidak lengkap kalo gak ke Pusat Pertokoan Permata Cahaya Bumi Selamat (CBS).Berada disini, mengingatkan saya pada suasana Malioboro Jogja, rame ama wisatawan yang beli-beli cinderamata.Namun CBS punya kelebihan, toko intan nya banyak banget...! Pantas aja Martapura udah lama kesohor sampe keluar negeri.Di CBS ini, hampir tiap hari nongol turis bule.



Tugu Martapura yang ada di halaman CBS

Saya juga sempat memergoki kru Hanya Di Indonesia nya RCTI syuting di Pasar Wadai/Kue Tradisional di sekitar CBS.Menurut saya, budaya & wisata Kalsel merupakan salah satu daerah yang paling sering diliput ama TV nasional (tapi belum bisa menyaingi Jawa Barat).



Ini nih presenternya lg syuting, sepintas kayak orang khotbah ya?

Lokasi terakhir yang saya kunjungi adalah the one of biggest mosque in South Kalimantan, Masjid Agung Al Karomah Martapura.Arsitekturnya cantik banget & yang lebih membanggakan perancang utama masjid ini adalah tim dari teknik arsitektur Unlam Banjarmasin alias lokal aja.Mmmm...dua jempol deh buat teman-teman Unlam.



Masjid yang cantik itu

Kelar sholat ashar berjamaah, saya berkeliling sebentar di area masjid.Banyak sekali santri putri berseliweran dengan busana khas nya.



Saya nya di halaman masjid

Perjalanan kali ini benar-benar seru.Kebahagiaan saya semakin lengkap, karena pada hari yang sama (edisi 13 juli 2008) blog saya tampil di Banjarmasin Post pada rubrik hobi yang mengangkat tema ngeblog.

My blog on English, click here.

By Nasrudin Ansori

21 komentar:

Ojat mengatakan...

ditunggu liputannya bro :D

Moh Bakhrian Syah mengatakan...

saya baru tahu nih kalo ada kegiatan di minggu raya...

ditunggu ya... beritanya

nasrudin ansori mengatakan...

oke deh.moga aja kesampean jalan2nya.moga aja dpt pasokan BBM, coz Banjarmasin lagi cekak bensin nih...!

Denmasrul mengatakan...

Nah.. begini yang menarik... Ditunggu liputannya Bro... :-D

nasrudin ansori mengatakan...

makasih buat semuanya.kalian bikin saya happy aja.jd semangat jalan2 nih...!
insyaallah saya usahaken.
oia, besok di koran Banjarmasin Post (tgl 13 Juli) blog saya jadi bahan berita lho, di rubrik hobi.bahkan nama blog saya juga muncul di banjarmasin post.kebahagiaan saya semakin bertambah.he...

Bakhrian mengatakan...

meski saya tinggal di bjb...

kaki saya tidak sepanjang anda menjelajah kotanya...

salut!

keep go on man...

Denmasrul mengatakan...

Hebat deh.. akhirnya yang ditunggu2 muncul juga, kenapa gak bikin postingan baru bro?..tanggalnya jadi mundur deh.. diposting 11 Juli sedangkan ceritanya 13 Juli.. sempet bingun.. hehehe:-)
Saya di Kaltim.. ternyata Kalsel lebih unik..:-) Pantesan Kalsel lebih sering masuk tipi.. hikksss.. Itu ikan nilanya bikin lapar deh.. slurrrpp..

nasrudin ansori mengatakan...

buat mas bakhrian : entah kenapa kaki ini selalu gatal jika tidak jalan-jalan.minimal dalam 1 bulan, saya nya jalan2 keluar kota ato paling gak muter2 lokasi unik di banjarmasin aja.
yg jelas, jalan-jalan itu mengasikan...!

nasrudin ansori mengatakan...

buat mas denmasrul : ia nih, saya baru nyadar kalo tanggal itu sangat membingungkan.jalan2nya tanggal 13 juli, tp kok tanggal postingan nya tgl 11 juli.kacau..!ya udahlah, gak apa-apa kok.yg jelas saya nya puas bgt udah bisa jalan-jalan di 2 kota sekaligus.main lagi kesini ya....salam buat teman-teman disana.

tambal BAN mengatakan...

ikut dunk mas...

nasrudin ansori mengatakan...

the next trip aja ya kita jalan-jalan bareng.rencananya saya maw jalan-jalan ke pantai gitu.entah pantai mana?pantai batakan, pantai takisung ato pantai swarangan?masih bingung...!
doakan jadi aja ya.:)

anna mengatakan...

Jalan2 kepantai??? ikuttt... jemput di banjarbaru yah hehehe..
btw, blom pernah kependulangan intan :(

nasrudin ansori mengatakan...

serius????wah kapan nih kita jalan2 ke pantai?
rugi lho gak liat pendulangan intan itu.kan kamu nya di banjarbaru.cuman 20 menitan aja kok, udah nyampe.:)

Taufik mengatakan...

Sip nih perjalanannya, kapan lagi mau jalan-jalan mas?

nasrudin ansori mengatakan...

rencananya sabtu ini (tgl 2-3 agustus) saya mau ke pantai batakan & air terjun bajuin plaihari.moga air terjunnya deras ya, coz sekarang kan sering hujan.

Edi Psw mengatakan...

Wah, kayaknya enak banget jalan-jalan ke Kalimantan. Sebenarnya saya pingin banget ke sana.

nasrudin ansori mengatakan...

gak kalah seru jalan2nya kalo dibanding ama bagian endonesa lainnya.ayo jelajahi salah satu pulau terbesar didunia ini.:)

God Father mengatakan...

Lam kenal mas....
Saya sejak th 80 hingga 88 tinggal di Banjarbaru, tepatnya di Komplek PLN.

Lap Murjani, Minggu Raya dan area di sekitar itu adalah segala sesuatu yang terangkum di my childhood memories..........melihat beberapa poto di blog ini berasa kembali ke masa masa tersebut.....
bisakah anda menampilkan lebih banyak gambar2 banjarbaru di berbagai sudut di masa kini.....

ok tks

nasrudin ansori mengatakan...

buat god father :
wah saya jd senang foto di blog ini mampu mengingatkan anda akan masa lalu di banjarbaru.nanti kalo saya ke banjarbaru lg, akan saya pajang di internet foto2 banjarbaru.
yg jelas banjarbaru telah mengalami kemajuan & lebih rame.main lg donk kesini...:-)

nasrudin ansori mengatakan...

oiya, banjarbaru udah punya banyak hiburan kayak parahiyangan resti & recreation, bekantan park dll

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/