Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Banjarmasin one day adventure...




Dua wisatawan di Pasar Terapung Muara Kuin

Menjelajahi sudut-sudut menarik di Banjarmasin tidaklah membutuhkan waktu yang lama.Cukup 1 hari saja, Anda akan mengalami pengalaman seru selama berada di Kota Seribu Sungai ini.
Jika informasi dibawah ini bersifat atau terkesan seperti iklan, namun bukan itu maksud saya.Disini hanyalah sekedar upaya saya untuk menggairahkan pariwisata Kalimantan khususnya Banjarmasin.
Berikut daftar tempat menarik yang sebaiknya Anda kunjungi jika sedang berada di Banjarmasin :

- Wisata Budaya
1. Pasar Terapung, terletak di Sungai Barito (Muara Kuin).Salah satu dari tiga pasar terapung di dunia setelah Lok Baintan (Martapura) dan Thailand.
2. Taman Budaya, sebuah lokasi dimana kebudayaan serta kesenian Banjar disuguhkan melalui beberapa pementasan berkala.Terletak di Kayutangi (seberang kampus Unlam).

- Wisata Kuliner
1. Soto Banjar.Masakan khas Banjar yang terdiri dari ketupat dan kuah bercampur bumbu khas lainnya.Mudah ditemui di tiap sudut kota.Seperti Soto Bawah Jembatan atau Bang Amat, alamat Benua Anyar (sekitar Jembatan Benua Anyar).
2. Lontong Orari.Terletak di Kampung Melayu Darat.Kuliner dengan tambahan ketupat disajikan dengan kuah santan kental serta lauk khas Banjar seperti ikan haruan (gabus).
3. Nasi kuning.Mudah ditemui saat pagi ataupun malam hari.Seperti Nasi Kuning Andalas di Jalan Perintis Kemerdekaan (buka pagi hari) atau warung-warung tenda di sekitar Pasar Lama (buka di malam hari).
4. Aneka penganan khas Kalsel seperti amplang Kotabaru serta dodol Kandangan.Banyak ditemui di Jalan Perintis Kemerdekaan (sekitar lampu merah Jorong cafe).
5. Kawasan Kayutangi.Banyak terdapat penjual makanan, mulai dari Pisang Goreng Pontianak, Nasi Uduk Jakarta, Pempek Palembang, Mie Jogja, aneka burger bahkan masakan khas Timur Tengah juga ada.

- Wisata Sejarah dan Relijius
1. Makam Sultan Suriansyah.Lokasi wisata yang menggabungkan wisata sejarah sekaligus relijius Islami.Terletak di Kuin Utara Banjarmasin Barat.
2. Masjid Jami Sungai Jingah.Salah satu masjid bersejarah dengan arsitektur sangat menawan khas Banjar.Lokasi di Jalan Mesjid Jami Kelurahan Sungai Jingah.
3. Masjid Sultan Suriansyah.Merupakan masjid tertua di Kalsel dengan bangunan yang terbuat dari kayu ulin.Peninggalan Kerajaan Banjar (sekitar 4,8 abad yang lalu).Lokasinya di Kuin Utara.

- Wisata Belanja
1. Pusat Toko Souvenir khas Kalimantan (permata, tameng Dayak, tikar purun, kain Sasirangan dll).Alamat di Jalan Pangeran Antasari (seberang Mitra Plasa).
2. Duta Mall (pusat belanja terlengkap dan termodern).Alamat Jalan A Yani Km 2 (dekat RS.Ulin).
3. Mitra Plasa (terdapat departement store terkenal).Alamat Jalan Pangeran Antasari (samping SwissBelhotel Borneo).
4. d'post junction (pusat jajanan modern seperti restoran fast food, bakery and pastry dll).Alamat Jalan Lambung Mangkurat (samping Kantor Pos Besar).
5. Metro Hi Tech Mall (pusat elektronik & food court).Alamat Jalan Ujung Murung.
6.Pasar Tungging, sebuah pasar malam yang menjual barang murah meriah.Alamat di Jalan Belitung.

- Sudut menarik lainnya
1. Siring Sudirman di Jalan Jend Sudirman.Sebuah taman tepian Sungai Martapura.
2. Masjid Raya Sabilal Muhtadin di Jalan Jend Sudirman.
3. Pantai Jodoh (sekitar kantor gubernur).
4. Pusat jajanan Tarakan (terletak di belakang kantor gubernur).

Dan masih banyak lagi tempat serta makanan khas Banjar lainnya yang juga layak dijadikan sebagai ajang wisata anda.Selamat menjelajah.
By Nasrudin Ansori

8 komentar:

LANGITKU BIRU mengatakan...

PAKAI BLOGGER BIKIN MUDAH UNTUK MENGEKPRESIKAN DIRI, TAHINGS

Anonim mengatakan...

hallllllllllllo

GreatQo mengatakan...

ituh sudut2 yang menariknya gak ada potonya mas?
Hmm, keknya emang oke buat wisatawan domestik..

Rahma mengatakan...

bujur kah mesjid sultan suriansyah lebih tua dari mesjid jami di jln.mesjid???

yg punya blog mengatakan...

thank buat semua.to gretqo, aq sih ada aja punya foto2nya.tp kalo ditampilin semua terlalu byk mas.lagian, kalo gak ada fotonya kan bisa buat orang yg baca jd penasaran.siapa tau dia mau datang langsung ke banjarmasin, karena rasa penasaran itu.
to rahma, aq baca di wisikpledia.com.katanya masjid sultan suriansyah adalah yg tertua.kalo dipikir2 emang betul sih, coz asal muasal lahirnya Islam di kalsel kan disekitar kerajaan banjar di kuin utara itu.
yg pasti masjid itu salah 1 masjid tertua.....bangunannya juga klasik bgt.coba deh kamu kesana, n perhatikan arsitekturnya.

anno' mengatakan...

nas..tadi pagi gw juga shalat subuh di masjid ini...sebelum lanjut ke pasar apung....n juga bakal ada liputannya ntar ...tunggu ja...tapi sayang gw gk ke Mall karena kmrn udah puas...ternyata ada lomba blog toch....nyesel euy...tapi selamat berjuang dach....

yg punya blog mengatakan...

wah kok gak bilang2.kan biar kita bisa hunting foto bareng.gw jg lupa bilang ma mas anno, kalo minggu nya ada final lomba blog di mal...gw tunggu postingannya.jd penasaran nih....

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/