Indonesia...!

Indonesia...!
Lembah Baliem, Papua

Nasrudin Ansori

Traveler. Blogger.

contact deborneo54@gmail.com

Blogger templates

Blogroll

Keunikan Pasar Terapung Lok Baintan




Betapa kayanya bangsa Indonesia.Ia memiliki begitu banyak keunikan.Seperti yang saya saksikan di Pasar Terapung Lok Baintan.Ratusan ibu-ibu tampak berjejer tak beraturan sambil mengemudikan jukung (sampan) dengan sebuah pengayuh (alat penggerak sekaligus kemudi) menuju sebuah lokasi pasar.Jangan kira pasar yang akan dituju adalah pasar dengan bangunan permanen.Pasar yang dituju adalah sebuah lokasi yang masih berada diatas air, hanya ada air.Disanalah mereka saling menawarkan dan membeli dagangan.Didalam jukung-jukung itu mereka jajakan dagangan berupa hasil alam.Ada beraneka buah-buahan serta sayur-sayuran segar.Jauh lebih segar bila dibanding dengan dagangan yang ada di supermarket.
Sesekali canda tawa menghiasi sela-sela waktu berjualan yang hanya berlangsung sejak setelah sholat shubuh hingga sekitar pukul 7 pagi.Mereka tidak merasa minder dengan hadirnya beberapa pusat perbelanjaan sejenis plasa, mal, hypermarket, serta pusat kulakan modern yang menyerbu Banjarmasin.
Benar-benar tradisional dan masih sangat asli.Dari sini pengunjung akan semakin yakin bahwa kehidupan warga Banjar tidak pernah lepas dari unsur sungai dari jaman Kerajaan Banjar 4,8 abad yang lalu hingga jaman internet saat ini.
Akses menuju Pasar Terapung cukup mudah.Bisa dengan menyewa klotok (kapal kecil bermesin) atau bisa juga dengan menggunakan angkutan darat.

By Nasrudin Ansori

11 komentar:

Sdr. Andre mengatakan...

Mari bersama-sama memperjuangkan kearifan dan khazanah lokal, sudah saatnya semua elemen menyadari bahwa keberadaan keunikan dan "keprimitifan" ini untuk dijaga bukan disikut ataupun dilenyapkan. Saya yakin, Bangsa ini akan tetap dipandang negara modern oleh dunia tanpa perlu menghilangkan jati diri, kebiasaan, norma, dan tradisi yang berkembang di masyarakat!!.

Note: Yang saya maksudkan istilah "keprimitapan" diatas ialah anggapan sebagian oknum yang hingga kini masih bersikeras untuk membasmi segala kebiasaan yang dipandang kuno dan sangat tradisional yang ada di masyarakat, yang ditakutkan pada akhirnya akan memalukan bangsa besar ini dihadapan dunia. Mereka inilah yang sebenarnya menggadaikan jati diri bangsa ini melalui otoritas yang dimilikinya.

Salam dari: Palembang Blogger

yg punya blog mengatakan...

sip...!orang kyk mas ini yg patut diperbanyak.

aq gak akan pernah malu menjadi org indonesia dgn segala keunikan, kearifan, ketradisional, dll.justru itu yg membuat bangsa lain ngiri ama negeri kita.

liat aja ada negara yg ngaku batik n reog ponorogo punya bangsa mereka.itu menandakan mereka iri ama budaya lokal kita.

aku cinta n bangga ama kalimantan, namun tetap tdk mengurangi cinta n bangga aq pada daerah lain yg tergabung dlm NKRI...

makasih ya udh mampir ke blog.kpn2 main lagi ya...

GreatQo mengatakan...

Mas, itu kalo mao beli yang punya pedagang yang jauh dari dermaga susa donk?
Selama ini aku mikir "enak bgt yang deket dermaga"

yp punya blog mengatakan...

biasanya si pembeli juga beli barangx pake jukung (sampan) juga.jadi tdk hanya para pedagangnya yg pake jukung.
kalo di pasar terapung yang dekat pelabuhan trisakti banjarmasin, juga ada restoran terapung lho.jd kita makannya sambil diatas kapal.

makanya maen kesini.saya tunggu lho....

Taneak Jang Tanah Rejang Rejang Land mengatakan...

Dear anas, ini poto paling aku suka dari sekian banyak photo di sini. apakah kamu mesti naik pohon atau gedung atau berdiri di atas jembatan agar mendapat posisi di atas buat mendapatkan photo itu?
Melihatnya, aku menjadi ingat, icon TV swasta terkenal, dimana ibu ibu berdagang di pasar terapung, tentu saja kamu tahu yang mana aku maksud.
RCTI emang oke!
salam tanah rejang
http://rejang-lebong.blogspot.com

yg punya blog mengatakan...

itu foto emang bagus.ngambilnya bisa dr atap rumah orang.hiiiii...
atau bisa juga dr atas jembatan gantung yg ada disitu.
RCTI emang oke.orang banjarmasin emang gak akan pernah lupa ama jasa RCTI, karena sejak puluhan tahun yg lalu menampilkan video pasar terapung itu.
makasih RCTI

kalipaksi mengatakan...

Foto ini bagus. Wah, blog nya tentang Kalimantan lengkap sekali, Pak.

Bravo. Terus berkarya. Info-info semacam ini penting karena banyak saluran/kanal media lain yang belum menggarapnya secara serius.

yg punya blog mengatakan...

trims atas kunjungannya.
kalimantanku akan selalu di up date, baik foto maupun isinya (insyaallah).

Anonim mengatakan...

membaca disini seperti kembali berada disana.... dan mau segera kesana lagi..:-)

update terus yah .... :-)
nik

ndk mengatakan...

Mas, blog ini sangat informatif, tak sabar rasanya segera mengunjungi Banjarmasin :)

baktiar jalil mengatakan...

DISTRIBUTOR LENSA CANON Bergaransi
Daftar harga Promo online Lensa Canon datascrip
CANON EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM Rp.7.150.000,-
CANON EF 100mm f/2 USM Rp.1.900.000,-
CANON EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp.2.350.000,-
CANON EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Rp.3.700.000,-
CANON EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp.1.900.000,-
CANON EF 135mm f/2L USM Rp.3.750.000,-
CANON EF 14mm f/2.8L II USM Rp.9.500.000,-
CANON EF 15mm f/2.8 Fisheye Rp.4.100.000,-
CANON EF 16-35mm f/2.8L II USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 17-40mm f/4L USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 180mm f/3.5L Macro USM Rp.6.200.000,-
CANON EF 200mm f/2.8L II USM Rp.3.300.000,-
CANON EF 20mm f/2.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 24-105mm f/4L IS USM Rp.4.900.000,-
CANON EF 24-70mm f/2.8L USM Rp.6.100.000,-
CANON EF 24mm f/1.4L II USM Rp.7.400.000,-
CANON EF 24mm f/2.8 Rp.1.550.000,-
CANON EF 28-135mm f/3.5-5.6 IS USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 28-300mm f/3.5-5.6L IS USM Rp.11.200.000,-
CANON EF 28mm f/1.8 USM Rp.2.050.000,-
CANON EF 35mm f/2 Rp.1.250.000,-
CANON EF 400mm f/5.6L USM Rp.5.150.000,-
CANON EF 50mm f/1.2L USM Rp.6.800.000,-
CANON EF 50mm f/1.4 USM Rp.1.600.000,-
CANON EF 50mm f/2.5 Compact Macro RP.1.400.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L IS II USM Rp.9.700.000,-
CANON EF 70-200mm f/2.8L USM Rp.5.550.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L IS USM Rp.5.300.000,-
CANON EF 70-200mm f/4L USM Rp.3.250.000,-
Bagi yang serius order sebelum kehabisan,untuk harga promo terbatas
TOKO PLANET DIGITALCANON melayani pengiriman seluruh Indonesia.
Melalui kantor TIKI/JNE.CARA Pesan online
TLP.021-4067-5777
HP.085-228-567-888
PIN BB:2A90DC9D Belanja di toko kami transaksi aman no tipu tipu.
Alamat TOKO ITC CEMPAKA MAS JLN LETJEN SOEPRAPTO NO 28 JAKARTA PUSAT
Promo discond terbatas
DISTRIBUTOR TERPERCAYA.
http://canon-indonesia.jimdo.com/